Bagaimana Cara Memperpanjang Umur Pakai Kayu Dengan Pengawet Kayu Anti Rayap?

Kebutuhan masyarakat akan kayu semakin meningkat setiap tahunnya. Kayu cepat tumbuh sebagai alternatif memenuhi permintaan kayu yang tinggi, karena jenis kayu ini mudah diserang rayap, butuh pengawet kayu anti rayap yang berkualitas.

Kebutuhan manusia tidak lepas dari keberadaan hutan sebagai sumber penyedia kayu yang utama. Luas hutan alam Indonesia menyusut dengan kecepatan yang sangat mengkhawatirkan. Indonesia telah kehilangan hutan alamnya sebesar 72% (World Resource Institute, 2003). Menipisnya potensi hutan di Indonesia salah satu penyebabnya yaitu adanya peningkatan kebutuhan manusia akan produk hutan berupa kayu. Kayu yang secara komersial memiliki nilai ekonomis yang tinggi menjadi alasan terjadinya deforestasi atau kerusakan hutan. Laju deforestasi hutan Indonesia mencapai 610.375,92 Ha per tahun dan tercatat sebagai tiga terbesar di dunia (World Bank, 1990).

Akibatnya, pasokan kayu untuk bahan konstruksi beralih dari kayu komersial menjadi kayu non komersial yang memiliki nilai keawetan rendah. Dari 3.132 jenis kayu yang sudah dikelompokkan, hanya sebagian kecil yang mempunyai keawetan tinggi yaitu sebanyak 14,3 % termasuk kelas awet I dan II. Sisanya terdiri dari jenis kayu yang kurang atau tidak awet yaitu 85,7 % termasuk kelas awet III, IV dan V, sehingga untuk dapat digunakan dengan memuaskan harus diberikan pengawetan  terlebih dahulu.

Penggunaan kayu dengan tingkat keawetan rendah akan menimbulkan masalah berupa semakin pendek umur pakai kayu. Salah satu penyebab berkurangnya umur pakai kayu adalah organisme perusak kayu. Organisme perusak kayu yang memiliki pengaruh besar dalam kemunduran kualitas kayu salah satunya adalah jenis rayap. Pertanyaannya sekarang ialah, bahan pengawet apa yang berkualitas yang dapat menambah umur pakai kayu dan terbebas dari rayap?

Pengawet Kayu Anti Rayap
Pengawet Kayu Anti Rayap

Pengawet Kayu Anti Rayap Yang Dapat Menambah Umur Pakai Kayu

Bahan pengawet yang baik digunakan haruslah salah satu bahan pengawet paling aktif yang tersedia untuk melindungi dan mengawetkan kayu dari serangan rayap dan kumbang. Metode pengawetan yang digunakan bisa dengan rendaman dingin karena metode ini dirasa cukup sederhana untuk proses pengawetan kayu.

Biocide Insecticide adalah bahan pengawet yang ideal, dapat digunakan melalui berbagai metode dan selalu aktif. Biocide Insecticide merupakan produk pengawet kayu untuk mencegah serangan berbagai jenis serangga dan rayap dengan system kontak lambung. Produk dengan kemasan 130 gram ini efektif mengantisipasi serangan kumbang bubuk kayu, semut, kutu, nyamuk, rayap, dll. Bahan aktif dari obat ini adalah Cypermethrine 100 EC. Produk tersebut dapat mengawetkan berbagai jenis kayu, rotan, bambu, natural fiber, dll.

Available Untuk berbagai metode Pengawetan

BioCide Insecticide dapat diaplikasikan dengan system spray, pipa injeksi, vakum tekan, hingga perendaman. Bahan pengawet kayu tersebut cocok digunakan oleh industri pengolahan kayu yang akan dikirim ke tempat lain maupun dijadikan bahan baku lainnya. Produk ini hadir dalam berbagai keunggulan. Salah satunya ialah memiliki spektrum organisme target luas. Pengawet kayu anti rayap Biocide Insecticide dapat dipesan melalui wa & sms di 0821-6760-0692  atau 0821-6760-0693.

Leave a Comment