Mau Beli Cat Anti Rayap Tapi Harganya Mahal? Sebaiknya Baca ini dulu

Beberapa produk cat menawarkan sifat anti rayap. Tapi apakah produk seperti itu menguntungkan untuk dibeli?

Letakkanlah sebuah bangku taman yang belum dicat di halaman rumah Anda. Tak sampai 2 minggu, bangku sudah akan berlumut atau berjamur. Bila dibiarkan terus, lama-lama bangku akan benar-benar keropos karena serangan hama rayap.

Berbeda dengan jamur dan lumut, serangan rayap bersifat sangat destruktif. Rayap akan melubangi bangku dan memakan bagian dalam atau luar furniture tersebut. Kalaupun kita kemudian berusaha menghalau hama ini, kita harus ikhlas dengan bangku yang berlubang dan keropos.

cat anti rayap

Tingkat Serangan Rayap di Negara Indonesia Sangat Tinggi

Di Indonesia sendiri, tingkat serangan rayap sangat tinggi. Banyak jenis rayap di negara kita memiliki sifat sangat destruktif karena faktor iklim yang mendukung. Oleh karena itulah, pelaku usaha di bidang woodworking perlu memerhatikan hal ini. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menggunakan cat yang bersifat anti rayap untuk menggantikan produk cat konvensional.

Perlukah Membeli Cat Anti Rayap?

Lantas, apakah membeli cat yang memiliki ketahanan terhadap rayap itu memang diperlukan? Sebelum menjawabnya, mari kita pertimbangkan berdasarkan beberapa aspek sebagai berikut.

1. Tergantung Produk

Cat yang diklaim memiliki sifat anti rayap belum tentu memiliki kualitas yang sama. Karena itu, jangan sembarangan membeli cat untuk kebutuhan ini. Ada produk yang ketahanan pada rayapnya sangat bagus, namun ada juga yang biasa saja.

Bila Anda membutuhkan cat seperti ini untuk kebutuhan usaha, sebaiknya lakukan trial terlebih dahulu. Jadi, Anda benar-benar bisa menyeleksi produk yang sesuai kebutuhan.

2. Harga Cat Anti Rayap Biasanya Lebih Mahal

Makin lengkap feature suatu produk finishing, maka harganya semakin mahal. Jadi, sebelum Anda membeli cat seperti ini, bersiaplah mengeluarkan ongkos lebih tinggi.

Sebagian orang mungkin merasa sayang mengeluarkan dana yang lebih besar untuk hal ini. Namun, bila tingkat serangan rayap sangat tinggi, percayalah bahwa harga yang mahal itu memang sangat pantas untuk proteksi yang diberikan.

3. Cat Anti Rayap Indoor vs Outdoor

Saat Anda hendak membeli cat yang memiliki sifat protektif dari serangan rayap, Anda juga harus memerhatikan tipenya (indoor vs outdoor). Cat indoor adalah cat yang hanya didesain untuk menghadapi suasana indoor. Sedangkan cat outdoor adalah cat yang bisa digunakan untuk outdoor atau indoor.

Bila Anda hendak mengecat garden furniture, pilihlah cat outdoor. Jangan membeli cat indoor meski produk tersebut diklaim memiliki ketahanan terhadap serangan rayap yang bagus.

4. Kandungan Solvent

Banyak cat anti rayap menggunakan solvent sebagai zat untuk menghalau rayap. Sebab solvent secara umum memang merupakan zat yang dihindari organisme. Solvent bersifat toksik dan mengeluarkan bau pedas menyengat yang sama sekali tidak enak.

Kebanyakan solvent akan menguap setelah cat mengering. Namun masih ada sedikit kandungannya yang tertinggal pada lapisan cat. Dan solvent-solvent yang tertinggal itu diandalkan sebagai zat anti termite. Meski di satu sisi cukup efektif, namun di sisi lain penggunaan solvent pun sama sekali tdak baik untuk manusia.

5. Kandungan Zat Antirayap lainnya

Selain solvent, beberapa manufaktur cat menggunakan zat tertentu yang sebenarnya membahayakan. Misalnya saja logam berat dalam kadar di atas standar. Hal ini jelas harus diwaspadai. Apalagi bila Anda hendak melakukan pengecatan pada produk-produk yang membutuhkan tingkat keamanan tinggi. Misalnya, meja dan kursi makan, meja dapur, lemari dapur, dan lain sejenisnya.

