5 Cara Agar Lantai Decking Kayu Super Cantik dan Super Awet

lantai decking balau

Tak semua orang bisa memiliki lantai decking kayu. Selain harganya yang lebih mahal, banyak orang yang masih enggan menggunakan lantai ini karena takut mudah keropos. Mereka umumnya membandingkan lantai kayu dengan keramik yang secara umum lebih awet. Padahal, untuk membuat lantai decking bisa awet sekaligus tetap menarik, bukanlah persoalan yang terlampau sulit. Contohnya bisa Anda aplikasikan dengan meniru poin-poin di bawah ini.

Agar Lantai Decking Kayu Awet

Kayunya Harus Baik

Untuk decking, usahakan memilih jenis kayu dari golongan yang awet, misalnya kayu ulin dan merbau. Meski harganya relatif lebih mahal, akan tetapi budget ini tak seberapa dibanding resiko penggunaan lantai dari kayu berkualitas rendahan yang bisa merugikan lebih banyak.

Kayu Harus Diawetkan

Kayu bukan hanya harus berasal dari jenis yang berkualitas. Treatment pengawetan pun wajib dilakukan pada material yang akan digunakan sebagai bahan decking. Pada treatment pengawetan ini, kayu diresapi dengan obat pengawet yang terdiri dari insektisida dan fungisida. Dengan begitu, harapannya kayu menjadi tahan terhadap jamur maupun serangga sehingga masa pakainya jauh lebih lama.

Dicat dengan Polyurethane

Jenis cat ada berbagai macam. Untuk memastikan decking kayu awet, maka pilihlah jenis cat yang tahan terhadap kondisi outdoor. Contoh jenis cat yang kami sarankan sebagai coating (top coat) adalah Polyurethane. Bahan ini mampu membentuk lapisan keras namun fleksibel, tahan perubahan cuaca, tahan hama, dan tidak mudah tergores.

Demikian cara agar lantai decking lebih awet. Lantas, bagaimana cara agar lantai lebih menarik?

Agar Lantai Decking selalu Cantik

Sebenarnya untuk membuat tampilan decking selalu menarik, caranya sama saja dengan menjaga keawetan produk tersebut. Namun tentu saja ada usaha-usaha tersendiri yang bisa Anda lakukan dengan tujuan khusus untuk membuatnya tetap menawan.

Pembersihan yang Hati-hati

Bersihkan secara rutin lantai, tapi lakukan dengan hati-hati. Misalnya, dengan tidak menggunakan alat yang bisa menggores lantai decking. Meski catnya sudah tahan gores, namun bila sengaja digores terus-menerus selama proses pembersihan, tentu pada akhirnya juga akan rusak.

Penggunaan Biopolish

Biopolish adalah lilin dari lebah yang merupakan produk semir sepatu. Sebenarnya, Anda bisa saja menggunakan poles dari lilin lainnya. Namun produk yang menurut kami paling baik hingga saat ini adalah Biopolish. Apalagi ketika dibandingkan dengan lilin sintetis seperti parafin.

Leave a Comment