Cara Membasmi Rayap dari Rumah Anda

Bagaimana cara membasmi rayap dari rumah Anda? Di bawah ini ada beberapa tips yang mudah dilakukan. Bagi para pelaku usaha yang sedang berjibaku dengan hama ini, tips-tips di bawah ini juga bisa membantu Anda.

Tak ada yang tak kenal dengan serangga bernama rayap. Serangga ini adalah serangga kecil yang hidup secara berkoloni. Rayap juga dianggap mirip dengan semut, meski para taksonomis (ahli klasifikasi organisme) telah menyatakan bahwa rayap lebih dekat dengan kecoa dibandingkan dengan semut.

Di alam, rayap berkontribusi besar terhadap daur materi. Organisme ini membantu mencacah material organic sehingga bisa diurai menjadi material anorganik oleh bakteri. Dan, meski kerap dianggap serupa, tapi sejatinya ada sangat banyak jenis rayap di dunia.

Sampai hari ini ada beberapa kelompok besar rayap. Di antaranya adalah rayap kayu kering, rayap tanah,d an rayap kayu lembab.

Sayangnya, meski punya peran ekologis yang baik, di sisi lain serangga ini juga bisa menimbulkan masalah serius.

Rayap sebagai Hama Perusak

Rayap adalah ancaman, rajin mencari makanan yang enak seperti kayu, jumlahnya banyak, dan dengan enaknya menggigit bagian dalam dinding kayu atau kusen Anda saat ini juga. Tidak peduli berapa lama Anda tinggal di rumah atau berencana untuk pindah dari rumah Anda, ancaman rayap akan selalu ada, hidup dan sehat, oleh karena itu pencegahan rayap seharusnya tidak jauh dari prioritas Anda.

Rayap adalah salah satu kontributor terbesar penghancuran rumah, dengan biaya kerusakan $ 1 miliar yang mengejutkan setiap tahunnya.

alterntif text

Salah satu dari sedikit koloni serangga yang makan terus menerus, koloni rayap dapat mengkonsumsi 10 meter pinus ukuran 2×4 dalam satu tahun. Meskipun hal itu mungkin tidak begitu banyak bila Anda mempertimbangkan ruang lingkup keseluruhan properti Anda, pertimbangkan keseriusan situasi ini jika ukuran 2×4 yang sama merupakan salah satu balok pendukung rumah Anda. Apa yang terjadi jika balok tersebut rusak?

Jika Anda tidak mengikuti panduan yang tepat untuk mencegah rayap, Anda bisa kehilangan banyak kayu di rumah Anda. Kayu adalah kayu untuk mereka. Jadi, jika Anda memiliki sesuatu di properti Anda yang menarik mereka masuk. Anda rasanya sama mengundangnya dengan adanya balok di dinding Anda. Satu-satunya faktor yang benar-benar mencegah monster ini adalah kurangia akses rayap masuk rumah.

Membunuh koloni rayap vs Menghindari koloni rayap

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa mencegah rayap masuk ke rumah Anda sangat penting. Pikirkan 2 poin berikut ini sejenak:

  • Sebuah koloni rayap terdiri dari 350.000 sampai lebih dari satu juta pekerja, tentara, dan swarmers (rayap dengan sayap).
  • Seorang ratu rayap tunggal bisa menghasilkan ribuan telur per hari dan hidup antara 30 dan 50 tahun. Itu berarti seorang ratu dapat mengatasi kerugiannya dan mengisi kembali koloninya bahkan setelah kehancuran yang luar biasa, sehingga usaha pemusnahan menjadi tidak efektif.

Cara terbaik untuk melawan musuh ini adalah dengan mencegah mereka menyentuh rumah Anda terlebih dulu.

Daftar berikut akan memberi tahu Anda bahan atau kondisi apa yang mungkin secara tidak sengaja mengirimkan suar dan membuat Anda mengundang rayap secara tidak sengaja. Beberapa hal ini dapat ditangani dengan mudah, namun ada penarik rayap lainnya seperti air atau tanah. Dengan mengikuti petunjuk ini, Anda dapat mengubah keadaan tentang kondisi rumah Anda untuk membasmi rayap tanpa menghilangkan elemen yang diperlukan.

Tanah

Kebanyakan rayap berada di bawah tanah, yang berarti bahwa mereka membangun koloni mereka di tanah. Mereka menyukai tanah dan membangun sistem terowongan yang rumit, yang disebut galeri, membentang hingga 3 meter di bawah permukaan. Rayap akan sering menggunakan bahan bangunan serbaguna ini untuk membuat tabung lumpur, yang mengarah dari koloni bawah tanah ke sumber makanan di atas tanah, seperti kayu di rumah Anda.

Limbah kayu

Jangan pernah mengubur kayu bekas atau kayu limbah di halaman Anda. Jika di tanah dan di bawah tanah, rayap akan tertarik muncul di sekitar kayu tersebut.

