Mencegah Serangan Rayap di Lantai Rumah

Kehadiran rayap di lantai rumah jelas merugikan. Untuk mencegah serangan rayap di lantai rumah, simak penjelasan pada artikel ini.

mencegah serangan rayap di lantai rumah
mencegah serangan rayap di lantai rumah

Rayap tanah adalah salah satu jenis serangga yang bisa menjadi hama pada bangunan. Keberadaan rayap ini biasanya sulit dideteksi. Aktivitasnya yang berkisar di bawah permukaan seringkali diketahui terlambat saat mulai muncul kerusakan pada lantai. Aplikasi obat anti rayap pun sulit dilakukan karena rayap bisa berpindah pada bagian bawah lantai lainnya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa mengantisipasinya sejak awal rumah dibangun atau saat renovasi rumah. Anda bisa menerapkan pengendalian rayap tanah dengan metode pipa injeksi pada bangunan. Cara mencegah serangan rayap di lantai rumah dengan metode ini adalah sebagai berikut:

  1. Memilih Produk Anti Rayap yang Bagus. Pilihlah produk anti rayap yang memiliki kualitas yang baik. Anda bisa memanfaatkan produk anti serangga dengan target organisme spektrum luas. Dengan cara ini, lantai rumah Anda juga terlindung dari berbagai serangga lain selain rayap. Anda bisa memanfaatkan anti serangga dengan kandungan permethrin. Permethrin adalah bahan sintetis yang memiliki organisme target yang luas. Permethrine juga sangat efektif membunuh rayap namun tidak memiliki efek membahayakan pada manusia. Keracunan pada manusia hanya terjadi dalam paparan dengan dosis permethrin sangat tinggi.
  2. Instalasi Pipa Injeksi
  • Pasang pipa PVC yang berdiameter 1 cm di sepanjang pondasi bangunan.
  • Pasang pipa tersebut di atas pondasi bangunan dan dibawah permukaan lantai.
  • Pastikan adanya knop yang akan muncul diatas permukaan lantai untuk memasukkan/menginjeksi anti rayap.
  • Buat lubang-lubang di sepanjang tubuh pipa dengan jarak 20-30 cm.
  1. Menyiapkan Larutan Anti Rayap. Buat larutan anti rayap sesuai dengan petunjuk produk yang berlaku.
  2. Injeksi Larutan Pengawet dalam Pipa. Suntikkan larutan anti rayap yang telah dibuat pada lubang knop dengan menggunakan mesin pompa vakum tekan. Pastikan pipa telah terisi penuh.

Agar cara mencegah serangan rayap di lantai rumah yang Anda terapkan di atas benar-benar efektif, lakukan injeksi secara berkala dalam rentang 6 bulan. Satu injeksi saat musim hujan dan satu injeksi untuk musim kemarau.

Mencegah Serangan Rayap di Lantai Rumah

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply