Ternyata Bisnis Kerajinan Batok Kelapa Bisa Raup untung Besar lho

0
71

Bisnis kerajinan batok kelapa bisa menghasilkan omset dari jutaan sampai milyaran rupiah, lho! Tertarik untuk mencoba?

Batok kelapa adalah bagian dari buah kelapa yang menyelubungi daging buah di dalamnya. Pada masa lalu, orang biasanya menggunakan bagian dari pohon kelapa ini untuk mangkuk sampai wadah minum. Saat ini pun fungsi tersebut masih sering ditemukan. Misalnya saja, bila Anda tinggal di daerah Jawa, sudah pasti Anda sering bertemu dengan penjual jamu yang menggunakan batok kelapa, bukan? Pada usaha yang lebih modern, batok kelapa pun tak jarang masih dipakai untuk wadah makanan. Misalnya untuk digunakan di hotel, resort, dan lain sebagainya.

Penggunaan batok kelapa sendiri memberikan banyak keuntungan. Tak mengherankan, banyak pihak yang tertarik menggunakan tempurung buah Cocos nucifera tersebut untuk menarik keuntungan. Berikut ini beberapa kelebihan penggunaan batok kelapa.

  1. Memberikan kesan yang lain daripada yang lain dibanding mangkok atau material biasa seperti plastik ataupun porselen.
  2. Lebih eco friendly, sebab terbuat dari bahan alami yang tidak mencemari lingkungan
  3. Sebagai tempat makan atau minum, bisa memberikan rasa yang lebih otentik dan tradisional
  4. Mudah diolah, bentuknya pun sudah mendukung untuk digunakan pada berbagai kebutuhan
  5. Di Indonesia, jumlahnya masih tersedia banyak.
  6. Harga lebih terjangkau
  7. Untuk desainnya, ada banyak referensi desain berbasis tradisional yang menarik karena semenjak dulu nenek moyang kita memang sudah sering menggunakan bahan ini
  8. Bisa difinish semudah kayu karena bahannya pun sama-sama kaya selulosa

Ada sangat banyak jenis produk yang juga bisa dibuat menggunakan batok kelapa. Jadi, bahan seperti ini tak hanya bisa dipakai untuk dijadikan wadah jamu saja.

Makanya, bila Anda tertarik dengan bisnis kerajinan batok kelapa, jangan ragu untuk mencoba. Secara umum, yang perlu Anda perhatikan adalah hal-hal yang lumrah sepertihalnya ketika ingin memulai bisnis yang lain seperti masalah modal dan juga mengenai strategi penjualan bisnis Anda. Pun demikian yang perlu diperhatikan adalah tempat untuk menjual produk-produk Anda tersebut.

Dalam menjalankan bisnis kerajinan batok kelapa, Anda juga perlu memerhatikan mengenai perkembangan transaksi yang makin banyak terjadi secara online. Mulailah menerapkan strategi usaha secara online tersebut supaya tidak tertinggal dari lawan-lawan bisnis Anda yang lainnya.

Inspirasi Bisnis Kerajinan Batok Kelapa

Ada sangat banyak lho produk yang bisa dibuat dari batok kelapa sebagaimana disebut di atas. Berikut ini contoh-contoh produk berbasis tempurung kelapa yang juga bisa menjadi inspirasi Anda dalam memulai usaha.

Kap Lampu

Alat penerangan seperti kap lampu pun bisa dibuat menggunakan tempurung kelapa. Selain dijadikan kap, batok kelapa juga bisa digunakan sebagai penghias pada produk lampu kebanyakan.

bisnis kerajinan online

Aksesori

Berbagai produk aksesori ternyata juga bisa dibuat menggunakan bahan buah kelapa tersebut. Anda bisa membangun bisnis kerajinan batok kelapa dengan fokus pada produksi kalung, gelang, bros, dan masih banyak lagi. Sangat menarik, bukan?

Topeng

Anda juga bisa lho membuat produk kesenian seperti topeng dari batok kelapa. Batok bisa dipakai sebagai dasar rangka topeng atau untuk hiasan pada topeng saja.

Wadah Makanan dan Minuman

Sebagaimana disebut di atas, sampai saat ini pun, banyak bisnis kerajinan batok kelapa yang memroduksi tempat makan dan minum dari material tersebut. Konsumennya jelas bukan hanya penjual jamu, namun usaha-usaha besar seperti hotel dan restauran.

Bunga Hias

Ternyata batok kelapa juga bisa digunakan untuk membuat bunga hias. Keindahan bunga hias Anda pasti akan lain daripada yang lain bila memanfaatkan material ini.

Hama yang Mengancam Bisnis Kerajinan Batok Kelapa

Usaha kerajinan batok kelapa bukannya tak memiliki tantangan. Di luar prospeknya yang sangat menjanjikan, usaha seperti ini pun memiliki ancaman besar. Salah satu ancaman terbesar dari usaha ini adalah serangan hama-hama insekta. Serangga, sebagaimana yang kita tahu, seringkali hidup dari bahan organik atau bertempat tinggal pada material organik. Rayap, semut, sampai kutu adalah contohnya. Serangga-serangga tersebut bisa menggunakan material batok kelapa sebagai tempat tinggal atau bahkan sumber makanannya. Bila hal ini dibiarkan, bisnis kerajinan batok kelapa jelas akan mengalami kerugian dalam jumlah yang tidak sedikit.

bisnis kerajinan batok kelapa

Berikut ini beberapa contoh kerugian akibat serangan hama pada usaha kerajinan batok.

  1. Produk menjadi tidak awet karena keropos
  2. Estetika atau keindahan produk berkurang
  3. Pelanggan menjadi meragukan kualitas produk Anda

Masalah hama sebaiknya memang harus diantisipasi sejak dini. Apalagi kita tinggal di wilayah tropis. Hidup di iklim tropis berarti hidup di alam dengan keragaman hayati yang tinggi. Jumlah organisme di iklim tropis pun sangat banyak. Tak terkecuali dengan organisme yang biasa menjadi hama pada kerajinan batok.

Tapi seperti apa wujud antisipasi yang seharusnya dilakukan? Jawabannya beragam. Salah satunya adalah memastikan kondisi area produksi bersih dan tidak memancing kedatangan hama. Selain itu, Anda juga bisa mengandalkan produk antihama khusus seperti BioCide Insecticide.

Cara Memesan BioCide Insecticide

BIOCIDE INSECTICIDE

Yuk, segera pesan BioCide Insecticide sekarang juga. Kini, Anda sudah bisa memesan BioCide dengan lebih mudah lho. Anda bisa melakukan pembelian online dengan tahapan yang lebih cepat, transparan, dan juga menyenangkan. CS kami akan memandu Anda dengan ramah dan profesional.

Berikut ini tahapan pemesanan online untuk mendapatkan BioCide.

  1. Hubungi Customer Service atau CS kami. Pilih kontak yang Anda kehendaki, baik itu WA, telepon, ataupun email.
  2. Silahkan diskusikan pemesanan dengan CS. Bila ingin prosesnya lebih cepat, kirimkan keterangan nama Anda sebagai pemesan, alamat pengiriman, sampai jumlah BioCide Insecticide yang ingin dipesan.
  3. CS kami akan memberikan estimasi biaya yang meliputi harga produk dan ongkos kirim.
  4. Silahkan lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh Customer Service kami.
  5. Tunggu produk Anda diproses dan dikirimkan. Kami akan segera memroses pesanan setelah konfirmasi pembayaran dilakukan.

Bagi Anda yang berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan juga Jepara, Anda juga bisa membeli secara langsung. Pembelian secara langsung bisa dilakukan dengan mengunjungi Bio Service Point. Selain mudah, Anda juga bisa bertemu langsung dengan CS dan teknisi kami lho. Anda juga bisa melihat-lihat produk lain yang kami sediakan mulai dari cat, pemutih kayu atau wood bleaching, sampai Biopolish.

Sekiranya, itulah pembahasan kami kali ini mengenai bisnis kerajinan batok kelapa. Bisnis ini akan menguntungkan bila dikelola dengan baik. Kreativitas jelas dibutuhkan. Pun demikian peningkatan mutu produk kerajinan. Yang tak kalah penting adalah memastikan kerajinan tidak mudah dirusak hama. Untuk kebutuhan yang terakhir ini, Anda selalu bisa mengandalkan BioCide Insecticide. Pakai selalu BioCide agar usaha bisnis kerajinan batok kelapa Anda menguntungkan.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Terus update berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com.

SHARE

Leave a Reply