Solusi dari Kami

Daripada sembarangan atau langsung membeli cat anti rayap tanpa pikir panjang, kami merekomendasikan Anda untuk:

  1. Melakukan pengawetan anti rayap dengan BioCide Insecticide
  2. Mengaplikasikan cat tahan rayap yang bukan cuma protektif tapi juga aman digunakan

Keduanya akan dijelaskan di bawah ini.

Penggunaan BioCide Insecticide Sebelum Aplikasi Cat

Solusi utama yang kami sarankan adalah aplikasi pengawetan kayu anti rayap. Treatment preservasi kami rekomendasikan sebab memang inilah treatment kunci perlindungan kayu dari hama rayap.

Kumbang Perusak Kayu

Coba bayangkan, bila Anda cuma memakai cat anti rayap saja, ketika cat mengelupas, maka kayu yang terbuka bisa dijadikan lubang bagi hama. Produk kayu pun pada akhirnya akan cepat mengalami kerusakan.

Sekarang bayangkan bila kondisinya tidak demikian. Kayu telah diberi obat anti rayap yang bagus seperti BioCide Insecticide. Meski lapisan cat mengelupas, hama serangga itu tak akan memakan kayu sebab material itu toksik baginya.

Oleh karena itulah preservasi kayu sangat vital. Dan untuk keperluan ini, Anda bisa merendam kayu ke larutan BioCide Insecticide. Bila tidak memungkinkan, silahkan kuaskan saja cairan BioCide Insecticide yang telah diencerkan (menggunakan air) pada kayu sebelum proses finishing.

Penggunaan BioVarnish sebagai Cat Anti Rayap yang Aman

Untuk perlindungan ekstra, terutama di daerah rawa, dekat sungai, dan danau, maka penggunaan cat anti termite memang sangat penting. Tapi ingat, sekali lagi, tak semua cat menawarkan kualitas yang sama. Kadang keamanan suatu produk cat juga teramat diragukan.

cat anti rayap
Red garden furniture

Oleh sebab itu, kami lebih merekomendasikan Anda menggunakan BioVarnish. BioVarnish adalah nama varian beberapa produk cat untuk kayu BioIndustries. Ada BioVarnish wood stain, clear, dan lain sebagainya. Cat-cat ini menggunakan air sebagai pelarut sehingga sangat aman digunakan. Meski demikian, BioVarnish juga dilengkapi dengan ketahanan yang baik sehingga dapat memberikan perlindungan dari hama rayap.

Kami Sedia BioCide Insecticide untuk Anda

Mari, dapatkan BioCide sekarang juga. Saat ini, kami telah menyediakan BioCide Insecticide secara meluas setelah sebelumnya hanya melakukan pemasaran Business to Business. Anda bisa membeli produk kami secara online atau secara langsung.

Bila Anda ingin membeli secara online, Anda bisa menghubungi CS kami atau ke online shop langganan. Adapun, bila Anda ingin membeli secara langsung, Anda bisa ke Bio Service Point.

Di Bio Service Point, kami menyediakan berbagai produk BioIndustries mulai dari lem sampai cat kayu anti rayap yang bagus, BioVarnish. Sangat menarik, bukan?

Penutup

Kurang lebih, itulah informasi yang dapat kami bagikan. Berdasarkan penjelasan di atas, ada beberapa poin yang bisa diringkas.

  1. Serangan rayap terjadi sangat cepat dan destruktif. Kayu yang terserang akan berlubang, keropos, dan bahkan harus dipotong.
  2. Untuk memberikan perlindungan dari rayap, banyak pelaku usaha mebel dan kerajinan menggunakan cat anti rayap.
  3. Penggunaan cat seperti itu memang bagus namun kita juga harus siap dengan beberapa hal. Misalnya saja harga produk yang lebih mahal. Selain itu, kualitas cat yang satu dengan yang lain tak harus sama.
  4. Untuk proteksi terhadap rayap yang baik, treatment pengawetan masih menjadi kunci utama. Dan Anda bisa mengandalkan BioCide Insecticide untuk keperluan ini.
  5. Setelah aplikasi BioCide Insecticide, aplikasikan cat anti rayap yang bagus namun aman digunakan, BioVarnish.

Semoga informasi ini memberikan guna dan manfaat untuk Anda!

Leave a Comment