Yuk Kenali Bambu Kuring yang Asli Sumatera Ini!

Ada ribuan spesies bambu di dunia! Itupun belum semuanya teridentifikasi apalagi termanfaatkan dengan baik. Satu di antara berbagai jenis bambu yang memiliki potensi besar untuk diolah adalah bambu kuring. Seperti apa ya bambu ini?

Bersama dengan rotan, lontar, dan lain sebagainya, bambu tergolong sebagai hasil hutan non kayu. Kebanyakan di antara kita tentunya sudah tahu bahwa bambu memiliki banyak manfaat. Sejak kita kecil, kita terbiasa melihat berbagai produk bambu sebagai bahan baku furniture sampai bangunan. Tapi tahukah Anda bahwa pemanfaatan bambu masih jauh dari potensi maksimalnya? Pada kenyataannya, bambu juga masih sering dianggap sebagai pengganti kayu saja. Bambu juga kerap disamakan sebagai material yang kurang awet. Padahal, sebagaimana kami jelaskan pada artikel mengenai bambu lemang, pada dasarnya bambu yang tidak awet pun bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Apalagi bambu dalam kelas keawetan tinggi.

Contoh bambu yang keawetannya kurang adalah bambu kuring. Seperti apa ya bambu ini? Dan bagaimana cara meningkatkan ketahanan kuring terhadap berbagai hama? Kami akan mengupas tuntas bahasan ini pada artikel kali ini.

Apa itu Bambu Kuring?

Kebanyakan di antara kita mungkin sudah mengenal mengenai bambu tutul dan bambu apus. Kedua jenis bambu tersebut sangat populer di Indonesia. Tapi bagaimana dengan bambu asli dari pulau Sumatra ini? Ya, kuring ialah bambu yang asalnya dari Sumatera. Sekilas di mata awam, bambu ini sama saja dengan bambu lain pada umumnya. Namun bila kita mencermatinya dengan baik, akan terlihat perbedaan di sana-sini. Di Indonesia sendiri selain terdapat di Sumatera, bambu ini juga bisa ditemukan di Kebun Raya Bogor.

bambu kuring

Karakteristik Bambu Kuring

  1. Tipe: Simpodial atau klumper
  2. Diameter: 3 sampai 4 inchi atau 7,5 sampai 10 cm
  3. Tinggi: 42 inchi
  4. Guna: Banyak dimanfaatkan untuk konstruksi bangunan atau pembuatan tas keranjang
  5. Asal dari: Pulau Sumatera

G. kuring secara umum memiliki karakteristik seperti bambu dalam genus Gigantochloa. Sebagaimana namanya, tanaman bambu dalam genus ini biasanya memiliki ukuran yang besar. Pada G. kuring, buluh bambu selain bisa tumbuh besar juga bisa tumbuh tegak. Adapun tunas yang masih muda biasanya diselubungi dengan bulu serta pelepa. Saat sudah tumbuh, buluh akan tumbuh dengan warna hijau dengan aksen atau garis berwarna kekuningan

Klasifikasi Ilmiah

  1. Kerajaan: Plantae
  2. Klad: Tracheophytes
  3. Klad: Angiospermae
  4. Klad: Monocots
  5. Klad: Commelinids
  6. Ordo: Poales
  7. Famili: Poaceae
  8. Subfamili: Bambusoideae
  9. Tribe: Bambuseae
  10. Subtribe: Bambusinae
  11. Genus: Gigantochloa
  12. Spesies: G. kuring

Guna atau Manfaat Bambu Kuring

Bambu ini bisa digunakan untuk berbagai manfaat:

  1. Untuk membuat furniture, misalnya saja untuk membuat meja, kuris, dan juga almari.
  2. Untuk membuat elemen bangunan baik itu untuk rangka, untuk atap, sampai untuk tiang-tiang. Bambu ini juga bisa digunakan untuk pembuatan elemen semi permanen seperti partisi / pembagi dalam ruangan
  3. Untuk membuat beragam produk kerajinan misalnya saja vas bunga hias, hiasan dinding, dan lain sebagainya
  4. Untuk pembuatan alat-alat untuk konsumsi seperti piring anyaman dari bambu dan juga gelas
  5. Untuk pembuatan bagian fashion item. Bambu juga bisa lho dibuat untuk elemen tas sampai dompet. Secara tradisional, G. kuring juga banyak dipakai untuk membuat tas anyaman bambu warga.

