Mengenal Jenis-jenis Tempat Penginapan dari Hotel sampai Losmen

0
73
jenis-jenis tempat penginapan

Mulai dari hotel, inn, resort, sampai losmen, ini dia jenis-jenis tempat penginapan serta pengertiannya!

Ada banyak kebutuhan yang membuat kita harus menginap di tempat-tempat khusus. Kebutuhan rekreatif sampai kebutuhan bisnis adalah dua di antaranya. Tak mengherankan, di zaman di mana mobilitas social meningkat tajam ini, industry penginapan menjamur pesat. Apalagi di daerah wisata seperti Bali, Lombok, Toba, Toraja, dan Yogyakarta.

Tertarik juga dengan industri ini? Jangan salah. Untuk membuat tempat penginapan, Anda tak perlu langsung keluar uang dalam jumlah milyaran. Anda bisa mulai dari usaha yang lebih kecil terlebih dahulu seperti guest house dan juga homestay. Agar lebih jelas, mari simak aneka tipe tempat penginapan di bawah ini.

Jenis-jenis Tempat Penginapan

Hotel

Hotel adalah tempat penginapan yang paling populer di masyarakat. Saking populernya, masyarakat sering menyamakan semua tipe penginapan sebagai hotel. Hotel sendiri sebetulnya bisa dibagi menjadi dua macam. Yang pertama adalah hotel berbintang, sedangkan yang kedua adalah hotel tak berbintang.

Dampak Banjir bagi Pengelola Restauran

Boutique Hotel

Ingin tempat menginap yang lebih privat dan memuaskan dibanding hotel? Bila jawabannya iya, pertimbangkanlah boutique hotel. Boutique hotel hanya memiliki sedikit kamar namun memang didesain sedemikian rupa untuk memanjakan para tamunya.

Resort

Resort adalah satu di antara jenis-jenis tempat penginapan yang dibedakan menurut tempat pembangunannya. Resort secara khusus dibangun di area yang memiliki pemandangan menarik. Misalnya saja pantai dan pegunungan. Jadi, tipe penginapan ini lebih mengkhususkan diri untuk memenuhi kebutuhan rekreasi.

Cottage (Bungalow)

Selain hotel, bungalow adalah tipe tempat penginapan yang juga populer. Bungalow atau cottage umumnya dibangun di daerah rekreatif seperti danau dan pantai. Wujud bangunannya terpisah seperti pondok namun dikelola oleh pihak yang sama.

Jenis-jenis Tempat Penginapan #5: Villa

Apa itu villa? Secara umum kita bisa mengartikan villa sebagai tempat tinggal yang disewakan. Seringkali villa berlokasi di daerah wisata, khususnya wisata pegunungan.

Losmen

Losmen merupakan tempat penginapan yang menyediakan fasilitas lebih terbatas. Losmen biasanya hanya untuk tempat peristirahatan sementara. Namun tentu saja penyewaan losmen lebih murah dari beberapa macam tempat penginapan yang lain.

Inn

In sebetulnya mirip dengan losmen, dan bahkan sering disamakan. Inn sendiri merupakan tempat penginapan sementara dengan jangka waktu penginapan yang terbatas.

Motel

Jenis-jenis tempat penginapan berikutnya adalah motel. Motel adalah singkatan dari motor hotel. Motel bisa dibilang adalah hotel yang terletak di pinggir jalan raya dan didesain khusus untuk mereka yang membutuhkan tempat istirahat dalam perjalanan antar kota. Ciri lain motel yang khas adalah keberadaan tempat parkir mobil di dekat kamar.

Guest House

Guest house ialah tempat menginap yang biasanya berupa rumah dengan kamar-kamar yang disewakan untuk umum. Guest house lebih murah dibanding hotel, dan cocok untuk mereka yang berwisata secara rombongan.

Anda ingin membuka usaha penginapan yang murah? Bila iya, guest house adalah jawaban yang tepat untuk memulai.

Jenis-jenis Tempat Penginapan #10: Home stay

Selain guesthouse, bentuk penginapan yang biasanya berupa penyewaan rumah pribadi adalah homestay. Homestay adalah rumah biasa yang fasilitasnya ditingkatkan sehingga cocok untuk disewakan kepada para wisatawan.

Hostel (dormitori)

Dormitor atau lebih populer dengan sebutan hostel ialah asrama di mana satu kamarnya disewakan oleh beberapa orang sekaligus. Biasanya dalam satu kamar tersebut terdapat beberapa tempat tidur. Mereka yang biasanya memakai hostel adalah para backpacker atau anak-anak muda yang traveling dengan budget terbatas.

Apartement

Sejatinya apartemen bukan termasuk tempat penginapan sejati. Namun dalam beberapa kasus, ada juga lho apartemen yang disewakan untuk mereka yang ingin menginap. Fasilitas apartemennya sendiri sangat beragam, ada yang mewah namun ada juga yang lebih sederhana.

Pondok wisata

Jenis-jenis tempat penginapan selanjutnya adalah pondok wisata. Pondok wisata adalah jasa penyewaan penginapan yang dibuka untuk umum untuk menyewakan tempat tinggalnya. Bayaran pondok wisata biasanya dihitung harian.

Perkemahan

Perkemahan merupakan area penginapan yang biasanya berupa alam terbuka. Para penyewa menggunakan tenda untuk tidur. Perkemahan biasanya dimanfaatkan oleh siswa yang sedang pramuka atau mahasiswa pecinta alam.

Rooming House

Rooming house adalah tempat penginapan berupa ruangan yang dimiliki oleh pribadi. Rooming house biasanya dimanfaatkan oleh para penginap yang mencari tempat peristirahatan untuk sementara waktu saja.

Ryokan

Merasa asing dengan nama ryokan? Ryokan memang bukan penginapan Indonesia. Jenis penginapan ini merupakan salah satu tipe penginapan dari negeri sakura, Jepang.Di Ryokan, pelayanan dan fasilitas yang disajikan didesain sedemikian rupa supaya bernuansa tradisional Jepang.

Schutzhutte

Jenis-jenis tempat penginapan selanjutnya adalah schutzhutte. Schutzhutte adalah tempat penginapan di daerah Eropa, yakni di pegunungan Alpen. Tempat ini khusus disediakan untuk para pelancong yang ingin menghindari serangan bencana alam seperti angina ribut, badai salju, sampai topan. Selain wisatawan, tempat ini juga banyak dimanfaatkan oleh para atlet ski.

Kurhotel

Kurhotel adalah tempat penginapan yang memiliki beberapa fasilitas penunjang kesehatan. Misalnya fasilitas terapis yang didukung oleh ahli medis yang terpercaya.

Foresteire

Ingin menginap di daerah pinggir hutan? Ingin tempat penginapan yang sederhana dan lebih membumi? Bila jawabannya iya, Anda bisa mencontek konsep foresteire. Di foresteire, bangunan biasanya didirikan di dekat hutan atau gunung. Bangunan da nisi perabotannya sederhana. Dan memang tempat ini biasa disewakan untuk para pendaki gunung yang suka dengan sesuatu yang alami dan tidak berlebihan.

Pension

Pension merupakan tempat penginapan murah. Di tempat penginapan ini juga tersedia makanan (biasanya sarapan) yang tarif tertentu.

Minshuku

jenis-jenis tempat penginapan

Minshuku adalah sejenis losmen yang kental nuansa Jepangnya. Minshuku biasanya didirikan di daerah pedesaan Jepang, khususnya pedesaan dekat dengan pantai di mana terdapat banyak nelayan.

Holiday Homes

Holiday homes merupakan semacam tempat penginapan di daerah pedesaan atau di dekat dengan area wisata. Holiday homes banyak terdapat di Eropa. Secara umum, sewanya sangat terjangkau sehingga menarik perhatian banyak peminat.

Mau Tempat Penginapan Bebas Rayap dan Teter? Hubungi Kami

Kami di antiserangga.com menyediakan produk insektisida yang didesain untuk kebutuhan profesional, yakni BioCide Insecticide. Insektisida ini bisa digunakan untuk mencegah serangan hama, khususnya hama serangga di tempat penginapan Anda mulai dari:

  1. Serangan semut
  2. Serangan rayap, baik rayap tanah atau kayu
  3. Serangan teter (totor) atau kumbang bubuk, yakni sejenis serangga yang menggerogoti kayu dari dalam dan menghasilkan kotoran serbuk halus kayu
  4. Serangan kutu
  5. Serangan kecoa dan berbagai serangga lainnya
BIOCIDE INSECTICIDE

BioCide Insecticide telah digunakan berbagai usaha di Indonesia mulai dari restoran, apartemen, kantor kafe, hingga jenis-jenis tempat penginapan.
Produk ini hemat, lebih aman, dan juga lebih efektif. Hubungi kami sekarang juga dan lindungi jenis-jenis tempat penginapan sebagai usaha Anda dari berbagai serangan hama yang merugikan.

SHARE

Leave a Reply