Efektif! Cara Pengendalian Semut pada Bangunan

Bagaimana cara pengendalian semut pada bangunan? Bila Anda benar-benar terganggu oleh kehadiran serangga ini, proteksi menyeluruh harus diaplikasikan.

pengendalian semut pada bangunan

Keberadaan semut di rumah dan gedung bangunan secara umum sebenarnya adalah hal yang sangat wajar. Serangga ini dengan mudah dapat ditemukan saat ada tumpahan minuman dan remah makanan jatuh. Umumnya, semut tidak banyak dianggap sebagai hama seperti rayap, kecoa, hingga tikus. Keberadaannya sering dianggap “tolerable” atau bisa ditoleransi.

Sayangnya, pada beberapa kesempatan semut memang bisa menyebabkan kerusakan parah. Hal demikian terjadi bila jumlah semut terlalu banyak atau memang semut terkait berasal dari jenis yang bisa merusak bangunan secara destruktif.

Semut carpenter atau semut tukang kayu adalah contohnya. Semut asal Kalimantan tersebut bukan hanya suka memakan remah-remah makanan. Semut carpenter juga secara destruktif akan menyebabkan kerusakan pada kayu yang menjadi konstruksi bangunan. Bila hal ini dibiarkan terlalu lama, akibatnya seperti ketika rumah Anda diserang rayap dalam jumlah besar. Tindakan pencegahan perlu dilakukan sejak dini. Anda bisa menerapkan beberapa usaha pengendalian berikut ini.

Dua Cara Pengendalian Semut pada Bangunan

Mengapa pengendalian dan bukannya penghilangan? Pertanyaan seperti ini wajar diajukan. Yang dimaksud pengendalian adalah usaha agar jumlah semut ditekan sehingga tidak menyebabkan kerusakan. Sebab, benar-benar menghilangkan semut adalah hal yang mustahil dilakukan. Selain itu, efek penghilangan juga sangat berbahaya bagi kelestarian alam dan kesehatan manusia itu sendiri. Jadi, sebaiknya semut dikendalikan hingga akhirnya mencari habitat barunya di luar sana.

Pengendalian semut pada bangunan bisa dilakukan dengan:

alterntif text

Menggunakan BioCide Insecticide pada Kayu Konstruksi dan Bahan Organik lainnya

Kerusakan kayu akibat hama bisa dicegah dengan melakukan treatment pengawetan dulu. Caranya ialah dengan meresapkan insektisida ke dalam kayu tersebut (misalnya insektisida BioCide Insecticide). Anda juga bisa mengandalkan kayu yang secara khusus memiliki keunggulan tahan rayap.

Aplikasi Sistem Pipa Injeksi

Sistem pipa injeksi adalah sistem di mana kita menanam pipa berlubang di bawah lantai untuk kemudian dialiri dengan insektisida secara berkala (biasanya 6 sampai 12 bulan sekali). Dengan sistem ini, bagian bawah rumah benar-benar akan terlindung dari kerusakan hama.

pengawetan bangunan sistem injeksi

Efektif! Cara Pengendalian Semut pada Bangunan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply