Pergola Rusak karena Kumbang Penggerek Kayu? Cegah Sekarang Juga!

Ragam serangga yang bisa menyebabkan pergola Anda rusak begitu banyak. Salah satunya adalah kumbang penggerek kayu. Ayo, cegah sekarang juga pergola rusak karena kumbang penggerek kayu ini!kumbang penggerek (2)

Wood boring beetle adalah istilah dalam Bahasa Inggris untuk menyebut kelompok hama pengebor kayu. Hampir semua serangga pada kelompok ini menjadi parasit pada produk-produk buatan manusia. Misalnya saja kayu konstruksi, furniture, dan craft. Hunian seperti pergola pun menghadapi tantangan dari insekta-insekta ini. Apalagi pergola diletakkan di luar ruangan yang membuatnya demikian rentan diserang hama.

Penggerek Kayu Menyerang Kayu Pergola?

Dari beragam spesies hama yang bisa menyerang, Anda harus mewaspadai nama penggerek kayu. Weevil atau penggerek kayu adalah kelompok serangga yang terdiri dari beragam spesies dan dicirikan dengan bentuk mulutnya yang kerap kali memanjang (meski ada juga yang tidak). Terdapat varian penggerek yang menyerang kayu hidup, namun terdapat pula varian weevil yang menyerang kayu mati (furniture, dan sebagainya). serangan kumbang penggerek

Bagaimana efek kumbang penggerek kayu pada pergola?

Yang jelas, sudah pasti terjadi kerusakan. Akan tetapi, biasanya kita baru menyadari kerusakan tersebut setelah waktu yang cukup lama, bahkan hingga setahun. Sebabnya, sebenarnya tak beda dengan sifat kumbang pengebor kebanyakan.

Umumnya, tipe serangga seperti ini akan meletakkan anakannya ke dalam celah kayu. Larva yang menetas dari telur selanjutnya akan bersarang di dalam kayu, menggali terowongan, dan memakan material tersebut. Hal ini bisa berlangsung dalam rentang waktu bulanan hingga tahunan. Permukaan kayu memang tampak baik-baik saja, namun bagian dalam kayu pelan-pelan digerogoti.

Jelas ini sangat merugikan. Apalagi bila pergola tersebut bukan semata-mata untuk kebutuhan pribadi, melainkan untuk usaha yang Anda kembangkan.

Bagaimana Menghindari Pergola Rusak akibat Kumbang Penggerek?

Ada banyak cara yang bisa kita upayakan supaya pergola tidak menjadi “korban” hama ini. Saran di bawah ini juga berlaku untuk kumbang pengebor kebanyakan.

  1. Gunakan kayu yang cukup tua.
  2. Awetkan kayu, apalagi untuk kayu yang dikenal tidak awet. Gunakan obat pengawet BioCide Insecticide yang efektif mencegah serangga seperti kumbang penggerek.
  3. Aplikasikan lapisan cat berkualitas.
  4. Rawat pergola secara berkala.
  5. Bila perlu, lindungi pergola saat kondisi cuaca sedang ekstrim. Meski tak secara langsung menyebabkan pergola diserang hama, namun cuaca esktrim bisa membuat substrat kayu lebih mudah ditembus dan dirusak hama.

pergola bagus

 

 

Leave a Comment