Daunnya di Bendera Kanada, Yuk Kenali Karakteristik Kayu Maple

Tahukah Anda apa nama daun yang dipakai pada bendera Kanada? Ya, benar, daun itu adalah daun dari pohon maple. Dan di kesempatan ini, antiserangga.com akan mengulas mengenai pohon serta karakteristik kayu maple.

Pohon maple sendiri adalah pohon yang berasal dari genus Acer. Pada genus ini, terdapat beberapa jenis tanaman yang tergolong pohon dan perdu. Hingga saat ini, dikenal 128 spesies tanaman Acer, dengan mayoritasnya berasal dari Asia bagian utara. Selain itu, acer juga dikenal sebagai tanaman asli di Eropa, Afrika Utara, dan Amerika utara.

Hanya satu tanaman Acer yang ditemukan di belahan bumi selatan, yakni Acer laurinum. Selebihnya merupakan tanaman yang berhabitat di daerah subtropics.

Meskipun tak sedikit genus Acer yang merupakan perdu, namun kebanyakan sebenarnya merupakan tanaman pohon dengan tinggia rerata antara 10 hingga 45 meter. Sistem perakarannya umumnya sangat padat dan kadang bahkan ada yang memunculkan tunas akar.

Tananan maple memiliki daun yang letaknya berseberangan. Namun tiap spesies seringkali ditemukan memiliki peletakan daun yang berbeda-beda.

Adapun bunga tanaman ini umumnya berwarna hijau, jingga, kuning, atau merah. Bunga-bunga tersebut umumnya tumbuh dengan ukuran yang kecil saja. Namun ketika sedang masa berbunga, pohon maple akan terlihat begitu indah dengan bebungaan tersebut. Bunga ini sendiri secara ekologis bisa menghasilkan polen dan juga nectar yang begitu disukai beberapa jenis lebah.

Setelah terjadi pembuahan, bunga akan gugur untuk kemudian muncul embrio yang berkembang dalam bentuk buah. Biasanya buah maple dinamai sebagai helicopter, kunci mapple, whirlybirds, hingga polynoses. Penamaan tersebut merujuk pada struktur buahnya yang memang unik.

alterntif text

Buah mapel memiliki biji yang tertutup dan terkait dengan struktur semacam sayap. Ketika tertitup angin, biji-biji itu akan terbang untuk kemudian tumbuh di tanah yang baru.

kayu maple

Pohon maple telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di sekitarnya. Di Kanada, mapple diolah menjadi sirup hingga campuran anggur. Namun selain untuk dikonsumsi, bagian lain yang juga begitu bermanfaat pada tanaman ini adalah kayunya. Dan di bawah ini akan dijelaskan mengenai ciri-ciri kayu dari genus Acer tersebut.

Karakteristik Kayu Maple

  1. Sebutan umum: Hard maple, sugar maple, rock maple
  2. Nama ilmiah: Acer saccharum
  3. Persebaran tanaman: Amerika bagian utara
  4. Ukuran pohon: tinggi 25 hingga 35 meter, dan diameter batang 0,6 hingga 1 meter
  5. Berat kering rerata: 705 kg/m3
  6. Specific Gravity dengan MC 12%: 0,71
  7. Hasil tes Janka Hardness: 16,450 N
  8. Modulus Rupture: 109.0 MPa
  9. Elastic Modulus: 12.62 GPa
  10. Kembang susut: Radial: 4.8%, Tangensial: 9.9%,

Berdasarkan tampilannya, bisa dilihat bahwa kayu ini memiliki gubal dengan warna hampir putih dengan aksen keemasan atau kemerahan. Adapun bagian terasnya (heartwood) berwarna lebih gelap dengan warna coklat kemerahan. Pola seratnya sendiri umumnya lurus, dengan tekstur yang halus.

Dari segi ketahanan, kayu maple adalah kayu yang agak kurang durable. Serangan yang paling mengancam kayu ini adalah serangan hama serangga baik itu rayap, totor, ataupun semut.

Kayu yang tidak memiliki bau menyengat ini, bagaimanapun juga dikenal sebagai kayu yang mudah diolah baik secaa manual atau dengan mesin. Namun, pengolahan dengan mesin harus lebih hati-hati karena kadang-kadang terjadi kebakaran. Misalnya saja kasus-kasus kebakaran pada kayu ini saaat diproses dengan mesin router.

Pengerjaan yang lain, seperti aplikasi lem dan cat umumnya cukup mudah diterapkan. Meski kadang-kadang warna tidak merata, sehingga perlu bahan prakondisi dulu.

Penggunaan Kayu Maple

Yang unik dari maple adalah penggunaan kayu bagian gubalnya yang lebih sering dibanding kayu di bagian teras. Kayu-kayu itu sendiri pada akhirnya akan digunakan untuk material lantai (khususnya lantai lapangan basket dan tari), veneer, kertas, alat musik, talenan, aneka jenis furniture, dan beberapa jenis kerajinan.

Lindungi Maple dengan BioCide Insecticide

Kayu maple pada akhirnya tetap perlu dilindungi dari serangan berbagai hama. Anda yang berminat mengimpor veneer maple pun semestinya tetap melakukan treatment yang sederhana namun ampuh.

Dan untuk kebutuhan tersebut, kami merekomendasikan BioCide Insecticide. Berbahan aktif cypermethrin, BioCide Insecticide sangat efektif digunakan. Produk ini bukan hanya bisa bekerja dengan efektif namun juga efisien dan lebih aman digunakan.

Di pasaran, memang ada insektisida pengawetan kayu meskipun jumlahnya terbatas. Namun produk terbaik yang bisa digunakan adalah BioCide Insecticide.

Produk ini juga bisa diaplikasikan dengan cara sederhana. Pada kayu solid, Anda bisa merendamnya dalam cairan BioCide. Sedangkan untuk veneer dan kayu olahan lain, Anda tinggal mengoleskannya saja dengan kuas sebelum kayu difinish.

biocide

Agar lebih jelas, silahkan simak keunggulan BioCide Insecticide sebagai pengawet untuk kayu maple.

7 Keunggulan BioCide Insecticide

  1. Produk ini unggul menurut efektivitasnya karena bisa dengan ampuh menyerang sistem organ pada serangga, khususnya yang merusak kayu.
  2. Penggunaan yang sangat efisien sebab efektivitasnya yang tinggi dan konsentrasinya yang juga tinggi
  3. Hemat digunakan dan harganya juga terjangkau dibandingkan dengan kualitasnya
  4. Tidak menyebabkan kayu jadi sulit dicat atau memiliki bau tak enak seperti oil based insecticide
  5. Pada veneer, cukup dioleskan saja menggunakan kuas dan perlindungannya sudah sangat baik
  6. Perlindungan yang bersifat jangka panjang
  7. Merupakan insektisida yang formulasinya mengikuti standar keamanan Uni Eropa sehingga cocok untuk mendukung pelaku usaha woodworking yang eco friendly atau berorientasi ekspor.

Segera Beli BioCide Insecticide

Tunggu apa lagi? Mari dapatkan BioCide Insecticide segera. Pembelian produk ini bisa dilakukan dengan mudah lho. Anda bisa membelinya dengan memesan ke Customer Care kami. Atau, Anda juga bisa membeli dengan mengunjungi kami di Bio Service Point. Silahkan beli dengan metode yang paling cocok. Apapun cara belinya, BioCide selalu hadir dengan kualitas terbaik.

Simpulan

  1. Maple pastilah bukan asing di telinga banyak orang. Sebab daun tanaman ini digunakan sebagai simbol bendera Kanada. Negeri di Amerika Utara itupun banyak menggunakan maple untuk suvernir khas negaranya, mulai dari bahan sirup sampai pola untuk syal.
  2. Selain memiliki impak yang signifikan secara kultural, pohon ini pun memiliki manfaat yang lebih beragam.
  3. Salah satunya adalah kayu maple. Kayu dari pohon yang identic dengan negara Kanada itu memiliki beragam fungsi. Anda bisa menggunakannya untuk membuat lantai, mebel, hingga dinding bangunan.
  4. Pemanfaatan tersebut didukung oleh karakteristik kayu ini yang secara umum memang baik. Kekuatan dan ketahanannya memenuhi syarat sebagai kayu komersiil.
  5. Namun, perlindungan terhadap anti serangga jelas harus tetap dilakukan. Dan bagi Anda yang suka mengimpor veneer maple, sebaiknya sediakanlah BioCide Insecticide. BioCide Insecticide bisa melindungi kayu dari serangan rayap, teter, hingga semut pengebor kayu.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya. Terus ikuti dan dapatkan berbagai informasi menarik yang lain di antiserangga.com.

Daunnya di Bendera Kanada, Yuk Kenali Karakteristik Kayu Maple

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply