Lebih Dekat dengan Kayu Rasamala bersama BioCide!

0
38

Indonesia adalah negeri dengan keragaman biodiversitas kedua tertinggi di seluruh dunia. Dan salah satu wujud dari beragamnya biodiversitas itu bisa kita dapati pada kayu rasamala.

Pengertian Tanaman Rasamala

Rasamala merupakan tanaman evergreen atau hijau sepanjang tahun yang bisa tumbuh hingga mencapai 50 meter. Namun kondisi tersebut hanya berlaku apabila rasamala ditanam di daerah tropis seperti Indonesia. Di daerah subtropics seperti China, tumbuhan ini hanya bisa mencapai tinggi 20 meter saja. Namun demikian, pohon ini tetap dianggap menarik. Sebab rasamala membentuk tajuk yang lebat dengan bentuk seperti piramida. Pohon juga akan membentuk sangat banyak cabang sehingga terlihat sangat menarik.

Rasamala dikenal sebagai tanaman penghasil kayu gelondongan. Selain itu, beberapa bagian dari tanaman ini juga sering dimanfaatkan untuk makanan hingga obat-obatan. Habitatnya sendiri cukup luas dan bisa tumbuh di berbagai ketinggian mulai dari 500 meter hingga 1.700 meter, meski kebanyakan hidup di ketinggian 1000 meter.

Sebaran dan Habitat

Tanaman ini banyak ditemukan di Asia Timur seperti China, Asia Tenggara seperti Indonesia, Myanmar, dan Malaysia, serta Asia selatan seperti India dan Bhutan.

Karakter Tanaman

Berikut ini beberapa ciri khas dan karakteristik tanaman rasamala.

  1. Merupakan tanaman hijau sepanjang tahun
  2. Tinggi beragam dari 20 hingga 50 meter.
  3. Polinator menggunakan angina
  4. Paling cocok hidup di daerah dengan suhu 20 hingga 32 derajat celcius, tapi menoleransi suhu 10 hingga 40 derajat celcius.
  5. Ideal tumbuh pada curah hujan 2000 hingga 3000 mm, tapi toleran pada daerah dengan curah hujan 1200 hingga 4000 mm.
  6. Butuh sinar langsung dari sinar matahari
  7. Cocok ditanam di tanah yang mudah kering, subur, dan dengan tekstur medium hingga berat.
  8. pH netral sedikit asam antara 5 hingga 6, namun toleran dengan tanah ber-pH 4,5 hingga 6,5.
  9. Apabila ditanam di daerah beriklim tropis, rasamala bisa menghasilkan bunga dan buah sepanjang tahun.

Kegunaan Medis Tanaman Rasamala

Secara tradisional masyarakat sering memanfaatkan tanaman ini untuk membuat obat-obatan. Misalnya resinnya yang digunakansebagai antiseptik dan stimulant. Resin ini dipakai untuk mengatasi masalah di tenggorokan, penyakit kulit seperti scabies dan leukoderma, penyakit colic, mengatasi testis yang mengalami inflamasi, dan lain sebagainya. Adapun, daunnya sering digunakan untuk mengobati batuk-batuk.

Cara Memperbanyak Tanaman Rasamala dari Bijinya

Tanaman ini bisa diperbanyak dari bijinya. Caranya:

  • Cari biji yang sudah matang
  • Rendam di air dingin selama 24 jam
  • Tanam di media campuran pasir dan tanah dengan perbandingan 1 : 1
  • Tunggu terjadinya germinasi atau kemunculan tunas kira-kira 10 hari setelah biji ditanam
  • Setelah sebulan, tunas bisa dipindahkan ke plastic bag dengan media yang kaya hara yang dibutuhkan oleh tanaman.

Bagaimana Kualitas Kayu Rasamala?

Di atas telah dibahas beberapa hal yang krusial mengenai tanaman rasamala. Lantas bagaimana dengan kayunya? Sebagai penghasil timber, pengetahuan mengenai karakter kayu ini tentu sangat penting. Dengan mengenal karakter kayu pohon rasamala, kita bisa menentukan kegunaan dari kayu itu.

  1. Kayu teras memiliki warna coklat hingga merah. Kayu teras adalah kayu di lingkar dalam batang pohon. Sedangkan kayu gubal atau sapwood memiliki warna yang berbeda yang lebih terang.
  2. Densitas kayu 0,6 hingga 0,85 g/cm3.
  3. Terdapat banyak kandungan tracheid serta serat dalam kayu ini. Kepadatan serat cukup tinggi. Rerata panjang serat antara 1100 hingga 2700 ┬Ám. Serat terdapat di dinding kayu radial maupun tangensial.
  4. Mampu menghasilkan kayu yang panjang dengan jumlah percabangan yang sedikit.
  5. Kekuatan yang baik
kayu rasamala
Source phytoimages.siu.edu

Manfaat Kayu Rasamala

Sebagaimana disebut di atas, pohon rsamala menghasilkan kayu yang panjang dengan jumlah percabangan yang sedikit. Kayunya juga cukup kuat dan awet. Karena itulah kayu ini banyak dipakai dalam berbagai bidang kehidupan manusia.

  1. Rasamala sering digunakan untuk rangka pada jembatan, tiang, hingga rangka bangunan
  2. Digunakan untuk tiang listrik dan transmisi, termasuk juga tiang listrik
  3. Digunakan di bidang transportasi sebagai kayu bantalan kereta api
  4. Digunakan pada pembuatan berbagai moda transportasi seperti kereta dan kapal
  5. Digunakan untuk membuat elemen bangunan seperti lantai dan pintu
  6. Digunakan untuk membuat kayu olahan seperti veneer dan juga kayu lapis
  7. Digunakan untuk membuat berbagai jenis kerajinan
  8. Digunakan untuk membuat berbagai furniture
  9. Digunakan untuk membuat pulp atau bubur kertas

Kayu Rasamala Tetap Perlu Diawetkan

Secara umum, bisa dikatakan bahwa kayu rasamala adalah kayu dengan kualitas yang baik. Tak mengherankan kayu ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari pembuatan furniture sampai bantalan rel kereta api. Tapi tetap saja, agar keawetan dan kekuatan kayu ini terjaga, treatment pengawetan wajib dilakukan.

Dan untuk aplikasi treatment pengawetan terbaik, kami menyediakan BioCide Insecticide untuk Anda. Tahukah Anda apa itu BioCide Insecticide?
BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Insektisida ini secara khusus dibuat sebagai pengawet kayu. Penggunaannya dengan cara diresapkan ke dalam substrat kayu.

  1. Produsen kayu bisa mengoleskan insektisida ini pasca kayu rasamala ditebang untuk mencegang serangan kumbang bubuk. Produsen juga bisa mengawetkan rasamala yang sudah dipotong dengan merendamnya di dalam larutan BioCide. Dengan cara ini, rasamala akan awet selama perjalanan dan penyimpanan tanpa dirusak oleh rayap ataupun oleh kumbang bubuk.
  2. Pelaku usaha seperti pembuat furniture dan kerajinan bisa menggunakan obat ini dengan cara mengoleskannya ke kayu yang akan diolah. Jadi, produk kayu akan semakin awet.

Dari segi harga, produk ini juga sangat terjangkau. Pun demikian dari segi keamanan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan insektisida lainnya. Karena itu, jangan ragu untk sekarang juga membeli BioCide Insecticide.

BIOCIDE INSECTICIDE untuk kayu rasamala

Pembelian BioCide Insecticide dapat dilakukan dengan sangat mudah. Anda hanya perlu mengunjungikami di Bio Service Point yang berlokasi di Jepara, Cirebon, dan Yogyakarta. Atau, bila Anda ingin membeli secara online, Anda bisa menghubungi kami via kontak Customer Service yang tercantum di website ini. CS kami akan memandu Anda memesan produk ini dengan ramah dan professional. Anda juga bisa menanyakan berbagai informasi lainnya dengan CS kami.

Bagaimana? Menarik, bukan? Kayu rasamala seperti telah diterangkan di atas memang kayu dengan kualitas yang sangat baik. Tapi bukan berarti kayu ini tak perlu ditingkatkan kualitasnya. Bagaimanapun juga, rasamala harus diawetkan supaya lebih tahan terhadap hama. Jadi ketika dipakai sebagai kayu bantalan rel atau kayu garden furniture, kerusakan tidak akan terjadi. Dan tentu saja untuk membuat rasamala lebih awet, Anda membutuhkan insektisida kami BioCide Insecticide. Jadi, segera beli insektisida ini sekarang juga!

Semoga bermanfaat!

SHARE

Leave a Reply