5 Bahan Anti Rayap Alami, Dijamin Ampuh Usir Serangga Musuh Kayu Ini

Untuk mengatasi serangan rayap yang sering tak terduga, ada bahan anti rayap alami yang bisa digunakan. Rayap sering menjadi ancaman bagi para pengguna furniture kayu, termasuk musuh bagi pondasi bangunan.

Lantas, apa saja bahan anti rayap alami yang bisa digunakan? Simak selengkapnya di artikel ini yuk!

Sumber: YouTube Bio Paint

Rayap, Musuh Bebuyutan Para Pengguna Kayu

kayu terserang rayap
Serangan Rayap pada Kayu

Bukan hanya nyamuk serangga yang sering jadi musuh bebuyutan bagi manusia, tapi ada juga rayap. Sebagai serangga, rayap adalah musuh utama para pengguna kayu.

Baca juga : Gunakan 8 Warna Ini untuk Kursi Makan Minimalis, Ruangan Akan Lebih Elegan!

Keberadaan rayap memang akan sangat berbahaya apalagi jika sudah sampai masuk ke dalam rumah. Tidak heran jika banyak yang berusaha mengetahui bagaimana cara untuk mengusirnya.

Rayap sebagai serangga dengan ukuran tubuh yang kecil itu memang banyak menimbulkan masalah. Khususnya terhadap barang-barang yang menggunakan kayu sebagai bahan bakunya.

Misalnya, saat menggerogoti rak TV, lemari pakaian, meja, hingga dapat menggerogoti bahan bangunan rumahmu meskipun bahan bakunya bukan seutuhnya kayu.

Baca juga : Mengenal Tujuan Pengawetan Kayu dan Tindakan Pencegahan yang Perlu Dilakukan

Tidak heran jika banyak furniture maupun bangunan bisa cepat rusak. Jika masalah ini tidak segera ditindaklanjuti dengan cepat dan tepat, maka bersiaplah jika rayap sampai menjadi mimpi buruk untuk kehidupan sehari-harimu.

5 Bahan Anti Rayap Alami, Yuk Cobain!

Mengingat berbagai upaya untuk penanganan rayap, ada bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini.

Yuk simak 5 rekomendasi bahan anti rayap alami berikut ini:

Baca juga : Mengenal Teknik Pengawetan Kayu dan Rekomendasi Produk Pengawet Kayu

  1. Rumput Vetiver atau Akar Wangi
Rumput vertiver atau akar wangi. Sumber: Tokopedia

Bahan anti rayap alami yang pertama akan kita bahas adalah rumput vetiver. Punya sebutan lain sebagai akar wangi, rumput ini memang punya aroma khas yang harum.

Dengan keharumannya, rumput ini seringkali menjadi bahan dasar sebagai pembuatan parfum. Punya siklus tumbuh cenderung cepat, tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman sebagai pereduksi erosi tanah.

Lantas, kenapa tanaman ini bisa menjadi bahan anti rayap alami? Alasannya adalah karena akar wangi mengandung zat nookatone. Zat ini mampu digunakan untuk mengusir rayap.

Baca juga : 6 Perabot Serbaguna yang Cocok Dipakai untuk Partisi Ruangan Minimalis

Selain itu, kandungan zat tersebut juga dapat digunakan sebagai cara untuk membasmi berbagai serangga lain. Seperti kecoa, jangkrik, semut, hingga kutu.

Pertumbuhan rumput vertiver juga bisa mencapai ketinggian tertentu, sehingga jika ditanamn di sekitar rumah bisa menjadi penghalang rayap untuk masuk.

2. Buah Bintaro atau Cerbera Manghas

Buah bintaro. Sumber: Lazada

Buah bintaro atau Cerbera manghas adalah salah satu bahan anti rayap alami yang dapat ditemukan dengan mudah. Kamu bahkan bisa menemukan buah ini di pinggir jalan karena sering ditanam sebagai peneduh jalan. Baca juga : Rekomendasi 4 Furniture Minimalis yang Cocok untuk Ruang Keluarga Sempit

Buah ini mengandung racun bagi manusia sehingga tidak bisa dikonsumsi. Tapi, buah bintaro ini justru sangat ampuh jika digunakan sebagai pembasmi rayap.

Kemampuan Cerbera manghas sebagai pembasmi serangga musuh utama kayu ini karena punya kandungan zat certerin yang sangat beracun untuk rayap.

Caranya juga mudah, kamu tidak perlu menanamnya di sekitar rumah untuk menjadikannya sebagai anti rayap. Cukup dengan membuat semprotan dari bahan buah bintaro.

Baca juga : 5 Bahan Alami untuk Membasmi Rayap pada Lantai Kayu, Mudah dan Aman!

Untuk membuatnya, siapkan 500 gram buah bintaro yang diblender dengan 500 ml air. Setelah itu, tuangkan dalam satu wadah lalu diamkan selama 1 minggu.

Setelah 1 minggu, saring cairan tersebut agar bagian ampasnya terpisah. Nah, cairan yang didapat bisa langsung disemprotkan sebagai bahan anti rayap alami.

3. Daun Mint

obat anti rayap alami daun mint
Obat anti rayap alami daun mint

Daun mint memang lebih dikenal sebagai bahan untuk campuran berbagai macam produk. Bahan ini bisa digunakan untuk campuran makanan hingga produk lainnya seperti pasta gigi.

Baca juga : Merawat Nakas dengan Bahan Ati Serangga Berkualitas, Biocide Insecticide

Nah, perlu kamu tahu nih kalau daun mint juga ternyata bisa dimanfaatkan untuk bahan anti rayap alami. Bukan hanya rayap, daun mint juga mampu untuk mengusir berbagai jenis serangga lainnya.

Selain untuk bahan penangkal rayap, daun mint juga dapat digunakan untuk memperindah suasana rumahmu. Tanam mint pada pot kemudian taruh di sekitar pekarangan rumah.

4. Cabai Merah Alternatif Bahan Anti Rayap Alami

Cabai merah. Sumber: Tokopedia

Bukan hanya jadi bahan masakan, cabai merah juga bisa menjadi bahan pembasmi rayap alami yang ampuh. Cabai merah memiliki efek panas dan rasa pedas yang dapat membuat rayap merasa kepanasan sampai membuat rayap tidak mau untuk dekat-dekat lagi.

Baca juga : Mengenal Kayu Sungkai: Karakteristik, Asal, Keunggulan dan Kelemahan

Caranya, kamu cukup menanam cabai merah di pot dan letakkan pada area balkon rumahmu. Atau bisa juga jika ditanam pada area pekarangan di depan rumah.

Alternatif lainnya, kamu juga bisa membuat semprotan anti rayap alami dari bahan baku cabai merah ini. Cara membuatnya, cukup rendam 2 cangkir cabai merah dalam air selama satu hari atau minimal 24 jam.

Kemudian, kocok lalu saring cairan yang sudah dibuat ini untuk memisahkan cairan dengan bagian ampas cabainya.

Jangan lupa tambahkan air serta 2 sendok teh sabun pencuci piring. Lalu bisa langsung semprotan bahan anti rayap alami ini. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan penyemprotan secara rutin.

Baca juga : Jenis-jenis Material Pintu dan Bagian Mekanik yang Umum Digunakan

5. Bawang putih

Bawang putih. Sumber: Pixabay

Terakhir, ada bawang putih yang bisa jadi bahan alami pembasmi rayap. Caranya mudah, kamu cukup menghancurkan bawang putih kemudian potong kecil-kecil.

Kemudian campurkan dengan air putih lalu diamkan selama kurang lebih 6 jam. Selanjutnya, saring untuk memisahkan ampas dengan airnya.

Jangan lupa tambahkan sabun pencuci piring secukupnya, aduk merata. Setelah itu, bisa langsung disemprotan untuk menjadi bahan anti rayap alami.

Sumber: dekoruma

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya

      Leave a Comment

      Your email address will not be published. Required fields are marked *