Vegetasi yang Membusuk

Biasakan membersihkan cabang yang terbengkalai atau ranting dan tanaman sebelum hal-hal seperti hujan menenggelamkan mereka ke dalam tanah. Akar dari tanaman yang telah mati juga harus dikeluarkan dari bawah tanah.

Kayu

Rayap akan mengkonsumsi bahan yang mengandung selulosa, dan karena kayu mengandung banyak selulosa, rayap memakan kayu dengan rakus. Jika pohon jatuh di hutan dan tidak ada yang menggunakan, rayap masih tahu tentangnya.

Mengingat bahwa kayu juga jelas merupakan bahan bangunan dasar di rumah dan banyak bangunan lainnya, tidak mungkin Anda melepaskan semua kayu dalam kehidupan Anda, namun Anda dapat meminimalkan kemungkinan rayap akan berkunjung ke rumah Anda.

Penyimpanan Cerdas

Simpan semua bahan bangunan berlebih dan kayu bakar dari rumah. Kayu yang menyentuh tanah merupakan ajakan terbuka untuk rayap yang lapar. Jika properti Anda tidak cukup besar agar kayu disimpan jauh dari rumah, buat penghalang di bawah kayu untuk menolak akses langsung mereka. Beton tebal atau pelat logam bisa digunakan untuk mengangkat kayu dari tanah.

Gunakan kayu yang telah diawetkan

Gunakan kayu yang dirawat untuk setiap struktur kayu yang akan memiliki kontak langsung dengan tanah. Sementara bahan kimia atau bahan pengawet kayu anti rayap yang digunakan dalam perawatan menjamin rayap tidak akan menyerang kayu, mereka dapat bertindak sebagai pencegah bila digunakan di dek kayu dan teras.

Sebelum menggunakan kayu yang baik, perlu melakukan pengawetan terlebih dahulu. Jika Anda ingin merenovasi rumah atau membangun rumah, beri perawatan pada balok kayu terlebihi dahulu agar awet dan tahan rayap. Caranya sangat mudah, gunakan obat rayap ampuh dan ramah lingkungan, di Indosia yang marak dipakai adalah obat rayap BioCide Insecticide. Gunakan BioCide Insecticide sesuai petunjuk, rendam kayu dalam larutan obat rayap BioCide.

Apabila kayu sudah menjadi bangunan atau furnitur cukup kuaskan di seluruh permukaan kayu. Obat tersebut akan melindungi kayu dari serangann rayap selama bertahun-tahun.

Batasi Kayu Kontak dengan tanah

Pusat perbaikan rumah sekarang menawarkan dukungan konkret yang meningkatkan balok kayu untuk deck dan teras dari tanah. Kurangnya kayu yang menyentuh tanah berarti kemungkinan yang lebih rendah bahwa rayap akan bisa mengendusnya atau mencapainya.

Air

Seperti kebanyakan makhluk hidup lainnya, rayap umumnya tidak bisa bertahan tanpa sumber air yang ada.

Kebocoran

Identifikasi dan perbaiki semua kebocoran air di dalam dan di sekitar rumah Anda. Memberi koloni sumber air yang dekat dengan rumah Anda berarti mereka tidak perlu bekerja keras untuk mencari rezeki dan bisa makan dan minum di tempat yang sama dengan mengorbankan rumah Anda.

Pemeliharaan Rumah yang Tepat

Kelembaban yang berlebihan tidak hanya buruk dalam arti bahwa ia menarik rayap. Ini merusak rumah Anda sendiri. Setiap penyakit di rumah, seperti selokan air atau selokan yang bocor atau loteng yang berventilasi buruk dapat menyebabkan penumpukan kelembaban yang dapat dilakukan lebih dari sekedar membawa rayap ke kepala Anda.

Tutup Retakan

Tutupi celah atau lubang di dasar rumah Anda. Ini akan membantu mencegah akses mudah untuk digunakan rayap mengembara.

Pemeriksaan rumah

Selalu periksa rumah Anda apakah ada kerusakan akibat rayap. Pemeriksaan sekali setahun dapat menyelamatkan rumah Anda dengan deteksi dini. Bahkan ketika rayap tidak ditemukan di rumah, tindakan-tindakan di atas dapat membantu Anda mencegah invasi di masa depan.

Colony Infestation

Jadi, apa yang terjadi jika Anda sudah melakukan semua tindakan pencegahan dan rayap ini masih mengunyah rumah Anda? Jika Anda ingin segera mengatasi masalah ini, berikut beberapa pilihan pengendalian hama serangga yang saat ini ada di pasaran.

  1. Termitisida Cair (obat anti rayap cair)

Pestisida cair ini umumnya diaplikasikan di sekitar pondasi rumah, begitu juga di bawah pondasi. Untuk lokasi konstruksi baru, termitisida diaplikasikan pada tanah bergradasi saat rumah dibangun, namun untuk bangunan yang sudah ada, pondasi sebagian digali dan dibor untuk memastikan cakupan yang tepat. Ada termitisida di pasaran yang bertindak sebagai penghalang dan penolak, dan ada istilah yang bertindak sebagai racun saraf, membunuh rayap saat terpapar.

Anda dapat menggunakan obat anti rayap cair BioCide yang paling dikenal ampuh di Indonesia untuk tujuan pengaplikasian di sekitar pondasi rumah.

Kelebihan BioCide Insecticide

BIOCIDE INSECTICIDE

BioCide Insecticide adalah insektisida untuk bangunan dan kayu. Jadi insektisida ini bukanlah insektisida pertanian atau perkebunan. Memang secara khusus BioCide Insecticide didesain untuk digunakan mengatasi hama serangga ruangan yang merusak kayu dan elemen bangunan.

BioCide Insecticide mengandung cypermethrin 100 EC. Insektisida ini tergolong sebagai insektisida racun kontak, bukan insektisida sistemik.

Di pasaran, tak banyak jenis insektisida untuk kebutuhan serupa. Dan di antara berbagai produk lainnya, BioCide Insecticide menunjukkan perfoma terbaik sebagai anti rayap. Tahukah Anda bahwa:

  1. Efektivitas yang baik saat diterapkan pada cara membasmi rayap di rumah.
  2. Aplikasi yang mudah asalkan menggunakan alat pelindung yang dibutuhkan
  3. Bukan merupakan insektisida solvent based yang membuat kayu jadi bau dan sulit dicat
  4. Harga terjangkau
  5. Lebih hemat digunakan karena konsentrasi tinggi dan pelarutnya adalah air
  6. Stabil sehingga bisamelindungi kayu dalam waktu yang lama
  7. Tingkat keamanan yang relative lebih baik dibanding insektisida lainnya

Ya, dari aspek keamanan, BioCide Insecticide memang bisa diandalkan. Pertama, penggunaan cypermethrinnya dan kedua pelarut airnya. Cypermethrin termasuk zat kimia yang diperbolehkan sebagai bahan pestisida di negara Uni Eropa. Artinya, bahan ini tidak termasuk zat terlarang seperti DDT. Kedua, penggunaan pelarut air secara umum lebih baik dibandingkan solvent yang mengandung senyawa organic mudah menguap atau VOCs (Volatile Organic Compounds).

  1. Umpan Subterranean

Alih-alih bertindak sebagai penghalang, umpan rayap berusaha menghilangkan koloni di sumbernya. Stasiun umpan dipasang di tanah setiap 10 kaki atau lebih di sekeliling rumah. Perlakuan dimulai saat segmen kayu yang tidak diobati dipasang di unit umpan untuk menentukan apakah rayap aktif di sekitar rumah. Toksin kerja jangka panjang ini memungkinkan rayap untuk menelan racun dan membawanya kembali untuk berbagi dengan koloni mereka.

  1. In-Home Baits

Unit umpan khusus juga bisa dipasang di dalam rumah jika kerusakan rayap sudah jelas. Serangkaian umpan jebakan baru telah dikembangkan oleh Dow Agrosciences untuk melawan rayap Formosa yang lebih agresif, yang dapat menembus semen, bata, plastik, dan jalur air bertekanan tinggi hanya untuk mendapatkan sumber makanan dan air.

Pilihan perawatan terbaik adalah kombinasi antara unit-unit termitisida dan umpan yang dipasang di tanah dan di seluruh rumah. Membasmi rayap memang sulit, dan mereka bahkan lebih sulit dibasmi, jadi ulet dalam usaha Anda. Taruhan terbaik Anda adalah memanggil seorang profesional untuk membantu Anda. Solusi di atas meja tidak menawarkan tingkat efektivitas yang sama dengan produk kelas profesional.

Menjaga Kelembaban

Penggunaan BioCide Insecticide dan berbagai cara di atas secara umum akan mampu mencegah serangan hama rayap. Namun ada satu tips lainnya yang penting dilakukan. Tips tersebut adalah mengenai kelembaban udara. Kelembaban udara didefinisikan sebagai konsentrasi molekul air pada udara dalam satu ruang tertentu. Makin lembab udara, beberapa organisme akan makin menyukainya. Rayap pun termasuk organisme yang menyenangi daerah lembab. Bahkan beberapa rayap di daerah lembab terkenal begitu ganas. Misalnya saja rayap Formosa.

Rayap Formosa pernah menyerang benua Amerika. Sebagai akibatnya,tingkat kerusakan akibat rayap dilaporkan meningkat besar-besaran.

Nah, untuk mengatasi masalah kelembaban ini, udara harus dijaga kualitasnya. Kita di Indonesia perlu memerhatikan hal ini baik-baik sebab kelembaban udara di Indonesia cenderung tinggi. Dan karenanya, dibutuhkan suatu penyerap kelembaban khusus seperti container desiccant.

Container desiccant adalah sebuah alat penyerap kelembaban yang mengandung zat khusus. Zat yang dipakai memiliki sifat menarik molekul air. Container desiccant jauh lebih murah dibanding AC dan lebih efektif untuk tujuan penurunan kelembaban. Selain itu, container desiccant juga sangat mudah digunakan karena dalam aplikasinya cukup digantung saja.

Perlu diketahui, penggunaan container desiccant tidak akan lantas membuat rayap terbasmi. Tidak. Alat ini bukanlah pembasmi rayap. Hanya saja, container desiccant bisa menjadikan sebuah ruangan tidak disukai oleh rayap karena kelembabannya yang kurang.

Penting untuk Pelaku Usaha

bisnis kerajinan online

Serangan rayap bisa menyasar siapa saja dan di mana saja. Dari Afrika hingga Asia, serangga ini amatlah banyak ditemukan. Karenanya, penting bagi berbagai pihak untuk mengantisipasi hama ini dengan cara-cara yang telah dijelaskan di atas.

Nah, khusus bagi pelaku usaha, Anda pun tak bisa abai begitu saja. Cara membasmi rayap di rumah dilakukan karena organisme tersebut bisa menyebabkan kerugian bagi pemilik rumah. Nilai kerugiannya sebetulnya bis ditolerir asalkan tidak ekstrim. Namun kejadian yang sama bisa menyebabkan kerugian yang jauh lebih besar ketika menimpa dunia usaha.

Misalnya saja serangan rayap pada industri wooden craft atau kerajinan kayu. Bayangkan, apa jadinya ketika serangga-serangga itu menyerang topeng, vas, atau gantungan kunci kayu yang sudah jadi dan siap kirim. Bayangkan berapa besar kerugian yang dihasilkan.

Hal yang sama juga berlaku pada pemilik usaha penginapan. Anda mungkin baru membangun sebuah homestay di dekat danau yang indah. Tapi ternyata area sekitar danau sangat lembab dan menjadi sarang rayap. Akibatnya usaha Anda pun terancam karena hama-hama itu. Tak saja kayu rusak di sana-sini, namun pengunjung juga merasa tidak nyaman.

Pelaku usaha yang perlu waspada dengan serangan hama rayap antara lain adalah:

  1. Petani kayu atau pohon / produsen
  2. Pelaku usaha furniture
  3. Pelaku usaha kerajinan serat alam, kayu, dan bambu
  4. Kontraktor
  5. Usaha restaurant, kafe, dan sejenisnya
  6. Usaha penginapan
  7. Pengelolaan apartemen
  8. Gudang
  9. Dan bangunan publik lainnya

Kami Sedia BioCide Insecticide dan Penyerap Kelembaban

Bagi Anda pemilik rumah atau pelaku usaha, lakukanlah antisipasi serangan rayap sejak dini. Untuk mengatasinya, Anda bisa membeli BioCide Insecticide dan penyerap kelembaban yang sudah kami sediakan. Pembelian sendiri bisa dilakukan amat mudah. Anda bisa membeli secara online ataupun membeli secara langsung.

Kalau Anda ingin membeli secara langsung, Anda tinggal berkunjung ke Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Selain itu, Anda juga bisa membeli lewat agen kami yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Mudah, bukan?

Nah, untuk pembelian secara online, Anda bisa langsung menghubungi kami via kontak yang disediakan. Silahkan pilih untuk meghubungi kami lewat WA, telepon, atau email. Apapun cara Anda, kami pasti akan melayani dengan ramah dan profesional.

Pada akhirnya, rayap bisa dikatakan sebagai organisme yang memiliki peran penting di alam. Hanya saja, di sisi lain, organisme ini bisa menyebabkan kerusakan yang tidak sedikit. Di rumah-rumah serangan rayap sering diabaikan sampai sebuah mebel atau tiang tak bisa digunakan lagi. Sedangkan bagi pelaku usaha,serangan rayap bisa berujung pada kerugian yang angkanya hingga milyaran rupiah! Oleh karena itulah, antisipasi serangan rayap wajib dilakukan. Dan untuk usaha ini, ada beberapa kita yang dapat Anda lakukan. Dua di antaranya adalah penggunaan BioCide Insecticide dan penyerap kelembaban. Kedua produk itu juga bisa Anda beli di antiserangga.com secara langsung lho.

Demikian. Semoga tips dan cara membasmi rayap dari rumah ini bermanfaat untuk Anda ya.

Cara Membasmi Rayap dari Rumah Anda

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply