Tips Dasar Pengawetan Kayu dan Bambu Agar Penggunaan Obat Lebih Maksimal

Secara umum, pengawetan kayu dan bambu atau lainnya langsung menggunakan bahan kimia khusus. Namun, tidak akan maksimal tanpa tahu teknik dasarnya dahulu.

pengawetan kayu dan bambuMengawetkan kayu, bambu, rotan, serat alam, dll sangat penting dilakukan demi menjaga kualitas. Proses tersebut biasanya dilakukan dari kayu masih glondongan (log) hingga pada tahap finishing menggunakan bahan pengawet kayu. Langkah tersebut ternyata bukanlah satu-satunya karena masih ada proses sebelumnya yang menjadi dasar dalam tahap pengawetan kayu dan bambu atau material lainnya.

Langkah dasar tersebut dilakukan pada saat proses penebangan dengan mengikuti 3 aturan yang berlaku. Industri pengolahan kayu yang akan menebang pohon harus memperhatikan syarat  usia pohon, masa tebang, dan teknik penebangannya. Kayu telah memenuhi syarat memiliki kualitas bahan baku yang kokoh. Selain itu, material furniture dan bangunan tersebut tidak rentan serangan serangga dan jamur.

Pentingnya Mematuhi Aturan Penebangan Pohon Demi Kayu Bebas Serangga

kumbang perusakJamur dan serangga adalah musuh utama kayu dan material lainnya. Namun, serangan serangga lebih ekstrim dibandingkan dengan jamur. Serangan mikroba biasanya hanya memilih jenis kayu atau bambu yang memiliki tingkat kelembaban tinggi. Sedangkan serangga, menyukai semua kondisi kayu baik basah maupun kering. Oleh karena itu, pengawetan kayu dan bambu dari ancaman serangga harus dilakukan dengan benar.

Ada berbagai jenis serangga yang gemar merusak kayu. Rayap, kumbang bubuk, thothor, kecoa, dll adalah beberapa contoh yang sering ditemui pada kasus kerusakan kayu. Serangga-serangga tersebut sebenarnya tidak bermaksud merusak melainkan hanya mencari sumber makanan dan tempat tinggal. Kerusakan tersebut hanyalah dampak dari pergerakan daur hidup mereka.

Pergerakan daur hidup serangga dimulai sejak fase telur. Serangga menyisipkan telur ke dalam kayu dan tinggal sampai berubah menjadi kumbang. Dalam masa peralihan telur menjadi kumbang terdapat fase larva dimana fase inilah yang menyebabkan kerusakan. Larva mencari nutrisi atau makanan dengan cara merusak jaringan kayu dimana kerusakannya tidak bisa dilihat dari luar.

bambu seranggaPenanganan serangga perusak kayu harus dilakukan sejak dini. Hal ini harus dilakukan sesaat setelah pohon ditebang dengan menggunakan obat anti serangga. Akan tetapi, langkah ini belum tentu berkerja secara maksimal jika proses penebangannya tidak tepat. Kayu yang tidak memenui syarat usia artinya masih muda sehingga kayu ini masih memiliki nutrisi makanan yang sangat tinggi. Kandungan nutrisi tertinggi dalam terjadi pada musim penghujan. Jadi, waktu penebangan yang tepat ialah pada akhir musim kemarau.

Setelah ditebang dan tumbang, nutrisi dalam kayu masih ada. Teknik penebangan yang tepat ialah dengan mengupas lapisan kayu atau kambium pada bagian pokok batang. Hal ini akan memutuskan proses pengiriman nutrisi dari akar ke batang. Dengan demikian, nutrisi dalam kayu tidak bertambah. Sementara itu, cadangan nutrisi akan habis dalam proses metabolisme pohon selama bertahan hidup. Itulah pentingnya mematuhi peraturan penebangan dalam proses pengawetan kayu dan bambu.

Penanganan Serangga Perusak Kayu dengan BioCide Insecticide

jual obat antiserangga kayu balsaAturan penebangan pohon di atas sifatnya untuk mengurangi kandungan nutrisi kayu. Namun selama masa bertahan hidup, kayu masih rentan akan serangan serangga. Oleh karena itu, ddiperlukan langkah selanjutnya menggunakan obat anti serangga. BioCide Insecticide merupakan salah satu produk yang dapat digunakan. Bahan pengawet kayu ini mengandung Permethrine 125 Ec dan dapat digunakan untuk berbagai media.

Teknik aplikasi produk ini  dapat dilakukan dengan sistem vakum tekan, perendaman, kuas, dan spray. Menggabungkan langkah dasar pengawetan kayu dan bambu serta BioCide Insecticide akan menghasilkan kualitas material yang unggul. Obat anti serangga ini memiliki keefektifan sampai 2 tahun dan relative lebih ramah lingkungan. Produk ini memiliki kemasan 100 gram/ botol dengan harga Rp. 100.000,-. Dapatkan bahan pengawet kayu ini di Bio Industries jl Sidikan no 94 Sorosutan Yogyakarta 55162. Pemesanan online dapat menghubungi WA: 082 167 600 693.

Leave a Comment