Beli Furniture Plastik? Tetap Sedia Antihama!

0
113

Apakah furniture plastik recommended untuk dibeli? Simak penjelasannya di bawah ini. Kami juga akan membagikan tips mengatasi gangguan pada mebel tersebut.

Furniture atau biasa disebut mebel merupakan salah satu perabot yang hampir selalu dibutuhkan manusia. Dari zaman dulu kala sampai saat ini, kita menggunakan mebel untuk berbagai kebutuhan. Kita memanfaatkan meja untuk belajar dan makan, kursi untuk duduk, ranjang untuk tidur, dan lain sebagainya. Pemakaian mebel yang begitu meluas ini membuat produk itu pun berevolusi dengan mengejutkan. Salah satunya bisa dilihat dari material yang digunakan. Bila dulu mebel hampir selalu terbuat dari kayu, kini kita bisa menemukan mebel dari beragam bahan yang lain. Misalnya saja yang paling baru adalah mebel dari bahan plastik.

Furniture Plastik sebagai Inovasi Baru

Mebel plastik sebagaimana namanya adalah mebel yang terbuat dari bahan plastik. Jenis plastik sendiri sangat beragam, bukan sekedar kantong plastik yang biasa kita kenal.

Penggunaan plastik untuk bahan baku mebel sendiri memiliki kelebihan maupun kekurangan. Berikut ini keunggulan dan kekurangan mebel plastik tersebut.

Kelebihan

  1. Memiliki tampilan khas yang memungkinkan adanya motif dan gambar yang menarik dan biasanya disukai anak kecil
  2. Resisten air dan juga minyak
  3. Memiliki bobot yang ringan sehingga mudah dipindahkan
  4. Tidak dimakan hama baik itu rayap, kumbang bubuk, ataupun jamur
  5. Harga produk yang pada umumnya lebih murah

Kekurangan

  1. Meski menarik, tapi dari eleganitasnya, furniture plastik tetap kalah dibandingkan dengan furniture yang terbuat dari kayu
  2. Kurang kokoh
  3. Tidak bisa atau lebih sulit dicat atau difinishing ulang
  4. Ketika ada komponen yang rusak akan sangat sulit disambungkan dan diperbaiki
  5. Secara umum kurang ramah lingkungan

Dengan kelebihan dan kekurangan yang ditawarkannya ini, furniture plastik menyediakan alternatif untuk pangsa pasar tertentu. Misalnya bagi anak-anak yang ingin memiliki mebel gambar kartun dan juga bagi mereka yang sedang ingin berhemat.

lemari plastik

Sedangkan bagi yang lain, barangkali mebel plastik tak begitu disukai. Hal ini karena bahan plastik cenderung tidak bisa memberikan tampilan sebaik kayu dan bahan alami yang lain. Mereka yang memedulikan lingkungan juga seringkali kurang suka dengan furniture plastik sebab dianggap tidak eco friendly.

Berbeda-beda Kualitasnya

Namun yang perlu diketahui, furniture dengan bahan plastik secara umum memiliki grade atau kualitas yang berbeda-beda. Ada bahan plastik yang murah, namun ada juga bahan plastik yang sangat mahal. Dengan demikian tampilan dan juga karakter bahan ini pun bisa begitu berlainan satu sama lain. Bukan tidak mungkin, bahan plastik yang mahal bisa memberikan kesan yang justru jauh lebih mewah dibandingkan dengan bahan kayu.

Mebel Plastik Tidak Dimakan Hama tapi…

Di antara berbagai keunggulan furniture plastik, sebagaimana disebutkan di atas, adalah sifatnya yang lebih aman dari hama bila dibandingkan dengan jenis mebel lainnya. Namun demikian, bukan berarti Anda tak akan mendapatkan gangguan hama sama sekali. Kehadiran hama masih sangat bisa ditemukan lho.

kecoa
cockroach in bathroom

Coba bayangkan, bila Anda memiliki almari plastik yang diletakkan di tempat yang lembab. Beberapa bagian almari bisa menjadi lembab karenanya. Pada mebel kayu, kelembaban yang tak banyak bisa diserap oleh substrat kayu. Sedangkan pada plastik tidak. Akibatnya, air tetap akan berada di almari dan kemudian merusak benda-benda yang diletakkan di sekitarnya. Hal ini akan memicu kerusakan lebih parah, berupa:

  1. Tumbuhnya jamur
  2. Kerusakan pada benda baik secara estetika ataupun fungsional
  3. Munculnya kecoa, semut, dan serangga-serangga yang lain

Jadi, jangan pernah berpikir bahwa ketika Anda menggunakan furnitute plastik, Anda bisa lepas dari masalah hama begitu saja. Kehadiran hama dan kerusakan yang ditimbulkannya tetap bisa ditemukan pada mebel seperti ini sekalipun.

Tips Furniture Plastik Bebas Hama

Nah, bagi Anda yang ingin mencegah sekaligus mengatasi kehadiran hama pada mebel plastik, yuk simak tips di bawah ini selengkapnya.

Satu, Jaga Kelembaban Bagian Dalam Mebel

Pertama, selalu jaga kondisi bagian dalam furniture terutama kelembabannya. Seperti dijelaskan di atas, kondisi bagian dalam mebel yang lembab bisa memancing kehadiran kecoa, jamur, dan juga berbagai hama lainnya.

Dua, Sedia Antiserangga dan Antijamur BioCide untuk Furniture Plastik Anda

Kedua, sebaiknya Anda selalu sedia antiserangga dan antijamur. Produk seperti ini nantinya juga bisa digunakan untuk mencegah hama pada mebel dari bahan kayu, bambu, dan lainnya. Pilih antihama yang bagus seperti BioCide. Terdapat 2 produk BioCide yang bisa Anda gunakan:

  1. BioCide SFP adalah fungisida yang bisa dipakai untuk membasmi jamur pada permukaan mebel. Misalnya, Anda menemukan mebel berjamur putih, maka Anda bisa menggunakan BioCide SFP untuk menghilangkannya.
  2. BioCide Insecticide adalah antiserangga atau insektisida yang bisa digunakan untuk membasmi hama insekta. Misalnya, Anda menemukan pojokan mebel yang dijadikan sarang kecoa dan semut. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan BioCide Insecticide.

Kami juga sedia produk BioCide lho. Hubung Customer Service kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut mengenai produk BioCide yang kami sediakan.

Tiga, Bersihkan secara Rutin

Berikutnya yang tak kalah penting adalah melakukan pembersihan pada furniture plastik Anda. Apalagi bila mebel tersebut dipakai sebagai tempat penyimpanan. Misalnya untuk menyimpan bahan makanan dan juga untuk menyimpan peralatan rumah tangga. Lakukan pembersihan secara harian, kemudian lengkapi dengan pembersihan yang lebih menyeluruh dan intens per minggunya. Jangan lupa, bersihkan juga noda minyak pada mebel tersebut.

Empat, Kondisikan Bahan yang Akan Disimpan

Bahan yang Anda letakkan pada mebel akan berpengaruh terhadap kondisi mebel tersebut secara keseluruhan. Hal ini pun berlaku pada mebel plastik. Contohnya saja, bila Anda memiliki lemari plastik untuk menyimpan bahan makanan. Alangkah lebih baiknya apabila Anda membersihkan dan mengeringkan bahan makanan itu sebelum disimpan ke dalam lemari. Jangan malah menyimpan bahan makanan dalam kondisi basah. Nah, bila dikhawatirkan ada cairan yang timbul, Anda bisa menggunakan alas dari kertas. Dengan cara ini, kondisi furniture plastik akan jauh lebih terjaga.

Lima, Tempatkan Furniture Plastik di Tempat Ideal

Kelima, jangan lupa untuk menempatkan mebel plastik di tempat yang ideal. Lokasikan perabot tersebut di tempat yang tak lembab, tak langsung terpapar sinar matahari, dan juga tidak panas. Selain agar kondisi mebel lebih bersih dan kering, hal ini juga bisa membantu Anda membuat mebel plastik menjadi lebih awet. Sebab, seperti yang diketahui, bahan plastik bisa mengelupas atau memudar warnanya bila terpapar sinar matahari terus-menerus ataupun diletakkan di kondisi yang lembab.

Nah, demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai tips mencegah hama pada furniture plastik. Semoga bermanfaat, ya! Jangan lupa sediakan BioCide dan terus ikuti berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com.

SHARE

Leave a Reply