Agar Rak Tanaman Tak Cepat Busuk : Begini Caranya

0
52
rak tanaman

Keberadaan rak tanaman akan mempercantik kebun kita. Tapi bagaimana ya caranya agar rak tanaman tak cepat busuk?

Keberadaan taman bisa mempersegar area luar gedung bangunan. Taman juga bisa menjadi sarana rekreatif bagi semua kalangan. Para karyawan yang jenuh bekerja, pejalan kaki yang perlu berteduh, sampai kanak-kanak yang suka bermain. Selain itu, keberadaan tempat terbuka hijau ini juga memiliki fungsi ekologis yang sangat positif. Rimbunnya pohon akan menyerap polutan seperti karbondioksida, sambil menghasilkan oksigen. Sedangkan bebungaan yang cantik akan menjadi sumber pakan bagi kupu-kupu, burung pemakan madu, sampai lebah. Organisme lain pun bisa menggantungkan hidupnya pada taman seperti cacing, katak, hingga kadal. Tak mengherankan, kini pemerintah daerah menggalakkan pembangunan taman khususnya di daerah kota yang memang kering dan panas.

Selain diberdayakan pemerintah, taman juga sudah menjadi area yang disukai orang perorangan. Banyak individu yang hobi berkebun dan karenanya, tak segan-segan mengeluarkan banyak uang untuk membangun taman di sekitar tempat tinggal mereka. Bunga-bunga cantik ditanam, sayur mayur pun tak kalah banyak ditanam, pun demikian beberapa tumbuhan besar hias seperti bambu gading.

rak tanaman

Nah, untuk mempercantik taman, tak jarang dibuatkan alat-alat penunjang. Salah satunya adalah rak untuk tanaman. Seperti apa ya rak untuk tanaman itu?

Rak Tanaman

Rak untuk tanaman bisa diartikan sebagai rak yang didesain untuk meletakkan pot-pot tanaman. Rak seperti ini bisa berupa rak indoor yang diletakkan di dalam rumah ataupun rak outdoor. Bagi banyak pencinta tanaman, keberadaan rak seperti ini sangat diimpikan. Apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah kota dengan lahan yang sempit.

Ada banyak keuntungan dengan kehadiran furniture ini:

  1. Memperluas space atau ruang untuk menaruh tanaman
  2. Mempercantik desain taman karena pot bisa diatur tidak sekadar di tanah saja
  3. Untuk indoor, keberadaan rak ini akan meminimalisir tingkat kekotoran ruangan, karena semua pot bisa diletakkan di rak saja.

Rak tanaman memang belum banyak dijual di toko furniture di Indonesia. Padahal, sebetulnya pembuatan furniture seperti ini mudah dilakukan. Anda pun bisa membuatnya dari kayu-kayu bekas yang sudah tidak terpakai.

Sebuah Peluang Usaha

Bagi pelaku usaha furniture, permintaan rak untuk tanaman sebetulnya adalah sebuah peluang usaha yang berharga. Dengan ekonomi yang sedang tumbuh dan meningkatnya kebutuhan rekreatif seperti rak untuk tanaman, para pelaku usaha mebel bisa mendapatkan keuntungan besar. Apalagi, jumlah produksi furniture ini pun masih terbatas. Padahal, sebetulnya pembuatan furniture ini sama sekali tidak sulit untuk dilakukan lho.

Tips Membuat Rak Tanaman bagi DIYers dan Pelaku Usaha Mebel

  1. Ada berbagai model dan desain rak taman. Be creative! Anda bisa mengambil inspirasi dari dunia maya dengan informasi yang tak terbatas.
  2. Anda bisa menggunakan kayu tak terpakai seperti dari mebel yang sudah rusak atau dari kayu konstruksi rumah yang tidak terpakai lagi.
  3. Selalu aplikasikan finishing. Perlu dipahami bahwa finishing atau pengecatan tidak hanya berfungsi untuk membuat rak menjadi berwarna-warni dan cantik. Lebih dari itu, finishing juga berfungsi membuat kayu terlindung dari paparan langsung sinar UV, kelembaban, dan lain sebagainya.
  4. Usahakan untuk menggunakan kayu yang lebih tahan lama.
  5. Untuk rak yang diletakkan di luar ruangan, gunakan finishing untuk luar ruangan.
  6. Sedangkan untuk rak dalam ruangan, Anda bisa mengaplikasikan finishing untuk dalam atau luar ruangan.
  7. Jangan lupa untuk mengaplikasikan treatment pengawetan pada rak. Tanpa treatment pengawetan, rak akan mudah membusuk dan lapuk akibat serangan berbagai hama seperti rayap dan jamur.

