Bagaimana ya cara mendapatkan izin pondok wisata?

Sektor pariwisata Indonesia sedang didorong oleh pemerintah supaya lebih berkembang. Masyarakat pun bisa mendapatkan keuntungan dengan cara memaksimalkan usaha-usaha terkait sektor pariwisata. Misalnya saja dengan membuka usaha penginapan.

Salah satu usaha penginapan yang populer di masyarakat adalah usaha pondok wisata. Tapi tentu saja kita tak bisa sembarangan mendirikan tempat penginapan ini. Perlu adanya suatu izin khusus dari pemerintah supaya usaha kita legal dan sah.

Begini Proses Mendapatkan Izin Pondok Wisata

Sebagaimana disebut di atas, supaya usaha yang dilakukan legal dan syah secara hukum, maka pihak pemilik dan pengelola pondok perlu mendapatkan izin dari pemerintah. Tapi Anda tak perlu khawatir, sebab proses pengurusan izin untuk usaha ini tidaklah susah dilakukan.

Berikut ini langkah-langkah permohonan izin pondok wisata.

  1. Pengisian formulir oleh pemohon yang dilengkapi dengan syarat-syarat yang diminta ke petugas loket pendaftaran. Apabila pemohon belum mengetahui syarat-syarat dan kelengkapan yang dibutuhkan, pemohon bsia meminta informasi terlebih dahulu di loket yang sama.
  2. Petugas loket pendaftaran melakukan pemeriksaan atas kelengkapan berkas pemohon. Apabila berkas sudah lengkap serta benar, maka pemohon diberi resi penerimaan berkas. Sedangkan apabila berkasnya belum lengkap, maka berkas akan ditolak dan dikembalikan untuk dilengkapi oleh pihak pemohon.
  3. Validasi oleh Loket Penerbitan Izin melakukan atas berkas permohonan. Loket penerbitan izin juga membuat surat survei yang ditujukan kepada tim teknis.
  4. Survei atau kajian teknis oleh tim teknis. Hal ini dituangkan dalam BAP (Berita Acara Pemeriksaan). Isi dari kajian teknis adalah pernyataan layak atau tidaknya. Bila hasilnya layak, maka permohonan akan diterima, dan tim akan memberikan rekomendasi. Sedangkan apabila kajiannya menyatakan tidak layak, maka permohonan pemohon tidak diterima, dan diberikan surat penolakan. Berkas pemohon juga akan dikembalikan.
  5. Penerbitan surat oleh loket penerbitan.
  6. Kepala Seksi Perizinan serta Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Sekretaris menandatangani surat izin.
  7. Kepala Dinas menandatangani surat izin.
  8. Petugas melakukan pencatatan serta pengarsipan untuk surat izin tersebut.
  9. Setelah selesai, pemohon bisa mengambil surat izin ke petugas loket yang bertugas.

Berapa Waktu Penyelesaian Izin Pondok Wisata

Secara umum, proses penerbitan izin untuk usaha ini memakan waktu 13 hari kerja, dengan waktu dimulai saat berkas diterima dalam kondisi persyaratan yang terpenuhi.

izin pondok wisata

Kiat Sukses Usaha Pondok Wisata

Katakanlah Anda sudah mendapatkan izin pondok wisata di atas. Lantas apa yang akan Anda lakukan? Kalau Anda menganggap bahwa adanya izin saja sudah cukup untuk mendapatkan keuntungan dari usaha ini, jelas Anda salah. Banyak pelaku usaha penginapan yang bermunculan, dan ternyata tidak semuanya mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Karena itulahk, diperlukan kiat-kiat tersendiri, antara lain dengan:

  1. Melakukan promosi terhadap pondok wisata Anda. Promosi bisa dilakukan secara offline atau online. Promosi juga bisa dilakukan untuk menarget calon pengunjung lokal atau malah internasional. Media promosi yang dipakai sendiri begitu banyak. Anda bisa memanfaatkan media sosial, selebaran, sampai menayangkan iklan.
  2. Meningkatkan keunikan pondok. Agar pondok Anda mudah diingat, maka Anda harus memiliki keunikan. Misalnya, menerapkan tema yang menarik seperti tema pondok alami, vintage, shabby chic, dan masih banyak lagi.
  3. Kualitas layanan dan kondisi pondok juga harus selalu dijaga dan dibersihkan. Kedua hal ini memang terkesan sepele, tapi ternyata sangat memengaruhi jalannya usaha penginapan Anda tersebut.

