Ini Dia Kayu Sungkai, Alternatif Kayu Harga Murah

Menjadi salah satu komoditas di  Indonesia, nama kayu sungkai sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Tapi sudahkah Anda mengenal kayu ini dengan baik? Di artikel ini, antiserangga akan mengupas tuntas mengenai kayu ini.

Sebagai salah satu negara dengan biodiversitas sangat tinggi, Indonesia memiliki suplai kayu yag sangat beragam. Kalau Amerika begitu tergila-gila dengan kayu mahoni, negara kita menyukai jati sebagai kayu unggulannya. Selain jati, beberapa jenis kayu lainnya pun kerap digunakan. Misalnya saja kayu sungkai.

Jenis kayu ini sangat sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan mulai dari pembuatan furniture, craft atau kerajinan, hingga vinir. Tak jarang pula sungkai dimanfaatkan untuk konstruksi bangunan seperti rangka atap. Dipilihnya sungkai bukan tanpa alasan. Secara umum karakteristik dari kayu ini memiliki performa yang bagus dengan banyak aspek yang disukai pekerja. Misalnya terkait dengan proses pengerjaannya yang mudah sehingga jalannya produksi lebih lancar. Kelancara proses produksi ini akan berimbas sangat positif pada banyak hal, misalnya:

  • Penghematan pada tenaga, biaya, dan juga waktu produksi
  • Jumlah produk yang bisa dibuat lebih banyak dengan waktu yang sama
  • Meminimalisir terjadinya kesalahan karena kayu mudah dikerjakan

Meskipun begitu, performa sungkai masih kalah dibanding jenis kayu unggulan seperti kayu jati. Misalnya saja dalam aspek wood strength atau kekuatannya.

Sungkai termasuk dalam kelas kekuatan II. Adapun jati merupakan kayu dalam kelas kuat I sebagaimana eboni (iron wood). Kekurangan ini berimbas pada terbatasnya penggunaan sungkai untuk kebutuhan yang membutuhkan tingkat kekuatan yang tinggi. Nah, selain dari kekuatannya, kayu ini juga ternyata terlau keras bagi para pekerja.

Agar lebih jelas mengenal sungkai, silahkan simak karakteristiknya di bawah ini.

Ciri-ciri Kayu Sungkai

Sungkai memiliki warna keputihan pada bagian gubalnya dan sedikit lebih gelap pada bagian terasnya. Secara umum, perbedaan daerah gubal dan teras tidak begitu mencolok. Tekstur kayunya sendiri agak kasar dengan kesan raba permukaan kayu yang kesat. Jadi tidak begitu licin.

Arah serat kayu biasanya lurus dengan gelombang yang muncul kadang-kadang. Sebagaimana disebut di atas, tingkat kekuatannya termasuk dalam kelas II. Sedangkan tingkat keawetannya termasuk dalam kayu kelas III. Daya retaknya tinggi karena merupakan kayu yang keras namun dengan sifat pengerjaan (misalnya pemotongan) yang masih cukup mudah dilakukan.

Harga Murah Jadi Unggulan

Dengan kualitasnya yang secara umum di bawah kayu jati, sungkai bukanlah opsi utama yang dicari orang ketika hendak memilih bahan baku mebel dan konstruksi. Penggunaannya pun lebih ditargetkan untuk menyasar pasar yang mencari alternative selain kayu jati yang difavoritkan. Namun bukan berarti kayu sungkai tidak menawarkan sesuatu yang lebih baik dibanding jati.

Sebagai bahan baku alternatif, sungkai ditawarkan dengan harga yang lebih murah. Ketersediaannya pun lebih terjamin dibanding jati yang mengelami over-demand (jumlah permintaan yang jauh lebih tinggi dari suply). Pemanfaatan kayu ini akan meminimalisir biaya produksi dan meningkatkan kelancarannya karena suplai yang lebih baik. Tak mengherankan permintaan sungkai justru terus meningkat dari waktu ke waktu.

