Perlindungan Pada Kayu (Wood Protection) Yang Efektif

kKyu dan produk kayu bisa diolah dengan berbagai cara untuk mengubah sifat tertentu. Ada beberapa metode untuk mempengaruhi daya tahan, kekerasan, stabilitas dimensi dan penyerapan kelembaban kayu. Metode ini dapat dibagi menjadi:

  • Pengobatan terhadap serangan jamur dan serangga
  • Perawatan perlindungan kebakaran
  • Dimensi stabilisasi
  • Pengerasan

Pengobatan terhadap serangan jamur dan serangga

Perlindungan kayu biasanya mengacu pada tindakan yang dengan berbagai cara bertujuan melindungi material berbasis kayu dan kayu dari serangan jamur berbulu kayu, noda biru, jamur, serangga dan hama laut (seperti cacing kapal).

promo produk natural oil dan sanding sealer

Saat membangun dengan kayu, strukturnya harus dirancang untuk mencegah serangan semacam itu, memberi apa yang dikenal sebagai perlindungan struktural. Tujuannya agar kayu tidak memiliki kadar air yang terlalu tinggi untuk jangka waktu lama. Kelembaban sementara harus bisa cepat kering dan kadar air harus bisa kembali normal.

Ada situasi di mana perlindungan kayu struktural tidak dapat dicapai dan tingkat kadar air yang tinggi adalah fitur permanen. Dalam kasus tersebut, kayu dengan daya tahan lebih baik bisa digunakan. Ada jenis kayu dan bagian batang pohon yang menawarkan daya tahan lebih baik dibanding yang lain. Ada juga pilihan untuk memodifikasi kayu untuk meningkatkan daya tahannya. Selain itu, bahan kimia bisa ditambahkan ke kayu untuk memberi daya tahan lebih besar. Cari tahu lebih lanjut di bagian selanjutnya, atau telusuri artikel kami yang lainnya.

Pengobatan dengan pengawet kayu kimia

Menambahkan bahan kimia (bahan pengawet kayu) ke kayu bisa menghambat atau mencegah serangan organisme yang merusak kayu. Zat yang berbeda memiliki tingkat efektivitas yang berbeda, namun jumlah bahan kimia tambahan juga menentukan kinerjanya. Bahan kimia dapat ditambahkan secara manual melalui rendam, pelapisan dan pencelupan, atau industri menggunakan perawatan tekanan (vakum tekan).

Lapisan dan pencelupan memberikan efek permukaan. Zatnya tidak menembus lebih dalam ke dalam kayu. Dengan demikian efeknya terbatas. Oleh karena itu, metode ini digunakan sebagai pelengkap, dengan menggunakan minyak priming penetrasi pada permukaan kayu gandum misalnya, untuk mengurangi penyerapan air pada kayu yang diberi tekanan.

promo produk biocide surface film preservative

Produk pelapis (finishing/pengecatan) digunakan terutama untuk perawatan permukaan penghiasan dan furnitur outdoor. Produk baru terus dikembangkan untuk menciptakan produk dengan kinerja yang lebih baik dan tidak berdampak buruk terhadap lingkungan.

Sifat teknis dari kayu yang diolah sebagian besar sama dengan kayu yang tidak diobati, misalnya dalam konteks gradasi penampilan dan gradasi kekuatan. Sebagai contoh, logam menimbulkan korosi lebih cepat daripada kayu yang diobati. Alat kelengkapan logam dan bahan-bahan perhiasan seperti paku dan sekrup harus tahan karat – menggunakan baja tahan karat atau baja galvanis panas.

Tips dalam memilih pengawet kayu kimia

Perlindungan kayu merupakan pertimbangan penting saat membangun apapun di kayu. Keterkaitan antara disain struktural, pilihan material dan pemeliharaan memainkan peran penting dalam fungsi struktur dan pemakaiannya.

Ketika merancang struktur, hal pertama adalah, sedapat mungkin, untuk menghindari perangkap kelembaban dimana kayu tidak mudah mengering, menciptakan faktor risiko atau kondisi yang tidak disukai hama kayu di masa depan. Jadi untuk membuat pilihan bahan lebih mudah dan memungkinkan Anda untuk menentukan perlindungan kayu yang sesuai untuk tujuan Anda, ada baiknya mencoba menjawab pertanyaan berikut:

  • Apa persyaratan atau keinginan yang diharapkan dari bangunan atau mebel Anda?
  • Apakah struktur bangunan terkena angin dan cuaca, apakah dekat atau bersentuhan dengan tanah atau air, apakah mungkin untuk menghindari perangkap kelembaban?
  • Apakah struktur mudah diperiksa untuk kerusakan?
  • Konsekuensi apa yang bisa menyebabkan kegagalan yang tidak terduga, dan apakah ada risiko cedera pribadi?
  • Adakah persyaratan atau keinginan spesifik mengenai sifat teknis atau interaksi dengan bahan lainnya? Bagaimana situasi tentang tahan luntur? Bisakah kayu dicat?
  • Pemeliharaan apa yang bisa diharapkan selama masa pakai kayu dan apakah strukturnya mudah diakses untuk pemeliharaan dan perbaikan?
  • Bagaimana limbah ditangani (offcuts, scrap wood)?

Masa kerja yang diharapkan, atau masa pakai teknis, penting, dan di sini pertimbangan estetik juga harus diperhitungkan. Semakin tinggi standar yang dibutuhkan, semakin penting untuk memperhatikan baik desain struktural maupun sifat material dari perspektif ketahanan dan dalam hal pemeliharaan dan estetika.

Saat menilai risiko serangan dari organisme penghancur kayu, selalu ada risiko terhadap struktur kayu yang kontak permanen dengan tanah atau air. Untuk struktur di atas tanah, ada risiko membusuk yang dapat dinilai hampir sama hebatnya dengan kontak dengan tanah, dan tidak selalu mudah untuk menentukan risikonya.

promo produk white agent wa-250