Begini Cara Menjalankan Usaha Mebel yang Cerdik!

0
60
Cara Menjalankan Usaha Mebel

Bagaimana ya cara menjalankan usaha mebel? Bisakah mereka yang betul-betul awam langsung terjun di bidang usaha ini?

Banyak orang yang ingin membangun usahanya sendiri. Namun tak semuanya tahu bagaimana cara menjalankan usaha tersebut. Usaha mebel pun tak lepas dari kondisi seperti itu.

Secara umum, bisa dikatakan bahwa usaha seperti ini tergolong menguntungkan. Namun demikian, tentu saja untuk bisa mendapatkan keuntungannya harus ada usaha yang dilakukan. Strategi yang dipilih harus tepat, pun demikian bagaimana cara memroduksi mebel dengan kualitas yang baik sesuai dengan selera target pasar.

Di bawah ini kami bagikan beberapa hal yang vital diperhatikan bagi Anda yang ingin sukses dalam usaha ini.

Cara Menjalankan Usaha Mebel

Berapa Modal Anda?

Masalah modal tentunya hal yang harus Anda pikirkan pertama-tama. Berapakah modal yang tersedia bagi Anda untuk menjalankan usaha ini? Apakah angka tersebut cukup? Bila tidak, di mana sebaiknya mencari tambahan biaya?

Anda bisa mengajukan pinjaman pada bank atau pada seseorang yang Anda kenal. Namun apabila dirasa hal itu tidak bisa dilakukan, mulailah dari modal yang kecil terlebih dahulu. Anda hanya harus menyesuaikannya dengan usaha seperti apa yang Anda jalankan. Misalnya, bila modal Anda terbatas, Anda bisa membatasi jumlah karyawan. Anda juga bisa membuat produk yang jumlahnya terbatas dulu atau menggunakan kayu yang tidak mahal. Seiring berjalannya waktu, ketika modal sudah terkumpul, Anda bisa membangun usaha mebel yang Anda impikan.

Di Mana Usaha Anda hendak Dibangun?

Setelah menentukan persoalan mengenai modal, Anda juga perlu memikirkan mengenai lokasi bisnis Anda. Hal ini krusial khususnya untuk masalah penjualan. Produk mebel, apalagi yang merknya masih baru, kadang sulit diterima toko-toko yang lain sehingga perlu melakukan usaha penjualan secara mandiri.

Cara Menjalankan Usaha Mebel

Memilih lokasi yang strategis, dengan demikian menjadi salah satu poin paling vital untuk menjalankan usaha mebel. Pemilihan lokasi yang strategis sendiri sebetulnya memiliki prinsip yang sederhana. Pilihlah lokasi yang mudah dijangkau pembeli dan juga ramai. Tapi makin strategis sebuah lokasi, makin besar pula biaya yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkannya. Karenanya, seimbangkan saja antara budget yang Anda punya dengan pilihan lokasi yang tersedia. Toh, untuk lokasi ini, Anda bisa dibantu dengan membangun sebuah situs di dunia maya yang mempromosikan produk furniture Anda.

Produk dan Target Pasar

Seperti apakah produk yang hendak Anda buat? Anda tentu harus menentukan secara spesifik atau khusus mengenai produk Anda tersebut. Anda perlu menentukan tingkat kualitasnya, baik dari jenis material yang digunakan sampai dengan tipe finishing yang diterapkan. Namun ingat, karena kualitas berbanding lurus dengan biaya, maka Anda harus memerhatikan harga akhir produk tersebut juga. Sesuaikan harga produk dengan target pasar Anda. Bila target pasar Anda kelas high end, misalnya, tentu tak mengapa membuat mebel yang berkualitas prima dengan harga selangit. Tapi bila target Anda kelas menengah, maka Anda perlu memerhatikan nominal harga produk tersebut sambil memerhatikan kualitasnya. Sebab pangsa pasar kelas menengah secara umum lebih detil saat membeli produk dan memerhatikan harga dan kualitas secara seimbang.

Selalu Update dengan Trend di Dunia Mebel

Selalu update! Anda perlu update mengenai berbagai hal di industri mebel. Misalnya saja mengenai trend design yang sedang disukai. Saat ini, misalnya, gaya shabby rupanya masih memiliki tempat di pasaran setelah sebelumnya terbatas di pasar high end saja.

Selain trend desain, Anda juga perlu update dengan motif-motif yang sedang disukai. Apalagi bila Anda membuat mebel untuk anak-anak. Seringkali anak sedang menyenangi tipe kartun atau idola tertentu. Bila Anda bisa menyediakan tokoh kartun atau hal apapun yang sedang trending di kalangan si kecil, tentunya produk Anda berpeluang besar menjadi lebih laris.

Online!

Era ini adalah era digital. Anda tak bisa mengabaikan fakta ini sama sekali. Justru perkembangan jual beli secara online harus Anda antisipasi dan Anda buatkan strateginya untuk usaha Anda.

Pertama, sarana di dunia maya bisa digunakan untuk promosi usaha Anda. Anda bisa membuat situs untuk perusahaan Anda sampai memberikan update pada produk Anda. Saat ini, banyak konsumen yang sebelum membeli mebel suka mencari informasi di dunia maya. Bila Anda bisa melihat peluang ini dengan baik, Anda pun bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Kedua, dunia online juga bisa Anda jadikan sebagai cara menjalankan usaha mebel khusus di transaksi jual beli. Ya, pengiriman mebel bisa dilakukan dengan pickup untuk kota atau provinsi yang sama. Sedangkan untuk pengiriman di wilayah yang lebih jauh, Anda bisa membatasi menyediakan mebel yang ukurannya lebih kecil atau bisa dilipat. Misalnya saja meja lipat, kursi lipat, rak buku, dan masih banyak lagi.

Selalu Lihat Peluang

Selalu perhatikan peluang yang hadir pada Anda. Kembangkan jaringan Anda lebih luas lagi. Perbanyak wawasan Anda di bisnis mebel. Anda bisa mengikuti berbagai pameran sampai mengikuti lelang yang diadakan oleh pemerintah. Intinya adalah, pastikan strategi bisnis Anda memberikan ruang pada fleksibilitas untuk pengembangan usaha yang lebih baik. Jangan menerapkan prinsip yang terlalu kaku sebagai cara menjalankan usaha mebel yang Anda lakukan.

Ikut Asosiasi

Ikutilah berbagai asosiasi atau serikat pengusaha mebel. Kenapa? Ada sangat banyak manfaat ketika Anda mengikuti asosiasi seperti ini. Pertama, jaringan usaha Anda akan makin luas. Kedua, wawasan Anda bisa bertambah. Anda bisa belajar berbagai hal dari rekan atau bahkan lawan bisnis Anda. Ketiga, Anda bisa mendapatkan informasi acara-acara yang krusial seperti adanya pameran. Selain itu, yang tak kalah penting adalah Anda bisa berjuang bersama ketika menghadapi kebijakan dari pemerintah yang dirasa tidak menguntungkan usaha yang Anda jalankan. Jadi jangan mengisolasi diri Anda dari sesama pelaku usaha mebel, ya.

Gunakan BioCide untuk Cara Menjalankan Usaha Mebel Lebih Mudah

Kami masih punya tips lain sebagai salah satu cara menjalankan usaha mebel yang krusial lho! Di antiserangga.com, kami menyediakan produk antiserangga yang bisa Anda gunakan.

Tersedia BioCide Insecticide yang dapat membuat mebel-mebel Anda jadi tahan terhadap serangan rayap, kutu alias bugs, semut, dan masih banyak lagi. BioCide Insecticide sendiri adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Anda bisa menggunakan produk ini dengan berbagai metode mulai dari direndamkan sampai dikuaskan pada kayu yang akan dibuat mebel.

Sebagai pelaku usaha mebel, tentunya Anda tahu bagaimana serangga bisa menjadi ancaman serius. Serangga hama bisa menyebabkan kerusakan parah saat produk sedang disimpan ataupun sedang dikirimkan.

Nah, itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai bagaimana cara menjalankan usaha mebel. Mulai dari masalah modal, membuka diri pada peluang, sampai menggunakan BioCide harus Anda perhatikan dengan baik.

SHARE

Leave a Reply