Cara Mengusir Laron Mudah Dilakukan tapi…

0
43
cara mengusir laron

Tahukah Anda bahwa keberadaan laron mengindikasikan area rumah Anda rentan dirusak rayap? Lantas, sekiranya apa yang mesti dilakukan sebagai cara mengusir laron?

Menjelang pergantian musim, berbagai fenomena yang “khas” biasanya muncul. Salah satunya adalah kemunculan laron dari dalam tanah.

Laron acap kali muncul saat hari sudah petang atau justru ketika subuh sudah menjelang. Hewan-hewan ini akan beterbangan dalam jumlah banyak lalu menggerombol mendekati sumber cahaya seperti lampu. Mereka akan memasuki rumah-rumah dan menimbulkan ketidaknyamanan tersendiri.

Lantas bagaimana cara mengusir serangga ini?

Cara Mengusir Laron

Untuk mengusir serangga ini, caranya sebetulnya sangat mudah. Anda hanya perlu mematikan lampu yang menjadi sumber cahaya yang disukai oleh laron. Kemudian, untuk mengecohnya, Anda bisa meletakkan sumber cahaya lain di area di luar rumah. Misalnya menggunakan senter atau lampu petromaks. Dengan cara ini, aktivitas Anda di dalam rumah tak akan terganggu sama sekali. Anda bisa kembali menyalakan lampu lalu melanjutkan berbagai aktivitas yang tertunda.

Mudah, bukan? Anda tak perlu menggunakan bahan-bahan atau alat-alat khusus. Sebab pada dasarnya serangga ini hanya menyukai sumber cahaya.

Cara Mengusir Laron

Tapi sebetulnya, keberadaan laron bila dilihat dari kemunculannya di area sumber cahaya saja tidak perlu begitu dikhawatirkan. Laron hanya seringkali menyebabkan gangguan berupa ketidaknyamanan. Serangga ini tidak menggigit atau menyebabkan gatal-gatal seperti serangga lainnya. Tapi tahukah Anda bahwa sebetulnya kemunculan laron adalah indikasi serius akan kerentanan area di sekitar tempat tinggal kita dari serangan rayap?

Laron adalah Rayap

Laron pada dasarnya adalah rayap. Banyak orang yang tidak menyadari fakta ini. Padahal, laron hanya satu dari beberapa fase di mana rayap berkembang biak dan mendirikan koloni yang baru. Mulanya, ratu rayap menghasilkan telur yang memiliki tugas berbeda-beda. Ada telur yang akan menjadi rayap pekerja sampai rayap prajurit. Di antara telur-telur itu, juga ada telur yang fertil yang ketika waktunya tiba (di saat pergantian musim) akan muncul dengan sayapnya lalu melakukan perkawinan dan mendirikan koloni baru. Oleh sebab itulah, biasanya selepas bertemu dengan pasangannya, laron akan melepaskan sayapnya. Mereka akan mencari tempat baru atau beberapa kembali pada koloni yang lama .

Keberadaan Laron Indikasikan Sarang Rayap

Karena laron merupakan rayap, otomatis keberadaan rayap mencerminkan keberadaan rayap. Di sini, kita perlu meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, rayap bisa merusak rumah serta perabot dalam rumah kita. Banyaknya laron harus menjadi pengingat bahwa ada ancaman kerusakan rumah serta perabot dalam rumah kita. Oleh karena itu, pengendalian terhadap serangga ini harus segera dilakukan. Selain itu, antisipasi pencegahan kerusakan rayap lebih lanjut pun semestinya juga dipertimbangkan.

Bambu yang Tahan Rayap

Kendalikan Rayap dengan Insektisida BioCide Insecticide

Yuk, kendalikan rayap yang jumlahnya berlebih di sekitar tempat tinggal kita. Pengendalian bukan artinya membasmi rayap sampai habis. Perlu diingat, bagaimanapun juga, rayap merupakan organisme yang penting dalam ekosistem kita. Rayap membantu proses penyuburan tanah karena mampu mengubah zat organic menjadi zat anorganik hara yang dibutuhkan oleh tumbuhan.

Pengendalian rayap dilakukan ketika jumlah rayap terlalu banyak dan bisa menyebabkan kerusakan. Dan cara pengendalian rayap sebetulnya tidak sesulit yang orang bayangkan. Bahkan cara mengendalikan rayap sebetulnya sesederhana seperti cara mengusir laron.

Anda hanya harus mengidentifikasi dulu di mana sarang rayap. Coba amati dari bagian mana laron muncul berterbangan. Setelah itu, gunakan BioCide Insecticide untuk membasmi rayap yang menjadi hama tersebut.

BIOCIDE INSECTICIDE

BioCide Insecticide adalah insektisida yang banyak digunakan di industri mebel ataupun konstruksi. Insektisida ini mampu bekerja dengan sangat efektif, namun harganya tetap terjangkau. Selain bisa diaplikasikan pada sarang rayap, BioCide juga bisa diresapkan pada kayu untuk membuat kayu menjadi tahan rayap dalam treatment yang bernama treatment pengawetan.

Langkah Antisipasi Serangan Rayap

Selain mengendalikan jumlah rayap di area tempat tinggal serta menerapkan cara mengusir laron di atas (agar tidak mengganggu kenyamanan), terapkan antisipasi serangan rayap berikut ini.

  1. Lindungi mebel dari rayap. Lakukan pengecatan ulang bila mebel lawas sudah rusak. Pengecatan berfungsi melindungi kayu. Adanya lapisan cat akan membuat rayap enggan utuk merusak mebel Anda tersebut.
  2. Bila Anda membuat atau membeli mebel baru, pastikan kayunya sudah diawetkan dengan BioCide Insecticide. Saran kami, Anda bisa memesan furniture kepada toko furniture langganan Anda dengan pesan untuk dilakukan treatment pengawetan terlebih dahulu. Anda juga bisa menerapkan pengawetan pada kayu konstruksi sebelum difinishing.

Selain itu, bagi Anda yang ingin memberikan perlindungan lebih optimal, Anda bisa menerapkan sistem injeksi. Sistem ini dibangun dengan menanam pipa yang bersambung satu sama lain di bawah bangunan. Pipa-pipa tersebut dilubangi secara berkala dan memiliki ujung bukaan yang bisa diakses. Pada lubang bukaan ini, secara berkala bisa dimasukkan larutan BioCide Insecticide. Larutan BioCide Insecticide akan mengalir ke dalam pipa lalu keluar dari lubang pipa dan merembes ke bagian bawah bangunan. Cara ini akan mampu memberikan proteksi bangunan dengan benar-benar optimal, utamanya dari rayap tanah.

cara mengusir laron

Yuk Beli BioCide Insecticide! Begini Caranya

Yuk, beli BioCide Insecticide sekarang juga. Kini, pembelian BioCide Insecticide bisa dilakukan dengan mudah lho. Anda bisa membeli dengan cara menghubungi kami via kontak yang disediakan. Anda akan segera tersambung dengan Customer Service kami yang sangat profesional dan informatif dalam melakukan panduan pemesanan. Selain itu, Anda juga bisa membeli secara langsung di Bio Service Point. Pembelian di Bio Service Point memungkinkan Anda bertemu langsung dengan CS, teknisi, sampai marketing kami lho! Menarik, bukan? Jadi, kami selalu tunggu kedatangan Anda di Bio Service Point.

Nah, kiranya, itulah yang bisa kami bagikan di artikel kali ini. Sekali lagi, cara mengusir laron sangatlah mudah dilakukan. Serangga yang kerap muncul saat maghrib atau menjelang subuh ini memang kadang sangat mengganggu. Kegemarannya terbang di sumber cahaya membuatnya kerap masuk ke dalam rumah dan menyebabkan ketidaknyamanan bagi para penghuni rumah. Untuk mengusirnya Anda perlu mematikan dulu lampu dalam rumah selama beberapa saat sambil menyalakan sumber cahaya di luar rumah dengan senter atau lampu petromaks.

Meski mudah, namun sebetulnya keberadaan laron yang terlalu banyak patut dikhawatirkan. Laron adalah rayap yang sedang berkembang biak dan akan mendirikan koloni baru. Bila rayap di lingkungan kita terlampau banyak, tentu kerusakan pada bangunan dan mebel bisa terjadi. Oleh sebab itulah perlu dilakukan pengendalian jumlah rayap supaya tidak menjadi sumber kerusakan. Untuk melakukan ini, Anda bisa mengandalkan insektisida kami BioCide Insecticide.

Andalkan BioCide dan amankan rumah serta perabot dari ancaman rayap!

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda ya. Update informasi lainnya di antiserangga.com.

Ca

SHARE

Leave a Reply