Bio Industries Dukung Pemanfaatan Bambu Kuring

Bio Industries mendukung pengolahan bambu ini lebih lanjut. Kami menyediakan obat pengawet berkualitas, BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah insektisida berbahan aktif cypermethrin 100 EC. Produk ini unggul dalam berbagai aspek mulai dari hasilnya yang sangat baik, lebih lengkap perlindungannya, sampai bisa diterapkan dengan metode lebih fleksibel. Produk ini juga lebih ekonomis sekaligus hemat digunakan lho. Kami telah berkomitmen untuk mendukung industri mebel, konstruksi, dan kerajinan yang lebih eco friendly tapi tetap aman dan ramah lingkungan. Sehingga kami senantiasa menyediakan produk seperti BioCide Insecticide.

Mengapa Pengawetan?

Obat BioCide Insecticide bisa digunakan sebagai obat pengawet bambu. Pengawetan? Beberapa di antara Anda mungkin bertanya apa yang dimaksud dengan pengawetan. Pengawetan pada bambu dilakukan sebagaimana pada kayu. Dalam proses ini, G. kuring diresapi dengan obat pengawet yang baik seperti BioCide Insecticide untuk memberikan perlindungan terhadap hama. Cara pengawetan akan dijelaskan sebagai berikut.

Cara Pengawetan Bambu

Pengawetan bambu bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah sesuai dengan tahapan alur produksi bambu kuring. Misalnya saja, pasca penebangan bambu, pengawetan sudah bisa dilakukan dengan sederhana. Misalnya dengan menguaskan BioCide di potongan bambu. Dengan cara ini, antisipasi bisa dilakukan secepat mungkin sebelum dilakukan pengawetan yang lebih baik. Sebab, pasca penebangan, bambu berada dalam kondisi sangat vulnerable mengingat kondisinya basah dan tidak ada sistem yang melindungi. Hama yang berpotensi menyerang antara lain adalah kutu, kumbang bubuk basah, dan rayap basah.

Metode pengawetan bambu kuring selanjutnya dilakukan dengan metode yang efeknya lebih baik. Anda bisa merendam bambu atau mencelupkannya sebelum bambu diolah lebih lanjut. Cara ini akan membuat bambu berkali-lipat usia pakainya. Apalagi dengan obat pengawet BioCide Insecticide.

BIOCIDE INSECTICIDE

Cara Membeli BioCide Insecticide

Dapatkan segera BioCide Insecticide dengan cara memesanya lewat:

  1. Cara online. Anda bisa membeli produk ini secara online di antiserangga.com atau di toko daring. Untuk pembelian di antiserangga.com, Anda akan dipandu oleh Customer Service kami. Sedangkan untuk pembelian di toko daring, Anda ikuti saja prosedurnya sesuai dengan prosedur pembelian tiap marketplace.
  2. Cara konvensional. Pembelian secara konvensional bisa dilakukan di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian di agen kami yang lokasinya paling dekat dengan lokasi Anda. Informasi agen kami bisa Anda dapatkan dengan menghubungi Customer Service kami.

Bagaimana? Menarik bukan pembahasan mengenai bambu kuring ini? Secara umum, kita bisa mengatakan bahwa bambu ini memiliki mutu yang mencukupi untuk kemudian diolah menjadi berbagai produk. Bambu ini bisa dipakai untuk membuat furniture, kerajiinan, sampai untuk kebutuhan bangunan. Namun demikian, pemanfaatan bambu ini membutuhkan peningkatan mutu di sana-sini. Dalam hal ini, kami di Bio Industries turut mendukung upaya pemanfaatan bambu ini dengan cara menyediakan obat anti hama BioCide Insecticide. BioCide Insecticide merupakan obat yang bisa membuat bambu jadi tahan rayap, tahan kutu, sampai tahan bubuk kayu. Obat ini bisa memberikan proteksi sangat baik dengan harga terjangkau dan keamanan yang lebih eco friendly. Menarik, ya? Dari segi aplikasi, produk ini juga lebih mudah digunakan. Makanya, selalu gunakan BioCide Insecticide untuk kebutuhan pengawetan bambu kuring Anda.

Semoga bermanfaat. Update terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com ya. Kami masih akan terus hadir dengan berbagai informasi bermanfaan dan menarik seperti artikel mengenai bambu kuring ini.

Leave a Comment