Pentingnya Treatment Pengawetan Kayu Sungkai

Kami di Bio Industries jelas mendukung upaya pemanfaatan sungkai dalam industri woodworking. Kami menilai, semakin banyak ragam kayu yang digunakan, industri woodworking juga akan menjadi lebih sehat. Tidak akan ada kayu yang permintaannya terlalu tinggi seperti jati, dan tidak ada kayu yang namanya dilupakan hanya karena dianggap kurang berkualitas.

Tapi ingat, untuk memanfaatkan kayu ini, tentu saja kita perlu cermat dalam mengenal karakternya. Misalnya, dengan cara mengenal serta mengatasi kelemahan kayu sungkai.

Kelemahan dari segi Kekuatan

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kekurangan sungkai dari segi kekuatannya. Misalnya:

  1. Memilih kayu yang benar-benar sudah tua
  2. Menggunakan sungkai untuk kebutuhan yang tepat sesuai tingkat kekuatannya

Produsen kayu sungkai juga bisa melakukan upaya untuk meningkatkan mutu kayu pohonnya. Misalnya saja dengan menerapkan seleksi untuk mencari anakan sungkai yang lebih baik dan menanam kayu ini dengan perawatan maksimal. Usaha seperti ini memang sangat diperlukan sebab mutu kayu memang terkait langsung dengan industri yang memproduksinya. Bagi pelaku usaha woodworking yang mengolahnya sendiri, seleksi hanya bisa dilakukan dari kayu yang sudah tersedia.

Kelemahan dari segi Keawetan

Salah satu kelemahan utama lain dari kayu ini adalah keawetannya. Ingat, sungkai termasuk dalam kelas keawetan III. Artinya kayu ini rentan rusak dan sangat tidak dianjurkan untuk diletakkan pada kondisi outdoor. Malah, pada kondisi indoor pun, mebel berbahan sungkai sebaiknya tidak diletakkan di lokasi yang intensitas cahaya mataharinya tinggi.

Tingkat keawetan sendiri biasanya mencakup ketahanan kayu pada berbagai faktor. Salah satu faktor paling krusial yang menentukan usia guna kayu adalah ketahanannya terhadap serangga.

Seperti yang selama ini kita ketahui, kayu merupakan bahan organik yang biasa dijadikan:

  1. Makanan oleh berbagai hama seperti rayap dan totor (kumbang bubuk)
  2. Sarang oleh berbagai serangga seperti rayap, semut, kecoa, totor, hingga kutu (bugs).

Data dari pemerintah menyebutkan bahwa kebanyakan kayu Indonesia memiliki kelemahan dari serangan hama. Hanya beberapa kayu yang memiliki peforma luar biasa dari serangan hama, selebihnya sangat riskan rusak. Usia pakai kayu Indonesia sendiri secara alamiah hanya 5 tahun saja. Pasca selang waktu tersebut, kayu sudah akan dimakan jamur, rayap, dan hama destruktif yang lainnya.

Pada kayu dengan kelas awet III seperti kayu sungkai, kondisi ini jelas mengindikasikan diperlukannya antisipasi sesegera mungkin. Antisipasi bisa dilakukan dalam bentuk treatment atau perlakuan pengawetan.

Perlakuan Pengawetan untuk Kayu Sungkai

Untuk mengatasi kelemahan ini, treatment pengawetan sebelum kayu diolah memang sebaiknya dilakukan. Pada treatment tersebut kayu diobati supaya tidak mudah diserang jamur dan serangga. Sebab kedua kelompok organisme tersebut memiliki kontribusi besar terhadap kerusakan kayu sungkai.

Dengan kayu yang sudah diobati, maka produk dengan bahan sungkai akan lebih awet dan tidak ditumbuhi maupun diserang jamur, rayap, totor, dan hama lainnya.

Obat seperti apa yang dimaksud? Tentu obat yang dimaksud bersifat toksik atau beracun bagi berbagai jenis hama. Obat tersebut diresapkan ke dalam kayu sungkai supaya kayu ini nantinya tidak dimakan atau dijadikan sarang rayap, teter, dan hama-hama lainnya.

Cara peresapannya sangat beragam. Ada metode perendaman, metode penaburan, sampai metode celup. Tiap metode memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Misalnya, metode perendaman umumnya lebih efektif dibanding metode celup. Namun metode ini akan memakan waktu dan biaya yang lebih banyak dibanding metode celup.

Gunakan Obat Pengawet yang Tepat

Tim Antiserangga tentu selalu mendukung dilakukannya treatment pengawetan pada kayu sungkai. Tapi kami juga menyadari bahwa aplikasi pengawetan masih sering diliputi banyak kendala. Misalnya dari segi obatnya.

Dari pengamatan di lapangan, kami mendapati bahwa banyak pelaku usaha mebel yang masih tidak mengenal obat apa yang harus digunakan. Dan ketika dilakukan treatment, mereka menggunakan obat pengawet ala kadarnya. Obat-obat ini biasanya berupa bahan yang tidak dibuat secara khusus sebagai pengawet kayu.

Kondisi di atas, jelas memprihatinkan. Oleh sebab itulah, kami di Bio Industries menyediakan produk yang bisa menjawab masalah Anda.

Kami menyediakan produk BioCide. Khusus untuk pengawetan kayu sungkai antiserangga, Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide adalah insektisida yang bisa digunakan untuk membuat sungkai tahan rayap, tahan totor (kumbang bubuk), dan tahan semut. BioCide akan membuat serangga-serangga tersebut tidak memakan kayu atau bersarang di dalamnya.

BioCide menggunakan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Ternyata selain efektif dalam memberikan perlindungan, cypermethrin juga lebih aman untuk digunakan. Akan ada sangat banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari produk ini, misalnya:

  • dari aspek harganya, produk ini hemat dengan nominal lebih terjangkau dan konsentrasi sangat tinggi
  • Kehematan penggunaannya,
  • Spektrum luas, bisa digunakan untuk mencegah serangan berbagai jenis serangga sekaligus
  • Mudah digunakan dan diaplikasikan dengan teknik celup, rendam, sampai vakum tekan
  • Lebih eco friendly sebagaimana disebut di atas
  • Lebih aman bagi pekerja karena bahan aktifnya yang tak begitu reaktif (tapi alat keamanan tetap wajib digunakan)

Pesan BioCide Insecticide Sekarang juga

Berbagai alasan di atas telah membuat BioCide menjadi antiserangga terbaik untuk digunakan pada proses pengawetan kayu sungkai. Dan tahukah kamu bahwa selain memiliki kualitas unggulan, BioCide juga sangat mudah dipesan? Anda bisa membeli produk ini di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Sedangkan pembelian secaa online, bisa dilakukan di antiserangga.com secara langsung. Silahkan hubungi dulu nomor kontak CS kami dan Anda akan dipandu dengan ramah dan juga profesional.

Berikut ini garis besar cara memesan BioCide Insecticide di antiserangga.com.
1. Pengiriman data pemesanan dan diskusi de ngan CS kami mengenai jumlah produk yang dibeli sampai kurir pengiriman yang hendak digunakan.
2. Pemrosesan pemesanan, mulai dari pengiriman biaya, konfirmasi, sampai pemberian nomor resi pengiriman.
3. Masa tunggu sampai produk sampai di tangan Anda selaku pembeli.

Selain membeli secara online di antiserangga.com, Anda juga bisa membeli secara online di berbagai online shop. Ya, kami telah menyediakan produk ini di berbagai toko daring mulai dari Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan masih banyak lagi. Proses pemesanannya tentu saja mengikuti prosedur tiap toko daring tersebut. Opsi pemesanan ini sengaja kami buka karena banyaknya request pembeli yang ingin memesan via toko online lho.

Nah, kiranya seperti itulah cara memesan BioCide Insecticide. Ada dua cara mendapatkan produk ini secara garis besar, yakni secara langsung dan juga secara online. Manapun pilihan Anda, BioCide pasti hadir dengan kualitas terbaik dan juga layanan pemesanan yang ramah dari Customer Service kami.

Demikian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, ya. Tim Antiserangga.com masih akan terus update dengan berbagai informasi menarik seputar dunia serangga dan cara membasmi serangga yang bersifat hama. Semoga bermanfaat!

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment