Seberapa Pentingkah Pengawetan Kayu Bungalow?

Cantiknya bungalow Anda tak akan bertahan lama apabila memanfaatkan kayu-kayu yang belum diawetkan. Istilah awamnya “diobati”. Treatment pengawetan kayu bungalow atau pengobatan kayu dilakukan dengan memanfaatkan produk-produk antihama.

Contohnya:

  1. BioCide Insecticide (insektisida) untuk mencegah hama totor, rayap, dan serangga lainnya.
  2. BioCide Wood Fungicide (fungisida dan bakterisida) untuk mencegah jamur dan mikroorganisme pembusuk.
  3. BioCide Surface Film Preservative (fungisida cat) untuk mencegah jamur. Produk ini digunakan dengan cara dicampur ke dalam cat berbasis air.

Produk-produk tersebut memiliki guna melindungi kayu yang memang rentan ditumbuhi jamur dan dimakan serangga seperti rayap.

Bagaimana Bila Tidak Diawetkan?

Sudah sejak lama nenek moyang kita mengenal treatment pengawetan. Hanya saja, cara yang dilakukan masyarakat zaman dulu berbeda dengan kita. Pada umumnya, kayu-kayu diawetkan dengan cara direndam dalam kolam atau lumpur. Tujuannya adalah agar nutrisi dalam kayu terfermentasi atau hilang sehingga tak lagi diserang hama. Pada treatment pengawetan modern, digunakan obat pengawet sebagaimana dicontohkan di atas. Treatment modern mengatasi masalah treatment tradisional yang memakan waktu hingga bulanan dengan hasil kurang efektif.

Jadi, bisa dikatakan bahwa “mengawetkan kayu” adalah hal yang sudah disadari peran krusialnya sejak zaman dulu. Tanpa treatment ini, kayu-kayu akan sangat rentan menjadi santapan organisme-organisme perusak dan pembusuk.

Sebenarnya, bisa saja treatment pengawetan dihindari dengan memanfaatkan kayu dengan kualitas terbaik seperti jati. Akan tetapi hal ini pun belum benar-benar memecahkan masalah:
Meski secara umum jati sangat tahan hama, namun bukan berarti jati 100% tak bisa diserang hama. Pada beberapa kasus, jati juga bisa dengan mudah rusak karena jamur atau serangga. Sehingga antisipasi dengan pengawetan tetap perlu dilakukan.

Harga kayu-kayu berkualitas seperti jati yang sangat mahal. Padahal, dengan diterapkannya treatment pengawetan yang terjangkau, bisa digunakan kayu yang kualitasnya di bawah jati namun jauh lebih murah.

Bila Anda benar-benar menginginkan bungalow yang tahan lama, maka mengawetkan kayu untuk bungalow adalah salah satu jalan terbaik. Apalagi bila bungalow yang Anda buat sebagian besar dibentuk dengan material alami seperti kayu dan bambu.

Faktor Keamanan Treatment Pengawetan Kayu untuk Bungalow

Penggunaan insektisida dan fungisida yang merupakan bahan kimia sering membuat kita bertanya-tanya akan keamanannya. Konsen ini adalah hal yang lumrah dan memang patut dipertanyakan.
Solusinya adalah memanfaatkan obat pengawet yang resiko toksisitasnya pada manusia minimal. BioCide adalah obat yang kami rekomendasikan pada pembaca. Produk-produk tersebut memiliki sifat toksik pada hama targetnya saja dan secara umum tidak reaktif di kulit manusia.

Leave a Comment