Wajib Baca untuk yang Ingin Usaha Mebel Kayu Jati

Mau membuka usaha mebel kayu jati? Mari, simak informasi super penting di bawah ini!

Kayu jati adalah kayu yang sangat terkenal di dunia. Kayu ini bahkan menjadi primadona di banyak negara Asia, termasuk Indonesia. Secara khusus, pemerintah Indonesia pun memiliki perhatian tersendiri dengan kayu ini. Nah, kali ini, antiserangga.com akan membahas megenai usaha mebel kayu jati. Tapi sebelumnya, yuk simak dulu mengenai kayu jati di bawah ini.

Sekilas mengenai Jati

Jati atau Tectona grandis adalah salah satu pohon yang sering ditemukan di negara-negara beriklim tropis. Pohon spesies ini menghasilkan daun-daun yang lebar dengan permukaan kasar. Dedaunan jati tersebut bisa digunakan untuk bungkus berbagai makanan seperti makanan mie tradisional di Jawa. Namun manfaat terbesar pohon jati yang diakui dan populer di masyarakat adalah kayunya. Jati mampu menghasilkan kayu yang sangat berkualitas. Kayu jati memiliki karakter sangat baik dari segi estetika, kekuatan, sampai ketahanannya terhadap hama.

Dari segi kekuatan dan keawetan, misalnya. Kekuatan kayu jati berada di level kelas I. Sedangkan keawetannya pun berada di jajaran atas, kelas I. Jati demikian tahan terhadap jamur dan rayap. Tak mengherankan, kayu ini menjadi komoditas unggulan untuk berbagai industri mulai dari industri konstruksi bangunan sampai industri transportasi.

Namun demikian, tentu saja kualitas kayu jati tak bisa disamakan begitu saja. Anda tak bisa membangun usaha mebel kayu jati lantas secara sembarangan memilih jenis jati yang dijual di pasaran. Ada banyak faktor yang memengaruhi kualitas kayu tersebut. Misalnya dari segi usia sampai di mana jati tersebut ditanam. Sayangnya, karena kayu ini sangat disukai pasar, banyak di antara kita yang mungkin harus menerima kayu jati yang kualitasnya di bawah. Misalnya saja kayu jati muda.

Usaha Mebel Kayu Jati

Jati Muda

Sebagaimana disebut di tas, popularitas jati membuatnya banyak dicari orang. Selain menyebabkan kelangkaan kayu di pasaran, hal ini juga menjadikan harga kayu jati melambung tinggi. Sebagai alternatif, banyak pengrajin mebel yang kemudian memanfaatkan kayu jati muda. Tapi pertanyaannya, apakah kualitas kayu jati muda sama dengan jati tua? Apakah usaha mebel kayu jati muda seprospektif kayu jati tua?

Jawaban atas pertanyaan pertama tersebut sangat sederhana. Jawabannya adalah “Tidak.” Jati muda tidak memiliki kualitas yang sama dengan jati tua. Pada banyak aspek, kayu jati muda menunjukkan kualitas yang inferior. Hal ini bisa dilihat dari berbagai aspek kayu jati tersebut, mulai dari estetika sampai kekuatan.

alterntif text

Oleh sebab itulah, khusus bagi Anda yang menggunakan kayu jati muda, sebaiknya dilakukan kiat-kiat tersendiri. Berikut ini misalnya:

Memilih Kayu Bagian Tengah

Bila dipotong secara melintang, usia kayu bisa dibedakan menurut posisinya dari poros tengah kayu. Makin berada di tengah atau dalam, maka kayu tersebut makin tua. Makin tua kayu, kualitas kayu secara umum makin baik. Bukan hanya warna dan pola yang sudah jadi, ketahanan kayu pun lebih kuat di bagian dalam dibanding bagian luar. Pasalnya, sel kayu bagian dalam memiliki kandungan antihama yang tinggi dan sifat sel lebih keras. Adapun, kayu bagian luar memiliki kandungan antihama lebih rendah dan secara umum lebih berair.

jati

Selain memilih bagian kayu yang tepat, hendaknya Anda juga terus berusaha meningkatkan kualitas kayu tersebut. Peningkatan kualitas ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan membuat kayu menjadi tahan terhadap hama.

Jenis hama sendiri sangat banyak. Namun yang tak bisa diabaikan adalah hama golongan insekta seperti rayap dan teter. Jamur insekta seperti ini seringkali menjadi “silent destroyer” atau perusak yang baru kelihatan efeknya ketika kayu sudah rusak. Sifat ini beda dengan jamur yang serangannya langsung tampak.

Contohnya saja kumbang bubuk atau teter. Kumbang yang juga sering dinamai totor ini hidup di dalam kayu saat wujudnya masih lava. Selama bertahun-tahun, lava akan hidup di dalam kayu mebel dan merusaknya secara terus-menerus. Kerusakan barulah bisa terlihat ketika kita menemukan bubuk kayu atau bahkan ketika lava sudah besar dan akan menjadi kumbang dewasa.

Efek atau dampak dari serangan ini adalah:

  1. Mebel menjadi rapuh dan tidak kokoh. Sebab, bagian dalam produk dilubangi oleh larva kumbang bubuk selama periode waktu yang panjang.
  2. Pada kasus yang parah, estetika mebel dari luar pun akan langsung terlihat sangat buruk

Terapkan Treatment Anti Hama dengan Insektisida yang Baik

Penggunaan kayu jati, baik yang tua atau muda pada akhirnya membutuhkan suatu perlakuan atau treatment antiserangga yang baik. Treatment yang dimaksud adalah pemberian perlakuan antihama pada kayu menggunakan obat yang bisa membasmi rayap, totor, dan hama lainnya.

Treatment bisa dilakukan dengan merendamkan kayu dalam larutan insektisida, atau mengkuaskan kayu dengan bahan yang sama.

Untuk produk yang diperlukan sendiri, Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide.

Apa itu BioCide Insecticide?

BioCide Insecticide adalah insektisida yang didesain secara khusus untuk digunakan pada industri woodworking. Usaha mebel kayu jati muda ataupun tua yang tergolong industri woodworking pun bisa mengandalkan produk antiserangga ini.

BIOCIDE INSECTICIDE

BioCide Insecticide menggunakan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Produk ini merupakan insektisida spektrum luas, artinya bisa digunakan untuk banyak jenis hama sekaligus. Dengan demikian, Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi rayap, semut, teter, dan masih banyak lagi.

BioCide memiliki banyak keunggulan dibanding produk serupa yang dijual di pasaran. Produk ini bukan hanya memiliki efektivitas yang baik, akan tetapi juga memiliki harga yang lebih terjangkau dengan konsentrasi formula yang lebih besar. Jadi, produk ini bisa digunakan tanpa membuat budget produksi membengkak tinggi. Justru Anda bisa berhemat dengan menggunakan BioCide Insecticide.

Ayo segera pesan BioCide Insecticide sekarang juga. Anda bisa memesan produk ini secara online ataupun secara langsung. Untuk pembelian secara online, Anda bisa memesan di situs ini. Customer Service kami akan memandu Anda dengan ramah dan profesional. Sedangkan untuk pembelian secara langsung, Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point. Anda juga bisa membeli melalui agen kami. Silahkan kontak Customer Service kami untuk mendapatkan informasi mengenai lokasi agen kami yang paling dekat dengan domisili Anda.

Nah, itulah pembahasan yang bisa kami berikan mengenai usaha mebel kayu jati muda. Semoga bermanfaat, ya. Pada intinya, penggunaan kayu jati muda memang tak sebaik kayu jati tua. Namun penggunaan bahan alternatif ini pun memberikan beberapa keuntungan baik bagi konsumen atau penjual. Yang terpenting adalah menjaga mutu atau kualitas kayu jati tersebut. Salah satunya dengan memberikan perlindungan terhadap hama seperti rayap menggunakan BioCide Insecticide.

Semoga artikel ini membawa manfaat untuk Anda, ya! Simak terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com.

Wajib Baca untuk yang Ingin Usaha Mebel Kayu Jati

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply