Treatment Pengawetan Kayu dengan Sistem Kuas atau Semprot

Dua jenis metode treatment pengawetan kayu, yakni treatment pengawetan kayu dengan sistem kuas atau semprot bisa Anda gunakan untuk memproteksi kayu untuk berbagai keperluan.

Sprayer
pengawetan kayu dengan sistem kuas atau semprot

Treatment pengawetan kayu adalah suatu proses memproteksi kayu dengan berbagai cara. Umumnya, pengawetan kayu dilakukan dengan memberikan bahan-bahan anti organisme seperti anti serangga dan anti jamur. Dengan keberadaan bahan-bahan tersebut, harapannya kayu menjadi lebih awet dan terhindar dari berbagai jenis kerusakan akibat faktor biotik. Treatment seperti ini wajib dilakukan pada kayu yang akan disimpan sehingga kualitas kayu tidak menurun.

Pada industri skala besar, treatment pengawetan kayu yang dilakukan umumnya memanfaatkan sistem vakum tekan dan sistem rendam. Kedua cara tersebut akan kurang efektif bila dimanfaatkan untuk industri skala kecil atau keperluan rumah tangga. Sistem vakum tekan memerlukan peralatan khusus tersendiri sedangkan sistem perendaman akan menghabiskan jumlah larutan pengawet yang lebih tinggi. Untuk keperluan yang lebih kecil, akan lebih efektif digunakan treatment pengawetan kayu dengan sistem kuas dan semprot.

Baik treatment pengawetan dengan sistem kuas maupun semprot cocok digunakan kala kayu yang diawetkan tidak terlalu banyak. Anda sebagai orang awam pun bisa menggunakan sistem seperti ini untuk memberikan treatment pada kayu yang rentan terkena serangan serangga. Sedangkan pada pengawetan kayu yang sangat banyak, sistem ini justru akan menghamburkan banyak tenaga dan biaya.

Keuntungan dan Kerugian Treatment Pengawetan Kayu dengan Sistem Kuas atau Semprot

Biaya yang tidak terlalu besar adalah salah satu keuntungan yang bisa Anda nikmati dari sistem ini. Selain itu, sistem pengawetan seperti ini juga lebih praktis digunakan bila kayu yang akan diawetkan tidak begitu banyak. Kekurangan sistem ini sendiri adalah hasil yang kurang memuaskan. Penetrasi larutan pengawet tidak akan terlalu dalam dan besar seperti pada sistem vakum dan perendaman. Karenanya, perlindungan yang diberikan larutan pengawetpun tidak akan terlalu lama bila dibandingkan dengan sistem yang lainnya.

Untuk memaksimalkan hasil treatment pengawetan kayu dengan sistem kuas atau semprot, Anda sebaiknya melakukan pelapisan hingga lebih dari satu kali. Selain itu, usahakan pula untuk menggunakan produk yang tepat. Produk anti serangga dengan kandungan permethrin memilki karakteristik yang kuat untuk membasmi berbagai jenis serangga sehingga sangat baik digunakan.

Permethrine 125 EC.
Permethrine 125 EC.

Kontak dan Pemesanan

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Leave a Comment