Ini Dia Pentingnya Memilih Pengawet Kayu yang Bagus

Mengapa harus memilih pengawet kayu yang bagus? Bagi Anda yang menanyakan pertanyaan tersebut, penjelasan di bawah ini tepat untuk Anda baca karena proses pengawetan kayu bukan hanya penting dari segi teknis namun juga bisa memberikan keuntungan besar.

pilih pengawet kayu yang bagus.
pilih pengawet kayu yang bagus untuk memperbesar profit perusahaan.

Proses pengawetan kayu ditujukan untuk mempertahankan kualitas kayu. Dengan proses ini, kayu diharapkan menjadi lebih tahan terhadap berbagai paparan yang merugikan. Sayangnya, kesadaran pengusaha Indonesia akan proses ini tidak begitu tinggi. Penelitian yang dilakukan FAO menunjukkan bahwa pada tahun 1960-an, para pengusaha Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya, tidak begitu menganggap penting proses pengawetan ini. Meskipun kesadaran tersebut semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu, namun tetap saja prioritas proses pengawetan kayu di negara kita masih kalah dengan di negara lainnya, terutama yang sudah maju. Kalaupun treatment pengawetan dilakukan, seringkali bahan pengawet yang dipergunakan kualitasnya tidak begitu baik. Padahal, penggunaan bahan pengawet kayu yang bagus merupakan kunci keberhasilan proses pengawetan kayu. Berikut ini 5 alasan yang harus diketahui para pengusaha kayu untuk menggunakan bahan pengawet kayu yang bagus.

5 Alasan Memilih Pengawet Kayu yang Bagus

  1. Kondisi Indonesia di Wilayah Tropis. Sebagai negara yang terletak di wilayah tropis, kondisi Indonesia memang tak begitu ramah bagi proses mempertahankan kualitas kayu. Di wilayah tropis, proses dekomposisi terjadi relatif lebih cepat. Selain karena banyaknya spesies dekomposer, faktor abiotik seperti suhu dan kelembaban yang tinggi, menyebabkan proses biokimia seperti dekomposisi berlangsung lebih cepat
  2. Jumlah Kayu yang Kuat Tidak Begitu Banyak. Di negara-negara tropis seperti Indonesia dan Filipina, jumlah kayu yang cukup kuat untuk diolah memang tak begitu banyak. Beberapa jenis kayu yang cukup kuat pun sangat rentan dengan serangan hama.
  3. Jarak Hutan dan Tempat Pengolahan Kayu yang Jauh. Umumnya, lokasi hutan dan tempat pengolahan kayu memiliki jarak yang jauh. Ini memperbesar resiko kayu rusak dalam perjalanan bila treatment yang dilakukan tidak menggunakan bahan pengawet kayu yang bagus.
  4. Profit Makin Besar. Kayu yang sudah ditreatment memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dibanding kayu yang belum ditreatment. Penelitian yang dilakukan FAO menunjukkan bahwa kayu yang sudah ditreatment bisa bertahan 4 hingga 8 kali lebih lama. Bambu yang sudah ditreatment bahkan bisa bertahan hingga 15 tahun, padahal yang belum ditreatment hanya bisa bertahan maksimal selama 5 tahun. Bila treatment pengawetan yang dilakukan memanfaatkan bahan pengawet kayu yang bagus, tentu hasilnya akan jauh lebih baik lagi.
  5. Jalan Masuk ke Negara Maju. Saat ini negara-negara maju, seperti negara maju di Eropa sudah mensyaratkan bahwa kayu impor yang  akan masuk ke wilayah EU sudah harus diawetkan terlebih dahulu. Bahan pengawet kayu yang digunakan pun harus yang bagus untuk memenuhi syarat masuk tersebut.

Kami merekomendasikan Anda menggunakan Permethrine 125 EC sebagai salah satu produk pengawet kayu yang bagus. Permethrine 125 EC adalah insektisida yang memiliki efektivitas tinggi membunuh organisme targetnya. Jumlah organisme target Permethrine 125 EC sendiri sangat luas. Insektisida ini bahkan bisa membunuh tikus yang sering ditemukan menggerogoti kayu. Namun demikian, insektisida ini relatif aman bagi manusia. Kemampuannya untuk larut dalam air, juga menjadikan Permethrine 125 EC lebih ekonomis dari insektisida yang lain.

Permethrine 125 EC.
Permethrine 125 EC.

Untuk informasi dan pemesanan, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Leave a Comment