Jangan Lupa Lindungi Pondok dari Serangan Serangga Hama

jenis rayap paling merusak

Poin ketiga tips di atas menyebutkan bahwa kita harus bisa menjaga kondisi pondok wisata. Penjagaan kondisi ini biasanya dimaknai sebagai pembersihan area pondok sekaligus teknis-teknis untuk membuatnya rapi. Padahal, penjagaan kondisi pondok tak bisa dilakukan hanya dengan membersihkannya secara rutin.

Bagaimana bila bangku dan mebel di pondok diserang jamur? Bagaimana bila mebel di pondok wisata ternyata bubukan dan diserang teter atau kumbang bubuk? Bagaimana kalau di lantai pondok muncul serangga rayap?

Serangan hama merupakan salah satu ancaman yang harus diperhatikan siapapun yang bergerak di usaha penginapan. Dari sekadar nyamuk sampai rayap, pengendalian hama atau pest control mesti dilakukan.

alterntif text

Dan untuk kebutuhan tersebut, pengelola pondok wisata harus sedia obat anti hama, BioCide Insecticide.

Apa itu BioCide Insecticide?

BioCide Insecticide adalah antiserangga yang bisa dipakai untuk menangani masalah-masalah hama serangga seperti:

BIOCIDE INSECTICIDE
  1. Rayap, baik rayap kayu kering, kayu basah, sampai tanah
  2. Teter atau totor atau kumbang bubuk yang menyebabkan furniture bubukan
  3. Semut
  4. Laron
  5. Kutu, dan berbagai hama lainnya yang tak bisa disebut satu per satu

BioCide Insecticide juga bisa diaplikasikan pada kayu sebelum dicat. Bila BioCide diaplikasikan, kayu akan menjadi sangat tahan terhadap serangan hama.

Yang menarik, produk ini juga bisa dibeli dengan harga terjangkau, lho. Jadi Anda tak perlu keluar uang banyak untuk menjaga pondok wisata dari serangan beragam hama.

Begini cara membeli BioCide Insecticide.

Tertarik untuk membeli produk kami BioCide Insecticide? Sudah banyak lho pelaku usaha hotel, restauran, dan lain sebagainya yang mengandalkan BioCide dalam antisipasi hama di tempat usaha mereka. Nah, bagi Anda yang tak sabar untuk segera mendapatkan insektisida ini, berikut 3 cara pembelian yang bisa Anda lakukan.

  1. Pembelian secara langsung bisa dilakukan di Bio Service Point. Kami rekomendasikan pembelian secara langsung bagi Anda yang memang dekat domisilinya dengan Bio Servcie Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon.
  2. Pembelian secara online di antiserangga.com. Pembelian di antiserangga sama dengan pembelian di online shop, hanya saja Anda akan langsung dilayani oleh Customer Service kami.
  3. Pembelian via pihak ketiga yakni lewat agen kami secara online atau langsung. Tapi pastikan Anda membeli dari agen kami yang terpercaya. Agar tidak ragu, hubungi dulu CS kami untuk keterangan lebih lanjut.

Mudah, bukan? Pilih cara pembelian yang sekiranya paling memudahkan bagi Anda. Toh, di manapun Anda membeli BioCide Insecticide, produk ini pasti akan selalu hadir dengan kualitas dan harga terbaiknya.

Kurang lebih itulah yang bisa kami bagikan mengenai artikel izin pondok wisata ini. Perlu diingat sekali lagi, pemerintah tengah gencar mendorong sektor pariwisata Indonesia supaya lebih maju. Dan agar sektor ini bisa memberikan manfaat baik bagi masyarakat secara umum, maka masyarakat pun perlu didorong untuk bisa mengambil potensi usaha yang Anda. Membuka usaha penginapan seperti pondok wisata adalah salah satu caranya. Tapi tentu saja untuk bisa membuka usaha pondok wisata ini harus ada izin pondok usaha yang dimiliki tiap pemilik dan pengelola. Selain itu, supaya pondok benar-benar mendatangkan keuntungan, maka berbagai kiat promosi harus dilakukan. Sambil tentu saja, menjaga kualitas pondok dari kotoran dan serangan hama menggunakan insektisida paling bagus, BioCide Insecticide.

Download Best WordPress Themes Free Download
Premium WordPress Themes Download
Premium WordPress Themes Download
Download Premium WordPress Themes Free
download udemy paid course for free
download huawei firmware
Download Best WordPress Themes Free Download
ZG93bmxvYWQgbHluZGEgY291cnNlIGZyZWU=
Ini Dia Izin Pondok Wisata dan Tips Kelolanya agar Sukses
alterntif text

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!