Cara memegang gergaji ternyata ada tekniknya! Bagaimana ya caranya? Dan apakah teknik tersebut sama untuk penggunaan gergaji pada kebutuhan yang berbeda?

Bidang pertukangan adalah bidang yang kompleks dengan berbagai peralatan serta materialnya. Di bidang ini, selain kualitas peralatan dan bahan yang disediakan, keterampilan para tukang juga sangat diperlukan.

Namun keterampilan tersebut tak sekadar keterampilan menggunakan alat-alat saja. Lebih dari itu, penguasaan keterampilan yang baik pun perlu dukungan pengetahuan yang memadai. Misalnya dalam memilih alat yang tepat untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Hal ini pun diperlukan untuk hal-hal yang terkesan sepele seperti teknik dalam memegang gergaji. Ya, hal sesederhana seperti memegang gergaji ternyata memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang tepat.

Bagaimana Cara Memegang Gergaji yang Baik dan Benar?

Bagi orang yang belum pernah menggunakan gergaji atau masih awam di dunia pertukangan, gergaji hanyalah alat potong kayu biasa. Alat ini pun hanya satu dari sekian alat potong kayu yang tersedia. Toh alat ini pun sangat populer di masyarakat dan sudah sering digunakan di mana-mana. Acap kali masyarakat pun memiliki peralatan woodworking ini. Tapi ternyata untuk menggunakan alat ini dengan benar, dibutuhkan suatu keahlian khusus. Apalagi bila Anda bekerja secara profesional di bidang woodworking.

Pertama, kita perlu mengetahui dulu bahwa gergaji terdiri dari beberapa jenis. Menurut fungsinya, ada dua jenis alat potong ini, yaitu:

  1. Gergaji belah
  2. Gergaji potong

Sebagaimana namanya, gergaji belah digunakan untuk membelah kayu, sedangkan gergaji potong digunakan untuk memotong kayu. Karena fungsinya yang berbeda, bentuk kedua jenis alat ini pun berlainan. Gergaji yang dipakai untuk memotong memiliki mata pisau yang tegak. Sedangkan gergaji yang digunakan untuk membelah kayu memiliki mata pisau yang lebih miring.

Kenapa arah mata pisau kedua alat tersebut berlainan? Sebab disesuaikan dengan arah serat kayu. Bila kita ingin memotong kayu, maka arah mata pisau terbaik untuk melakukannya adalah yang tegak lurus dengan arah serat kayu. Sedangkan pada proses pembelahan, gergaji akan memisahkan ikatan pori kayu. Jadi, arah mata pisaunya pun miring. Dengan demikian, mata pisau yang bisa membelah ikatan pori lebih panjang, sehingga proses pembelahan bisa lebih cepat diselesaikan.

Nah, untuk teknik pemakaiannya, silahkan simak tips di bawah ini.

Cara Memegang Gergaji Potong dengan Benar

cara menggergaji
  1. Pertama, posisikan dulu kayu secara stabil. Anda bisa menggunakan pembatas atau alat lainnya dengan tujuan supaya kayu tidak mudah geser selama proses pemotongan.
  2. Tempatkan gergaji di bagian pemotongan sesuai ketebalan yang Anda inginkan. Setelah itu, posisikan ibu jari berbatasan langsung dengan gergaji.
  3. Arahkan ke belakang dulu untuk mengambil posisi. Sedangkan pengarahan ke depan dimaksudkan untuk memotong serat kayu

Cara Mengger Belah

Pembelahan lebih mudah dilakukan dibanding pemotongan kayu. Berikut ini beberapa tips membelah kayu menggunakan gergaji.

cara menggergaji kayu
  1. Posisikan 60 derajat untuk hasil yang baik.
  2. Tempatkan kayu secara stabil. Anda juga bisa mengikatnya menggunakan clamp
  3. Saat memotong, posisikan ibu jari supaya searah dengan proses pemotongan kayu.

Sudah Pandai Pegang Gergaji? Jangan Lupa Jadikan Kayu Tahan Hama!

Di atas telah dijelaskan mengenai cara memegang gergaji yang baik dan benar. Tapi ingat, dunia woodworking atau pertukangan tidak sebatas masalah pemotongan kayu saja. Lebih dari itu, yang tak kalah penting dalam bidang ini adalah masalah keawetan kayu.

alterntif text

Keawetan kayu?

Ya! Derajat keawetan kayu ditentukan menurut ketahanan kayu terhadap hama dan masa pakainya. Secara umum, bisa dikatakan bahwa makin tahan kayu terhadap hama, maka usia pakainya juga semakin meningkat.

Indonesia sendiri memiliki kayu dengan tingkat keawetan rendah. Tahukah kamu lebih dari 70% kayu di Indonesia berkelas keawetan III, IV, dan V?

Namun kita tak perlu khawatir. Sebab saat ini, tersedia treatment pengawetan yang bisa dilakukan dengan meresapkan obat pengawet ke dalam kayu. Peresapan obat pengawet ini bersifat toksik bagi hama sehingga kayu tidak akan menjadi sasaran empuk hama-hama mulai dari hama jamur sampai dengan hama rayap.

Berbagai Kelebihan Insektisida BioCide Insecticide

Seperti dijelaskan di atas, untuk memotong kayu dengan baik, diperlukan keterampilan cara memegang gergaji yang tepat pula. Inipun berlaku juga pada masalah keawetan. Treatment pengawetan hanya akan berhasil apabila kita menggunakan obat pengawet yang tepat. Dan di antiserangga.com, kami menyediakan obat pengawet insektisida terbaik, BioCide Insecticide. BioCide Insecticide dapat digunakan untuk melindungi kayu dari paparan berbagai serangga merusak seperti rayap, kumbang bubuk, dan lain sebagainya.

Dibanding insektisida pengawet yang lain, BioCide Insecticide unggul dari aspek hasil, metode, sampai harganya yang terjangkau. Insektisida ini juga mampu membuat kayu meningkat usianya hingga puluhan bahkan ratusan tahun. Selain itu, BioCide Insecticide juga lebih aman digunakan karena merupakan insektisida berbasis cypermethrin 100 EC dengan pelarut air. Menarik sekali, ya?

BIOCIDE INSECTICIDE

Ayo, Pesan BioCide Insecticide Sekarang juga!

Yuk, pesan BioCide Insecticide sekarang juga. Seperti ini prosedur pembelian di antiserangga.com.

  1. Silahkan hubungi Customer Service kami. Kontak Customer Service tersedia di website ini.
  2. Setelah menghubungi CS kami, Anda bisa bertanya dulu mengenai informasi lebih lanjut BioCide Insecticide, atau langsung memroses pemesanan.
  3. Untuk langsung memesan produk ini, kirimkan data berupa nama Anda sebagai pemesan, alamat pengiriman, dan juga jumlah BioCide yang dipesan. Diskusikan juga kurir pengiriman yang hendak digunakan bersama dengan CS kami.
  4. Tunggu CS kami memroses data Anda.
  5. Setelah data Anda diproses, CS akan memberikan estimasi proses pengiriman termasuk lama pengiriman dan juga biaya total yang harus dikeluarkan.
  6. Bila semua sudah disepakati, lakukan pembayaran menurut keterangan CS kami.
  7. Kirim bukti pembayaran pada kami.
  8. Tunggu CS memverifikasinya. Setelah diverifikasi, kami akan mengabarkan pesanan Anda diproses.
  9. CS akan memberikan nomor resi pengiriman setelah produk diserahkan ke kurir.

Nah, mudah, bukan?

Yang perlu digarisbawahi, pekerjaan pertukangan merupakan pekerjaan yang membutuhkan keterampilan yang tinggi, dan teknik yang tepat. Pekerjaan ini harus dilakukan dengan hati-hati karena sangat berpengaruh terhadap kualitas produk kayu secara umum. Hal-hal yang sepele seperti cara memegang gergaji pun tak bisa diabaikan begitu saja. Apalagi pengerjaan dengan gergaji adalah pengerjaan pemotongan kayu yang berimbas pada presisi pemotongan kayu. Pun demikian dengan hal yang sangat penting seperti masalah keawetan kayu. Tingkat keawetan berpengaruh terhadap ketahanan kayu terhadap hama. Dan keawetan kayu bisa ditingkatkan dengan BioCide Insecticide. Jadi, jangan lupa untuk selalu menerapkan BioCide pra finishing produk kayu.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Ikuti terus artikel lainnya di antiserangga.com. Kami akan terus hadir dengan berbagai informasi menarik seputar dunia pertukangan seperti tips dan cara memegang gergaji yang baik dan benar ini.

Download Nulled WordPress Themes
Download Best WordPress Themes Free Download
Download Best WordPress Themes Free Download
Download Premium WordPress Themes Free
download udemy paid course for free
download lava firmware
Download Premium WordPress Themes Free
udemy free download
Begini Ternyata Cara Memegang Gergaji Kayu
alterntif text

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!