Jenis rayap mana yang menyebabkan kerusakan pada rumah Anda, rayap tanah atau rayap kayu kering?

Sebagian besar pemilik rumah menganggap semua rayap adalah hama yang sama – pengganggu yang suka mengunyah rumah Anda. Yang benar adalah bahwa rayap merupakan bagian penting dari ekosistem alami. Mereka adalah alat pembuangan sampah alam, mendaur ulang kayu mati sehingga tanaman dan pohon baru bisa tumbuh. Sayangnya, rayap tidak cukup pintar membedakan antara tunggul pohon mati dan rumah Anda. Inilah fakta penting lainnya: tidak semua rayap sama! Sebenarnya ada dua tipe utama spesies rayap yang menggangu rumah Anda: rayap bawah tanah dan rayap kayu kering. Rayap ini bervariasi dalam jumlah kerusakan yang diakibatkannya, artikel ini berguna bagi Anda sebagai pemilik rumah untuk mengetahui perbedaannya.

Rayap kayu kering (drywood termite)

Rayap kering hanya tinggal di sebagian besar wilayah di Indonesia, namun sayangnya kota besar seperti Jakarta adalah salah satunya. Rayap ini biasanya hidup di koloni yang lebih kecil secara langsung di dalam kayu yang mereka makan. Meskipun tidak ada yang menginginkan rayap di rumah mereka, jika Anda harus memiliki tamu rayap yang tidak diinginkan, rayap kayu kering lebih baik daripada rayap tanah hanya berdasarkan ukuran koloni saja. Itu karena koloni drywood tumbuh perlahan dan tetap relatif kecil.

Alasannya kasta mereka tumbuh lebih lambat. karena rayap tanah ratunya memiliki telur sebanyak tak terhitung. Sekarang jangan salahkan hanya karena di sana koloni lebih kecil mereka masih akan melakukan sejumlah besar kerusakan pada rumah Anda jika tidak diurus pada waktu yang tepat. Bila menyangkut rayap tidak masalah spesiesnya, Anda tidak ingin membiarkannya tidak diobati karena dijamin akan merusak rumah Anda.

Koloni Drywood dapat tumbuh hingga 10.000 (sepuluh ribu) anggota, dan biasanya menyebar melalui proses yang disebut “swarming.” Selama seorang “kawanan,” calon ratu dan pasangan mereka terbang jauh untuk memulai koloni mereka sendiri. Jika koloni asli sudah ada di dalam rumah Anda, wannabes raja baru ini mungkin menemukan sudut baru untuk meletakkan akar agar koloni baru dapat hidup lagi. Selama bertahun-tahun, ini bisa terjadi berulang-ulang sampai beberapa koloni tumbuh dan memakan sebagian besar kayu di dalam rumah Anda. Bahaya!

Rayap tanah (subterranean termite)

Rayap bawah tanah biasanya merupakan tamu rumah yang jauh lebih buruk daripada rayap kayu kering. Meskipun mereka tinggal di tanah di bawah rumah kita, mereka menciptakan tabung lumpur sebagai cara menyelinap masuk ke rumah Anda, tabung lumpur ini melindungi rayap dari predator dan memungkinkan mereka melakukan perjalanan melalui rumah Anda. Berbeda dengan rayap kayu kering, rayap bawah tanah harus memiliki kelembaban agar bisa bertahan. Rayap di bawah tanah dapat menyebabkan kerusakan dalam jumlah besar, karena koloni mereka tumbuh dengan cepat dan tumbuh dengan proporsi yang besar.

Ingat bagaimana koloni rayap kering biasanya maksimal pada 10.000 anggota? Sebuah koloni rayap bawah tanah yang sehat dapat tumbuh menjadi 1.000.000 (satu juta) anggota. Langit-langit bawah tanah meletakkan banyak telur dalam waktu singkat, sehingga membuat kasta di sana tumbuh dengan cepat. Begitu koloni telah tumbuh terlalu besar untuk dapur mereka, mereka akan berkerumun dan bercabang dan membuat koloni baru lainnya. Jadi Anda bisa memiliki beberapa kasta rayap di bawah tanah di bawah rumah Anda.

Rayap bawah tanah dapat menyebabkan kerusakan besar berdasarkan jumlah pekerja mereka yang terus-menerus mengunyah rumah Anda. Seiring koloni tumbuh, mereka memperluas wilayah mereka, mengunyah jalan penghancuran melalui rumah Anda. Diperkirakan bahwa rayap di bawah tanah dapat menyebabkan kerusakan lebih banyak pada rumah Indonesia daripada badai dan kebakaran!

Mengapa Anda Membutuhkan Pengawet Kayu Anti Rayap?

Rayap kayu kering dan infestasi rayap bawah tanah dapat menyebabkan kerusakan serius. Itu sebabnya Anda harus pintar untuk mendapatkan obat rayap rayap yang berkualitas sehingga Anda bisa menghentikan rayap sebelum benar-benar bisa mengunyah rumah Anda. Jika Anda tidak mencegah rayap pada waktunya, maka pastikan Anda menggunakan perusahaan obat rayap yang produknya ampuh serta aman dan ramah lingkungan yang dapat diandalkan seperti BioCide Insecticide untuk menyingkirkannya, lalu aplikasikan obat rayao BioCide Insecticide untuk memperbaiki atau mengganti kerusakan.

Leave a Comment