Ketika rak diletakkan di luar ruangan, semestinya kondisi sekitar rak harus dibuat lebih kering dan juga tidak begitu lembab. Selain itu, taman juga harus rutin dibersihkan. Sebab, kotoran yang menumpuk akan meningkatkan proses biodegradasi yang menyebabkan rak menjadi lapuk.

rayap tanah

Pengawetan untuk Rak Tanaman? Apa Maksudnya?

Ya! Rak untuk meletakkan tanaman sangat perlu diawetkan seperti dijelaskan pada tips di atas. Pengawetan ini terlebih lagi sangat penting untuk rak yang nantinya diletakkan di luar ruangan. Pengawetan sendiri dilakukan sebelum kayu difinishing. Caranya adalah dengan meresapkan zat anti hama baik itu insektisida atau fungisida ke dalam kayu. Dengan peresapan ini, kayu akan menjadi toksik bagi hama yang menyerang. Dengan demikian, hama-hama yang acap kali membusukkan kayu seperti rayap dan kumbang bubuk pun akan menjauhi material tersebut.

Nah, untuk pengawetan yang baik dan bertahan sampai berpuluh tahun, gunakan insektisida kami, BioCide Insecticide. Anda bisa mengoleskan larutan BioCide Insecticide pada kayu atau merendam kayu dalam larutan BioCide. Kayu pun akan meningkat masa pakainya dan tidak cepat membusuk.

Keunggulan BioCide Insecticide untuk Pengawetan Kayu

BIOCIDE INSECTICIDE

BioCide sebagai insektisida yang kami sarankan untuk mengawetkan kayu rak tanaman Anda memiliki sangat banyak keunggulan, lho.

  1. Pertama, insektisida ini adalah insektisida spektrum luas yang bisa melindungi kayu dari berbagai hama sekaligus mulai dari rayap, semut, teter atau kumbang bubuk, kutu, kecoa, dan lain sebagainya.
  2. Kedua, hasil aplikasi insektisida ini sangat efektif karena bisa memperpanjang usia pakai kayu sampai beberapa kali lipat usia pakai normalnya.
  3. Cara aplikasi BioCide Insecticide sangat mudah dan fleksibel sesuai dengan kebutuhan pengawetan Anda.
  4. Insektisida ini lebih aman digunakan dan lebih ramah lingkungan.
  5. Harga produk yang sangat terjangkau, dan hemat digunakan.

Cara Membeli BioCide Insecticide

Yuk, beli BioCide Insecticide untuk mengawetkan rak tanaman Anda. Pembelian insektisida ini bisa dilakukan dengan cara langsung ataupun tidak langsung. Pembelian secara langsung dapat dilakukan dengan mengunjungi kami di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Dengan membeli langsung, Anda juga bisa menengok dan membeli produk woodworking kami yang lainnya lho. Sebab kami juga menyediakan cat, lem, polish kayu, penyerap kelembaban, sampai wood bleaching.

Namun bagi Anda yang jauh dari Bio Service Point atau ingin membeli online saja, Anda bisa langsung menghubungi kami lewat kontak yang disediakan. Anda akan segera terhubung dengan Customer Service kami yang ramah dan menyenangkan.

Nah, kiranya itu yang bisa kami sampaikan di artikel kali ini. Pada akhirnya, keberadaan taman merupakan sesuatu yang sangat berdampak positif. Taman bisa menjadi tempat rekreasi bagi berbagai kalangan sekaligus memiliki fungsi ekologis penting. Banyak masyarakat yang secara pribadi juga membangun taman-taman kecil di rumahnya sendiri. Dan untuk menunjang pembuatan aneka taman tersebut, mereka rela mengeluarkan banyak dana. Salah satunya untuk membeli atau membuat rak tanaman. Rak tanaman adalah rak yang didesain untuk meletakkan pot tanaman. Agar rak awet dan tahan lama, aplikasikan obat pengawet yang baik seperti BioCide Insecticide.

Demikian. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Terus ikuti update artikel menarik lainnya di antiserangga.com.

SHARE

Leave a Reply