Harus Diperhatikan Terkait Cara Mengawetkan Kayu Jabon

Sebenarnya, sebagaimana pengawetan kayu pada umumnya, metode atau cara mengawetkan kayu jabon tak begitu berbeda dibanding yang lain. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain adalah penguasan, perendaman, hingga vakum tekan. Yang paling penting pada dasarnya adalah memilih cara yang paling tepat di antara cara-cara tersebut. Untuk memilih cara yang paling tepat sendiri, banyak aspek yang perlu dilihat.

Memilih Cara Mengawetkan Kayu Jabon yang Paling Tepat

Faktor yang harus Anda perhatikan sehubungan hal tersebut antara lain:

Tujuan treatment

pengawetan kayu jabon
Pasca kayu ditebang, material tersebut menjadi amat rentan pada hama.

Apakah treatment tersebut hanya untuk memberikan perlindungan sementara atau perlindungan jangka panjang? Bila hanya sekedar untuk memberikan perlindungan sementara, misalnya untuk melindungi kayu yang baru ditebang hingga dilakukan treatment yang lebih baik, maka metode yang dipilih sebaiknya yang sederhana saja. Beda halnya bila treatment yang dimaksud bertujuan memberikan perlindungan jangka panjang. Setidaknya metode perendamanlah yang harus diaplikasikan.

Dana

cara mengawetkan kayu jabon dengan penguasan
Kadangkala, metode penguasan justrun lebih “mahal” dari metode lain yang lebih efektif.

Kita tak bisa serta merta menyebut suatu metode lebih murah dibanding yang lain. Murah dan mahalnya metode treatment harus dilihat dari kondisi kita masing-masing. Misal, bila yang akan ditreatment hanya kayu jabon dalam jumlah sangat kecil, maka metode penguasan akan lebih hemat dilakukan dibanding perendaman. Tapi bila jumlah kayu jabon sangat banyak, metode perendaman yang akan lebih murah diterapkan.

Alat dan tenaga

Ketersediaan alat dan tenaga juga harus diperhatikan. Ketersediaan alat seperti mesin vakum tekan jelas berpengaruh terhadap feasibel tidaknya sistem vakum tekan diterapkan.

Obat pengawet

Tidak semua obat pengawet bisa diaplikasikan dengan semua metode. Jadi, Anda sebaiknya memperhatikan karakter obat tersebut. Meski, memilih obat pengawet yang aplikasinya fleksibel akan jadi solusi lebih baik.

Dengan memperhatikan keempat faktor di atas, Anda bisa memilih cara mengawetkan kayu jabon yang paling tepat sesuai keadaan.

Informasi dan Pemesanan Obat Pengawet Kayu Jabon

Sebagaimana disebut di atas, faktor obat pengawet berpengaruh pada pemilihan metode yang paling tepat untuk mengawetkan kayu jabon. Tetapi bila Anda ingin mengabaikan masalah ini, Anda bisa menggunakan obat pengawet yang aplikasinya fleksibelseperti seperti Insecticide 100 EC dan Microcide 100 EC. Dapatkan kedua produk tersebut dengan cara pemesanan via kontak yang tersedia. Anda juga bisa langsung berkunjung ke kantor kami di Jalan Sidikan no 84 Sorosutan Yogyakarta. Untuk pembelian di luar kota, akan kami fasilitasi dengan pengiriman via jasa yang kredibel.

Leave a Comment