Mencegah Kumbang Bubuk Kayu dengan Permethrin

Mencegah kumbang bubuk kayu dengan permethrin adalah salah satu alternatif cara yang bisa diambil untuk menjaga kayu aman dari serangan organisme tersebut. Permethtrin dalam kandungan produk anti serangga akan bekerja secara efektif namun relatif aman bagi manusia.

Treatment pengawetan kayu umumnya diterapkan pada berbagai jenis kayu yang harus disimpan sebelum akhirnya dibuat dan digunakan oleh manusia. Selama proses treatment, kayu akan dikenai dengan berbagai jenis bahan. Salah satunya adalah bahan anti serangga atau insektisida. Kualitas bahan anti serangga yang diaplikasikan sangat vital dalam memberikan proteksi pada kayu. Permethrin adalah salah satu bahan yang umum digunakan untuk mencegah serangan serangga termasuk serangan kumbang bubuk kayu. Mencegah kumbang bubuk kayu dengan permethrin adalah salah satu cara yang efektif yang patut Anda coba.

Apa dan Bagaimana Serangan Kumbang Bubuk Kayu

kumbang bubuk kayu
Contoh kumbang bubuk kayu

Kumbang bubuk kayu merupakan jenis serangga dengan panjang rata-rata 5 mm, berwarna coklat kemerahan, tubuh tipis agak rata, dan larva berwarna putih susu. Organisme ini akan menghasilkan telur keputih-putihan yang disimpan dalam pori-pori kayu keras. Setelah menetas, anakan kumbang bubuk kayu akan menjadi larva yang selanjutnya bermertamorfosis dari kepompong menjadi kumbang bubuk kayu dewasa.

Serangan organisme ini umumnya diakibatkan aktivitas larvanya. Larva kumbang bubuk kayu akan menggerogoti kayu dalam jangka waktu antara satu hingga dua tahun. Kerusakan yang terjadi akan sangat kompleks karena kayu menjadi rapuh dengan serangan organisme ini. Umumnya organisme ini menjadi hama ladang hutan kayu, namun juga  bisa merusak berbagai perabot kayu seperti meja dan kursi kayu. Karena kompleksnya kerusakannya inilah, perlu dilakukan sebuah langkah mencegah kumbang bubuk kayu sebelum ia menimbulkan kerusakan tersebut.

Serangan kumbang bubuk kayu.
Serangan kumbang bubuk kayu.

Anti Serangga Berbahan Permethrin

Permethrine 125 EC.
Permethrine 125 EC.

Permethrin adalah salah satu bahan pengawet kayu yang bersifat sangat toksik pada berbagai jenis serangga termasuk kumbang bubuk kayu. Meskipun demikian, bahan ini relatif aman bagi manusia. Bahan ini memiliki kemampuan untuk mengeliminasi banyak serangga dan termasuk jenis insektisida racun kontak lambung atau yang akan meracuni serangga kala serangga tersebut mengkonsumsi substrat yang telah dikenai produk ini. Namun, meskipun bersifat sangat toksik pada organisme targetnya, permethrin relatif aman bagi manusia. Bahan ini sulit menyerap pada kulit manusia sehingga keracunan akibat permethrin hanya terjadi pada paparan dosis tinggi. Dengan kata lain, permethrin adalah bahan terbaik untuk mencegah kumbang bubuk kayu menyerang produk-produk kayu atau bambu Anda.

Ini Cara Permethrin Mencegah Kumbang Bubuk Kayu

Insektisida permethrin seperti Permethrine 125 EC yang dipenetreasikan dalam kayu akan menyebabkan substrat kayu bersifat toksik bagi berbagai jenis serangga hama 2818termasuk kumbang bubuk kayu. Saat kumbang bubuk kayu memakan material kayu, maka ia akan teracuni oleh zat aktif permethrin. Permethrin akan merusak syaraf kumbang bubuk kayu sehingga menyebabkan organisme tersebut mati. Bisa dikatakan, cara mencegah kumbang bubuk kayu dengan permethrin adalah pilihan efektif yang sangat tepat.

alterntif text
Mencegah Kumbang Bubuk Kayu dengan Permethrin

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply