Lengkap! Ini Syarat Mendirikan Losmen

Apa saja ya syarat mendirikan losmen yang diperlukan untuk mendirikan usaha tersebut? Ayo simak informasi berikut ini.

Keberadaan beragam jenis tempat penginapan sebetulnya sudah bisa ditemukan sejak zaman dahulu. Konsep bepergian untuk waktu yang lama pun sudah dikenal manusia sejak dulu. Kini di era yang makin modern, di mana mobilitas sosial begitu tinggi, kebutuhan akan tempat untuk menginap makin meningkat. Orang-orang berpergian dengan berbagai alasan. Ada yang bepergian untuk tujuan rekreasi, pekerjaan, dan masih banyak lagi lainnya.

Tak mengherankan, usaha penginapan pun menjamur di sana-sini. Apalagi di daerah yang terkenal sebagai destinasi wisata, bisnis, hingga pendidikan. Yogyakarta, Bali, dan Jakarta adalah 3 contoh daerah di Indonesia yang menjadi destinasi warga Indonesia. Bali bahkan menjadi spot pariwisata yang sangat terkenal hingga ke mancanegara. Di daerah seperti Bali, keberadaan tempat penginapan menjamur di mana-mana. Tak terkecuali penginapan budget murah seperti losmen.

Mendirikan Usaha Losmen? Kenapa Tidak?

Seperti disebut di atas, losmen adalah salah satu tempat penginapan yang memasang tarif yang lebih ramah di kantong. Losmen sendiri bisa diartikan sebagai tempat penginapan yang disewakan menurut ruangan atau seluruh rumah oleh pemiliknya. Losmen kadang menyediakan konsumsi (makanan dan minuman), namun kadang juga tidak.

Biasanya losmen dicari oleh para traveler yang ingin berhemat, misalnya saja kalangan backpacker atau wisatawan dalam kategori usia mahasiswa. Meski demikian, justru keberadaan wisatawan budget seperti ini bisa menguntungkan masyarakat. Dengan keberadaan mereka, wisatawan yang datang ke suatu daerah tidak terkonsentrasi di hotel berbintang saja. Wisatawan bisa menguntungkan masyarakat dengan menyewakan ruangan atau rumah mereka. Jadi profit di sektor wisata pun akan dinikmati lebih merata ke berbagai kalangan sekaligus.

Mendirikan Losmen Perlu Syarat?

Tertarik untuk mengelola sebuah losmen? Kenapa tidak? Mendirikan usaha penginapan ini pun tak perlu harus dengan modal bangunan sendiri. Anda bisa kok mengontrak rumah lalu mengelolanya sedemikian rupa untuk dijadikan losmen.

Tapi ingat, untuk mendirikan usaha ini, sebagaimana usaha lain pada umumnya, diperlukan syarat yang harus dipenuhi.

Syarat Mendirikan Losmen

Secara umum, untuk mendirikan losmen, kita harus mengajukan permohonan surat izin usaha. Permohonan ini ditujukan kepada Kepala Daerah Tingkat I atau gubernur melalui Dinas Pariwisata. Saat pertama mengajukan permohonan, Anda harus memperoleh ISUP atau Izin Sementara Usaha Pariwisata terlebih dahulu. Nah, untuk mendirikan ISUP, berikut ini persyaratan yang harus Anda penuhi.

  1. Akta Pendirian Perusahaan sekiranya usaha penginapan ini diselenggarakan Badan Hukum
  2. Apabila usaha diselenggarakan oleh perorangan maka syaratnya adalah membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  3. Fotokopi surat kepemilikan tanah
  4. Advice Planning (AP) dari Dinas Tata Kota di daerah terkait
  5. Surat pernyataan dari RT/RW/Lurah/Camat setempat mengenai warga yang tidak keberatan atas pendirian losmen
  6. Losmen tidak berdekatan dengan gedung publik seperti tempat peribadatan atau tempat pendidikan
  7. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  8. Pas foto ukuran ukuran 4 x 6 cm

Nah, setelah mendapatkan ISUP, Anda bisa mengajukan ITUP atau Izin Tetap Usaha Pariwisata. Untuk mendapatkan ITUP, syarat mendirikan losmen yang harus dipenuhi antara lain:

  1. IMB atau Izin Mendirikan Bangunan
  2. Izin Undang-Undang Gangguan
  3. Surat Keterangan Domisili Perusahaan. Surat keterangan didapat dari aparat kelurahan yang diketahui oleh Camat setempat
  4. ISUP (Izin Sementara Usaha Pariwisata) yang sudah didapatkan sebelumnya

