Rekomendasi Terbaik Obat Antiserangga untuk Pengawetan Kayu Jabon

Meningkatnya minat pasar pada kayu jabon, memiliki efek domino pada meningkatnya kebutuhan obat antiserangga untuk pengawetan kayu jabon. Insektisida yang dimaksud tentu diperlukan untuk mengatasi masalah hama yang berpotensi menyerang kayu ini. Disebut “berpotensi”, sebab sebenarnya ancaman hama serangga pada jabon relatif rendah.

serangga hama kayu
Kerusakan akibat serangga hama

Jabon tergolong sebagai kayu grade II dalam hal ketahanannya pada rayap. Sedangkan serangan teter dan kumbang bubuk lain tergolong rendah. Tapi bukan berarti kayu ini bisa dikatakan bebas terhadap serangan hama. Perlu diketahui, secara umum, jabon termasuk kayu yang tergolong pada kelas keawetan V. Kayu jati yang tergolong pada kelas keawetan I saja tetap perlu ditreatment, apalagi jabon?

Secara alami, hama serangga mungkin tak menyukai sifat kayu ini. Meskipun begitu, bila tak ada pilihan lain, sangat mungkin produk-produk berbahan kayu jabon yang diserang. Di sinilah letak pentingnya penggunaan obat antiserangga untuk pengawetan kayu jabon.

Treatment Pengawetan Kayu Jabon

Aplikasi obat antiserangga sendiri merupakan satu di antara dua treatment dalam proses pengawetan kayu jabon. Aplikasi lain yang dimaksud adalah penggunaan antijamur.  Kedua obat tersebut digunakan pada treatment preservasi atau pengawetan yang pada prinsipnya bersifat pencegahan.

Cara yang dilakukan adalah meresapkan antiserangga maupun antijamur ke dalam kayu jabon. Sehingga kayu ini tidak akan digunakan sebagai media tumbuh maupun makanan hama serangga serta jamur.

Beberapa metode yang biasa dilakukan antara lain perendaman, pencelupan, pengkuasan, dan vakum tekan. Perendaman bisa dilakukan dengan berbagai variasi metode. Misalnya perendaman dalam air dingin, air panas, dan kombinasi air dingin serta panas. Sedangkan metode vakum tekan adalah metode meresapkan obat pengawet kayu dengan cara mengatur tekanan dan kadar udara dalam ruangan.

Rekomendasi Obat Antiserangga untuk Pengawetan Kayu Jabon

FungicideSebagai bahan rekomendasi bagi Anda yang memerlukan insektisida untuk pengawetan kayu jabon, kami menyarankan penggunaan Insecticide 100 EC. Produk tersebut menggunakan bahan aktif cypermethrin dan memiliki target organisme luas. Selain itu, alasan kami menyarankan Insecticide 100 EC adalah:

alterntif text
  1. Stabil pada substrat kayu sehingga efeknya tahan lama
  2. Relatif aman untuk manusia sehingga resiko kecelakaan saat menggunakannya bisa ditekan
  3. Bisa diaplikasikan dengan pelarut air maupun pelarut dari golongan minyak
  4. Bisa diaplikasikan dengan metode perendaman, pengkuasan, pencelupan, hingga vakum tekan
  5. Cost of production lebih rendah dibanding obat antiserangga untuk pengawetan kayu jabon lainnya.
  6. Bisa diaplikasikan bersama antijamur Microcide 100 EC sehingga proses pengawetan yang dilakukan jauh lebih cepat dan praktis.

.

Informasi Obat Antiserangga untuk Pengawetan Kayu Jabon

Dapatkan informasi insektisida untuk pengawetan kayu jabon dan cara pembeliannya via telp +62.274.388.301 dan sms/WhatsApp di +6287839346433. Anda juga bisa menghubungi kami melalui email di info(at)bioindustries.co.id atau datang langsung ke Jalan Sidikan no 94 Yogyakarta dan kantor cabang di Jepara serta Cirebon.

Rekomendasi Terbaik Obat Antiserangga untuk Pengawetan Kayu Jabon

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply