Topeng Papua yang Tak Sekadar Hiasan

Bagi orang Papua, topeng bukan sekadar penutup muka. Beragam topeng papua merupakan wujud budaya mereka yang adiluhur.

Apa itu topeng? Kita dengan menunjuk dengan mudah benda dengan nama tersebut. Mencarinya pun tak sulit sama sekali. Topeng biasa dijual para penjaja mainan anak yang berdiam diri di depan sekolah. Kebanyakan topeng yang dijual tersebut merupakan topeng yang lucu. Ada yang menggambarkan kartun sampai toko superhero si kecil.

Ya, topeng di satu sisi adalah mainan yang menyenangkan dan “sepele.” Tapi ketika kita melihat kebudayaan nenek moyang, ternyata benda ini bisa memiliki makna yang sangat serius. Bukan sekadar mainan yang lucu, topeng bahkan memiliki tempat tersendiri dalam tari-tarian tradisional yang megah. Misalnya saja topeng barongan di Jawa. Benda tersebut digunakan dalam pagelaran reog hingga jatilan yang memiliki makna beragam.

Di ujung timur Indonesia, rupanya topeng juga memiliki peran tersendiri. Bahkan peran tersebut amat sakral. Di sana, di Papua, benda ini menjadi semacam medium untuk dunia yang ghaib, dunia yang berbeda dengan dunia kita.

Makna Topeng Papua : dari Suku Tabi hingga Suku Asmat

Ada banyak suku di Papua yang memiliki tradisi pembuatan topeng dan penggunaannya untuk kegiatan-kegiatan suci. Salah satunya adalah suku Tabi dan juga suku Engros. Kedua suku tersebut tinggal di sekitar teluk Humboldt. Mereka membuat topeng yang terbuat dari anyaman rotan. Tak main-main, hasil anyaman suku Tabi dan Engros sangat berkualitas karena memang dibuat oleh mereka yang ahli. Topeng biasanya sangat halus dan padat. Suku Tabi dan Engros memanfaatkan topeng ini dalam upacara penguburan.

Selain kedua suku di teluk Hamboldt, suku lain di Papua yang memiliki tradisi topeng sangat khas adalah suku Asmat. Suku ini membuat sejenis topeng yang dinamai sebagai Jipay. Berbeda dengan suku Engros serta Tabi, Jipay digunakan sebagai medium antara dunia manusia dengan dunia ghaib. Konon topeng ini bisa menjadi perantara bagi saudara suku Asmat yang telah berpulang terlebih dahulu.

Namun tentu saja, penggunaan Jipay hanya dilakukan di waktu-waktu tertentu, yakni pada sebuah upacara adat yang dinamai dengan nama pesta roh atau pesta topeng.

alterntif text

Bentuk Jipay sendiri sangat unik. Kita familiar dengan topeng yang menutup muka saja, tapi Jipay menutup keseluruhan tubuh kecuali kaki.

Pembuatan topeng-topeng ini juga kadang disertai dengan legenda-legenda di baliknya. Misalnya saja legenda kisah Ndat Jumu dan Manimar. Dikisahkan, bahwa keduanya merupakan adik beradik yatim piatu. Karena kelaparan, mereka sering menakut-nakuti warga desa dengan topeng yang menyeramkan. Tujuannya agar mereka bisa memperoleh sagu penduduk yang ditakut-takuti. Suatu hari, ulah Jumu dan Manimar ketahuan. Tapi tetua desa justru berbelas asih padanya. Dan sejak itu, Ndat Jumu dan Manimar dibantu warga. Topeng mereka pun dilestarikan secara turun-menurun.

Topeng Papua di Zaman Now : Bisa Tingkatkan Ekonomi Warga

Zaman telah berganti. Namun demikian, budaya mestinya tetap dilestarikan. Apalagi budaya melambangkan identitas sang empunya. Tapi, di era yang semakin modern ini, produk-produk budaya sebetulnya bisa diolah dengan modifikasi lebih lanjut. Tujuannya tentu untuk memberikan kemakmuran bagi warga lokal.

Caranya? Mudah! Terapkan saja bentuk topeng yang menarik tersebut ke dalam beberapa contoh produk di bawah ini. Pasti akan sangat menarik!

  1. Gantungan kunci. Salah satu produk modifikasi yang paling mudah dibuat sekaligus murah dalam produksinya adalah gantungan kunci. Gantungan kunci ini nantinya dapat dijual sebagai cinderamata atau oleh-oleh untuk para pelancong yang berlibur di pulau mutiara hitam tersebut.
  2. Suvenir pernikahan. Ya, kita bisa membuat suvenir berupa topeng khas suku papua! Kenapa tidak? Buat saja suvenir yang lebih kecil. Misalnya pin, hiasan meja, sampai lampu hias dengan bentuk serupa topeng. Pasti menarik sekali.
  3. Hiasan dinding. Topeng Papua merupakan benda yang memiliki estetika tinggi. Akan sangat banyak orang yang tertarik membelinya untuk dijadikan hiasan dinding. Apalagi turis dari mancanegara yang biasanya menyukai segala hal yang dinilai eksotik.
  4. Motif Vas sampai Mebel. Selain dibuat dalam bentuk topeng, bentuk atau gambar topeng bisa diterapkan pada berbagai produk kayu. Misalnya saja pada vas dan furniture. Dalam hal ini, Papua perlu belajar dari Jepara dan Bali. Kedua daerah tersebut mampu menghasilkan mebel dan kerajinan kayu dengan motif khas yang terkenal sampai ke berbagai belahan dunia. Kunci utamanya hanya satu, yakni kecintaan terhadap budaya sendiri. Lihat saja bagaimana Bali begitu bangga dengan budayanya.
  5. Mainan untuk Anak. Topeng papua juga bisa dijadikan mainan untuk anak-anak. Tentu saja motif dan warnanya perlu disesuaikan dan tidak disamakan dengan topeng yang memiliki fungsi sakral. Contohnya, dengan membuat topeng dengan corak khas Papua tapi warnanya lebih cerah dan ekspresi yang lucu nan menggemaskan. Turis kanak-kanak pasti akan kepincut. Anak-anak Papua juga turut bisa membelinya supaya mereka bisa lebih akrab dengan budaya sukunya sendiri.

Kami di Bio Industries Dukung UMKM Pembuatan Produk Khas Papua

BIOCIDE INSECTICIDE topeng papua

Kami mendukung pelestarian penggunaan topeng Papua sekaligus pemanfaatannya lebih lanjut agar masyarakat bisa mendapatkan keuntungan lebih besar. Dan seagai bentuk dukungan, kami menyediakan BioCide Insecticide yang bisa Anda gunakan sekaligus berbagai produk woodworking seperti cat water based eco friendly, bleaching kayu, penyerap kelembaban, dan lain sebagainya.

BioCide Insecticide sendiri adalah insektisida dengan bahan cypermethrin 100 EC. Insektisida ini bisa membuat kayu yang dipakai untuk membuat topeng menjadi tahan rayap, tahan bubuk, dan tahan berbagai serangga hama lainnya.

Cara penggunaannya sangat mudah, sebab Anda hanya perlu mengoleskannya saja ke kayu, atau merendam kayu ke dalam larutan BioCide Insecticide.

Yuk, Pesan BioCide Sekarang juga

Bagi Anda yang ingin memesan BioCide Insecticide, Anda bisa menghubungi kami di nomor yang sudah dicantumkan di situs ini. Anda akan dipandu oleh Customer Service kami dalam melakukan proses pemesanan yang cepat dan profesional. Selain itu, Anda juga bisa memesan secara langsung di agen-agen kami yang tersebar di berbgai kota di Indonesia. Hubungi CS kami lebih lanjut untuk informasi alamat agen-agen kami.

Kiranya, itulah yang bisa kami bagikan di artikel kali ini. Sekali lagi, bagi banyak suku di Papua, topeng memiliki arti tersendiri. Topeng adalah salah satu identitas mereka, sekaligus mediator mereka dengan nenek moyangnya.

Namun di zaman ini, di mana modernitas telah berkembang, pembuatan topeng semestinya bisa dikembangkan untuk memberikan manfaat lebih bagi masyarakat lokal. Misalnya, dengan membuat topeng untuk suvenir, hiasan dinding, dan lain sebagainya.

Kami di Bio Industries mendukung upaya-upaya yang bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dan kami juga menyediakan produk pengawet anti rayap yang bisa membuat produk-produk tersebut tahan lama.

Produk yang kami sediakan adalah BioCide Insecticide. Yuk, gunakan BioCide Insecticide untuk hasilkan topeng Papua berkualitas tinggi!

Topeng Papua yang Tak Sekadar Hiasan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply