Pengertian dan Fungsi Permethrin

0
123
Struktur kimia permethrin.

Permethrin adalah bahan sintetis yang memiliki beragam fungsi dalam kehidupan manusia. Pengertian dan fungsi permethrin akan dibahas pada artikel ini untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai bahan ini.

Struktur kimia permethrin.
Permethrin adalah bahan yang banyak digunakan untuk insektisida.

Permethrin adalah bahan kimia sintetis atau buatan yang digunakan secara luas oleh manusia. Permethrin banyak dimanfaatkan sebagai bahan insektisida atau bahan anti serangga dan akarisida yang efektif sebagai racun kontak. Bahan ini bersifat neurotoxic dan memiliki organisme target yang spektrumnya luas. Permethrin akan mempengaruhi membran neuron dan menyebabkan gangguan pada transer sinyal antar neuron. Akibatnya, organisme target akan mengalami kematian.

Permethrin sendiri memiliki efek toksik yang sangat buruk bagi hewan berdarah dingin seperti serangga dan keluarga ikan. Menurut penelitian, bahan ini juga berpotensi menyebabkan keracunan yang parah pada kucing. Pada mamalia lain dan burung, permethrin diketahui memiliki efek toxicity yang sangat kecil. Pada manusia, penyerapan permethrin pada kulit sangat rendah. Dengan demikian, efek bahan ini pada manusia relatif tidak membahayakan. Keracunan permethrin pada manusia hanya bisa didapat pada paparan dosis yang tinggi. Karena toksiksitasnya yang rendah pada manusia tersebut, berbagai produk dengan bahan permethrin pun umum digunakan pada manusia. Sebagai contoh adalah obat skabies.

Obat skabies umumnya memanfaatkan bahan permenthrin. Pada obat tersebut, fungsi permethrin adalah sebagai bahan aktif yang toksik pada skabies. Bahan ini akan membunuh scabies yang merupakan organisme golongan serangga tanpa memberikan efek yang membahayakan bagi kesehatan manusia.

Permethrin sebagai Bahan Pengawet Kayu (Wood Preservative)

Permethrin adalah bahan yang sangat beracun bagi organisme berdarah dingin seperti serangga. Bahan ini memiliki kemampuan untuk mengeliminasi banyak jenis serangga atau biasa disebut sebagai insektisida dengan spektrum organisme target yang luas. Sifat ini menjadikan permethrin sebagai produk anti serangga yang sangat baik dalam proses wood preservative atau pengawetan kayu. Meskipun bisa membunuh serangga non hama sehingga banyak dikritik, namun keberadaan permethrin jelas akan melindungi kayu dengan sangat maksimal.  Cara aplikasi produk ini pun sangat mudah. Berbaga jenis produk kayu, baik kayu gelondongan (log) atau yang telah diolah tinggal direndam, dikuas atau di-spray menggunakan bahan ini. Lama aplikasinya sendiri biasanya mengikuti lama aplikasi yang direkomendasikan sesuai dengan keterangan pada masing-masing produk.

Fungsi Permethrin yang lain

Produk ini juga bisa difungsikan untuk mengatasi hama serangga pada bangunan dan pertanian. Permethrin adalah produk yang mampu mengatasi hama mengganggu seperti hama kutu dan rayap pada bangunan. Bahkan bahan ini bersifat toksik pada tikus yang sering bersarang dan menjadi hama dalam bangunan. Selain itu, di kehidupan sehari-hari, produk ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi banyaknya nyamuk yang menyerang. Di wilayah yang sedang mengalami epidemi malaria atau demam berdarah tinggi, bahan ini akan sangat diperlukan. Permethrin bisa dijadikan bahan untuk merendam kelambu yang biasa digunakan untuk tidur. Dengan begitu, nyamuk-nyamuk akan tereliminasi sebelum berhasil menggigit manusia.

Leave a Reply