Bagaimana bila Anda sekadar ingin mendaftar ulang usaha Anda? Bila keperluan Anda adalah pendaftaran ulang, maka syarat yang harus disediakan adalah:

alterntif text
  1. Fotokopi Izin Usaha yang akan didaftarkan ulang
  2. Fotokopi Izin Undang-Undang Gangguan (UUG) yang masih berlaku
  3. Bukti pelunasan Pajak Pembangunan dan Pajak Bumi dan Bangunan

Bagaimana? Secara umum, syarat mendirikan losmen tidak sulit dipenuhi. Nah, dengan memenuhi syarat-syarat di atas, Anda pun bisa memulai dan mengembangkan usaha Anda lebih lanjut.

Tak Sekadar Syarat Mendirikan Losmen, Kiat ini juga Perlu!

Losmen yang didirikan menurut peraturan yang sah dari pemerintah jelas lebih baik dari losmen yang didirikan asal-asalan tanpa dipenuhi persyaratannya secara legal formal. Tapi ingat, sekadar melengkapi syarat-syarat di atas saja jelas tidak diperlukan. Anda juga perlu berusaha lebih jauh dengan mengenalkan losmen tersebut supaya pundi-pundi keuntungan yang Anda dapatkan semakin besar.

Hal-hal yang bisa dilakukan antara lain adalah:

  1. Promosi secara online. Promosi online di era digital seperti sekarang ini sangat vital dilakukan.
  2. Penjagaan kualitas layanan di losmen.
  3. Selalu ramah terhadap pengunjung yang datang.
  4. Selalu bersikap akomodatif.
  5. Memasang harga yang masuk akal dan sesuai dengan pangsa pasar Anda.
  6. Selalu menjaga kebersihan.
  7. Menjaga kerapihan dan kenyamanan lingkungan dalam losmen.

Jaga Juga Losmen dari Serangan Hama

Selain kiat-kiat di atas, hal lain yang tak bisa diabaikan adalah masalah hama. Meski kesannya sepele, tapi hama bisa mengancam usaha Anda.

  1. Hama bisa mengganggu pengunjung. Apalagi hama serangga seperti kecoa dan rayap.
  2. Hama bisa merusak bangunan losmen. Misalnya rayap dan kumbang bubuk yang merusak mebel dan rangka kayu bangunan

Tapi jangan khawatir. Sebab untuk mengatasi serangan hama tersebut, Anda bisa mengandalkan insektisida, BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide adalah insektisida berbasis air dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Insektisida ini sangat efektif, murah, lebih eco friendly, lebih hemat, dan tidak menyebabkan karat. Insektisida ini juga sudah banyak diandalkan pelaku usaha restaurant, kafe, hotel, dan sejenisnya.

Mau Beli BioCide? Begini Cara Beli BioCide Insecticide

BIOCIDE INSECTICIDE

Yuk, segera beli BioCide Insecticide! Bagi Anda yang berada di area sekitar Yogyakarta, Cirebon, dan juga Jepara, Anda bisa langsung membeli di Bio Service Point. Namun bagi Anda yang berada jauh dari ketiga tempat tersebut, Anda bisa memilih opsi untuk pemesanan secara daring. Pembelian secara online mengikuti tahapan sebagai berikut.

  1. Pengiriman data pemesanan yang dibutuhkan mulai dari nama Anda, alamat kirim, sampai ongkos kirim. Diskusikan hal-hal lainnya dengan Customer Service kami.
  2. Pembayaran sesuai dengan keterangan yang diberikan CS. Ongkos yang harus dibayar meliputi harga BioCide Insecticide dan biaya kirim.
  3. Pengiriman bukti pembayaran pada kami.
  4. Tunggu Customer Service kami memroses pesanan Anda.
  5. Setelah pesanan Anda diproses, CS kami akan mengirimkan nomor resi pengiriman.
  6. Silahkan tunggu prouduk sampai di alamat yang Anda inginkan.
  7. Kami akan turut memantau status pengiriman Anda.

Bagaimana dengan membeli di online shop seperti Tokopedia dan Bukalapak? Tentu saja bisa. Anda bisa membeli produk kami di toko daring tersebut. Prosedur pembeliannya tentu mengikuti prosedur yang diterapkan oleh tiap marketplace. Opsi pembelian ini pun memang sengaja kami adakan mengingat banyak pelanggan yang terbiasa belanja di marketplace. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, beli BioCide Insecticide sekarang juga.

Kiranya, itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai syarat mendirikan losmen. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Lengkap! Ini Syarat Mendirikan Losmen
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!