Daftar Kayu untuk Membuat Perahu yang Berkualitas

0
37
perahu (2)

Tak semua kayu bisa digunakan untuk membuat perahu. Kayu untuk membuat perahu haruslah memiliki kualitas-kualitas tersendiri yang tidak dimiliki oleh semua kayu yang kita kenal. Selain itu, agar kualitas tersebut semakin meningkat, perlakuan pengawetan juga selayaknya dilakukan.

Tak terhitung banyaknya benda yang kita kenal menggunakan kayu sebagai material dasar untuk membuatnya. Kayu, sampai saat ini memang masih menjadi material dengan guna banyak dan juga variatif. Salah satunya adalah untuk membuat perahu. Di tengah banyaknya material sintetis yang berhasil diproduksi manusia, kayu masih menempati urutan utama sebagai bahan dasar pembuatan moda transportasi tersebut. Namun tentu saja tak sembarang kayu bisa digunakan untuk kebutuhan ini. Diperlukan suatu spesifikasi yang sangat khusus. Untuk membahas ini, mau tak mau kita perlu membahas mengenai apa itu perahu dan fungsinya terlebih dahulu.

Pengertian dan Fungsi Perahu

Secara umum, perahu adalah moda transportasi air yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan kapal. Komponen moda transportasi ini terdiri atas lambung kapal, dayung, sistem serupa baling-baling, pedal, tiang layar, layar, hingga roda pendayung. Beberapa tipe ada yang memiliki komponen lebih banyak, sedangkan yang lain lebih sedikit atau digantikan dengan komponen lainnya. Varian atau tipe perahu sendiri sangat beragam. Berikut ini contoh jenis-jenis perahu.

  1. Ferry
  2. Junk
  3. Pinisi
  4. Lanong
  5. Kayak
  6. Sampan
  7. Gondola
  8. Kapal Tunda
  9. Yacht
  10. Dan lainnya yang tak bisa disebutkan satu per satu

Perahu sendiri saat ini digunakan untuk beragam fungsi. Dulu, moda ini hanya dipakai untuk kebutuhan transportasi semata, baik untuk menyeberangi sungai, selat, danau, waduk, dan sebagainya. Namun saat ini, perahu juga sering dipakai untuk kebutuhan hiburan hingga perdagangan. Adanya pasar terapung adalah contoh bagaimana fungsi perahu berevolusi dari sekedar alat transportasi belaka.

Jenis Kayu untuk Membuat Perahu

perahu

Digunakan sebagai moda transportasi air, seperti diterangkan di atas, tidak semua kayu bisa digunakan untuk membuat perahu. Hanya beberapa jenis kayu dengan kualitas khusus yang bisa digunakan untuk kebutuhan tersebut. Salah satu poin kualitas yang begitu krusial adalah masalah keawetan. Tingkat keawetan suatu material menunjukkan tingkat resistensi bahan tersebut terhadap berbagai faktor yang merusaknya. Kayu yang awet, dengan kata lain, adalah kayu yang tidak mudah rusak ketika terpapar berbagai faktor perusak mulai dari siraman air, jamur, rayap, dan masih banyak lagi.

Dalam hal ini, kayu untuk membuat perahu yang bagus idealnya memiliki resistensi atau awet terhadap berbagai faktor perusak. Misalnya saja:

  1. Ketahanan terhadap paparan air asin dan air tawar
  2. Paparan matahari yang begitu terik dan menyengat
  3. Ketahanan terhadap kelembaban
  4. Serangan berbagai hama mulai dari rayap sampai dengan jamur
  5. Tekanan fisik seperti tanggungan beban pada moda transportasi tersebut.

Selain masalah keawetan, dibutuhkan juga spesifikasi tambahan lainnya, yaitu:

  1. Persyaratan berat jenis kayu. Nilai berat jenis menunjukkan kemantapan kayu tersebut dan kekuatan kayu terhadap faktor perusak sampai tekanan fisik.
  2. Kelas kuat
  3. Kondisi kayu, di mana kayu untuk membuat perahu idealnya tidak cacat, retak, dan sejenisnya

Di lapangan, berikut ini beberapa jenis kayu yang bisa digunakan.

  1. Kayu bugis atau siuri
  2. Kayu jati
  3. Kayu bungur
  4. Kayu kapur
  5. Kayu cempaga
  6. Kayu cemara
  7. Kayu cengal
  8. Kayu gelam
  9. Kayu mahoni
  10. Kayu meranti
  11. Kayu laban
  12. Kayu polapi
  13. dan masih banyak lagi

Kayu-kayu di atas umumnya memiliki kelas awet, kelas kuat, hingga berat jenis yang dipersyaratkan. Beberapa juga memiliki nilai lebih karena estetikanya, misalnya saja kayu jati dan mahoni.

Perlu Pengawetan

Untuk meningkatkan kualitas kayu, treatment pengawetan sangat dianjurkan untuk diterapkan pada berbagai jenis kayu untuk membuat perahu di atas. Pengawetan dilakukan dengan meresapkan obat anti hama dengan tujuan agar kayu tidak mudah rusak diserang rayap, jamur, dan hama-hama lainnya. Namun ada satu hal yang harus diperhatikan. Dalam treatment pengawetan untuk kayu moda transportasi, bahan pengawet yang dipakai tidak boleh menyebabkan korosi. Sebab, pada pembuatan perahu atau aktivitas dengan perahu, kerap logam digunakan untuk berbagai kebutuhan. Bila bahan pengawet yang dipakai menyebabkan karat atau korosi, kualitas perahu secara umum jelas jadi turun. Padahal, tujuan utama preservasi kayu adalah untuk meningkatkan kualitas kayu secara umum.
Untuk kebutuhan ini, kami menyediakan produk insektisida yang bisa Anda gunakan. Insektisida yang kami rekomendasikan adalah BioCide Insecticide. Insektisida tersebut bisa digunakan pada berbagai jenis kayu dan bisa melindungi kayu dari aneka jenis hama mulai dari rayap, teter, hingga kutu kayu. Insektisida ini menggunakan pelarut air sehingga lebih hemat dan mudah digunakan. Selain itu, BioCide Insecticide juga tidak menyebabkan korosi atau karat pada logam. Penggunananya pun dirasa paling pas untuk perlakuan pengawetan untuk aneka jenis kayu perahu Anda.

Segera Pesan BioCide Insecticide agar Kayu untuk Membuat Perahu Anda Awet!

BIOCIDE INSECTICIDE

Untuk kebutuhan pembuatan perahu berbahan dasar kayu Anda segera dapatkan sekarang juga BioCide Inseticide. Insektisida racun kontak syaraf ini adalah yang paling tepat digunakan untuk kebutuhan tersebut. Ia memiliki berbagai keungggulan mulai dari sifatnya yang sangat beracun, tahan lama, lebih ramah lingkungan, dan juga mudah digunakan. Yang tak kalah penting, insektisida ini juga tidak menyebabkan karat. Kualitas ini, sebagaimana dijelaskan di atas sangat krusial untuk kayu-kayu transportasi baik itu kayu kapal ataupun kayu untuk membuat perahu.

Sekarang, antiserangga ini juga sudah bisa didapatkan secara online. Anda bisa membelinya langsung di antiserangga.com. Atau, bila Anda ingin melakukan pembelian secara langsung, Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point. CS dan bila perlu teknisi kami akan menjamu Anda dengan berbagai informasi penting seputar dunia pengawetan.

Untuk pembelian di antiserangga.com sendiri, berikut ini caranya:

  1. Kirimkan data pemesanan ke Customer Service kami. Data pemesanan berupa nama Anda sebagai pemesan, alamat pengiriman, dan jumlah BioCide Insecticide yang dipesan.
  2. Dari data alamat rumah Anda, Customer Service kami akan mencari tahukan ongkos kirim. Kemudian menginformasikan biaya total atas pemesanan tersebut.
  3. Anda bisa melakukan pembayaran berdasarkan keterangan Customer Service kami ke nomor rekening yang juga akan disebutkan oleh CS kami.
  4. Kirimkan bukti pembayaran tersebut via WA ataupun email.
  5. Pesanan Anda akan segera diproses. Anda akan segera diberikan nomor resi pengiriman oleh Customer Service kami.

Mudah bukan cara membeli BioCide Insecticide di antiserangga.com? Yuk, gunakan segera BioCide Insecticide untuk keperluan pengawetan kayu untuk membuat perahu yang murah, berkualias, dan juga tidak berkarat!

SHARE

Leave a Reply