Pohon waru sangat mudah ditemukan di mana-mana. Sayangnya, pemanfaatan kayu waru masih sangat kurang.

Pernahkah Anda melihat pohon dengan tajuk serupa payung yang bunganya jingga serupa dengan bentuk bunga sepatu? Adapun, daun-daunnya memiliki bentuk seperti hati. Bila iya, Anda mungkin sudah tahu nama pohon tersebut. Ya, pohon itu bernama pohon waru atau Hibiscus tiliaceus. H. tiliaceus memiliki kekerabatan dengan bunga sepatu karena sama-sama tergolong dalam genus Hibiscus. Namun demikian, berbeda dengan bunga sepatu yang pendek dan hanya membentuk perdu, H. tiliaceus mampu membentuk pohon yang cukup tinggi.

Meski memiliki nama ilmiah yang tetap, namun di lapangan, istilah waru ternyata juga digunakan untuk menyebut tanaman dari genus Hisbiscus lainnya. Biasanya, terdapat penambahan embel-embel di belakang istilah waru. Misalnya saja Hibiscus similis yang di masyarakat disebut sebagai waru gunung. Waru gunung memiliki bunga yang lebih pendek dan biji yang berambut kasar. Selain itu adala juga H. mutabilis yang biasa disebut dengan nama waru landak. Waru landak memiliki ukuran yang lebih kecil dengan bunga berwarna putih membentuk dadu. Tapi ketika senja, warna bunga akan berubah menjadi merah.

Dari aspek kegunaan, waru telah memberikan manfaat besar bagi masyarakat sekitar. Hanya saja, harus diakui bahwa pemanfaatan tanaman ini masih sangat kurang. Eksplorasi pendayagunaan waru tidak sepopuler kayu dari pohon lainnya. Padahal, kayu ini sesungguhnya memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan. Tapi sebelum membicarakan apa saja manfaat kayu tersebut, yuk kenali dulu karakteristiknya.

Karakteristik Kayu Waru

Spesis H. tiliaceus menghasilkan kayu dengan bobot yang agak ringan namun cukup padat. Teksturnya secara umum halus dan kekuatannya baik. Dari segi tampilannya, warna kayu abu-abu dengan aksen biru atau ungu, namun kadang juga hadir dengan warna coklat keunguan, dan kehijau-hijauan.

Secara umum, kayu ini terkenal sebagai kayu yang awet digunakan di dalam tanah. Selain itu, kayu ini juga terkenal tahan digunakan untuk kebutuhan kayu yang dipakai di air asin (air laut).

Manfaat Kayu Waru

Berikut ini beberapa contoh pemanfaatan waru:

  1. Karena tahan digunakan di air laut, secara historis, kayu ini banyak dipakai untuk membuat perahu, kano, sampai tempat untuk memancing di laut.
  2. Digunakan untuk membuat berbagai jenis furniture mulai dari meja, kursi, dan lain sebagainya.
  3. Digunakan untuk menghasilkan berbagai gagang perkakas
  4. Digunakan untuk kayu konstruksi bangunan. Dikenal sebagai kayu yang tahan di dalam tanah, kayu ini kerap dimanfaatkan untuk kebutuhan bangunandi area tanah/ dekat dengan lantai.
  5. Digunakan untuk membuat berbagai kerajinan termasuk hiasan dengan ukiran
  6. Digunakan untuk membuat roda pedati
  7. Kayu sisanya banyak dipakai untuk dibakar
kayu waru

Butuh Pengawetan agar Waru Tak Diserang Hama

Secara umum, waru menghasilkan kayu yang awet sekaligus kuat. Tapi tetap saja, dalam penggunaannya, dipersyaratkan menerapkan treatment pengawetan. Treatment pengawetan adalah usaha membuat kayu jadi tahan hama dengan cara meresapkan obat pengawet berupa insektisida dan atau fungisida.

Treatment pengawetan bisa dilakukan dengan cara merendam kayu dalam larutan pengawet, menguaskan larutan pengawet, atau menaburkan larutan pengawet. Hasil pengawetan bisa membuat kayu bertahan sampai 5 kali lipat atau lebih dari usia pakai normalnya. Sengon misalnya. Sengon yang diawetkan bisa bertahan sampai 95 tahun sendiri.

Namun tentu saja kualitas hasil pengawetan sangat tergantung pada obat pengawet yang digunakan. Dan dalam hal ini, kami rekomendasikan BioCide Insecticide untuk menjaga kayu waru Anda dari serangan hama rayap, teter, kutu pembusuk, dan serangga perusak lainnya.

alterntif text

Berbagai Keunggulan BioCide Insecticide

Tentu saja banyak insektisida yang tersedia di pasaran yang bisa digunakan untuk mengawetkan kayu waru. Alasan kami merekomendasikan BioCide Insectide sendiri karena insektisida ini jauh lebih unggul bila dibandingkan dengan produk lainnya.

  1. Pertama, insektisida ini bisa memberikan perlindungan yang benar-benar menyeluruh. Hampir semua hama kayu, bambu, serat alam, dan bangunan bisa diantisipasi serangannya oleh BioCide. Misalnya saja kutu, kumbang bubuk alias teter, rayap, semut, kecoa, dan masih banyak lagi.
  2. Insektisida ini bukan insektisida pertanian, sehingga memang cocok dipakai untuk kebutuhan industri kayu, natural fiber, serta konstruksi.
  3. Tidak menyebabkan permukaan media jadi sulit dicat! Ya. Sebab ada banyak insektisida solvent based yang membuat media jadi licin sehingga sult dicat.
  4. Tidak menyebabkan karat.
  5. Sangat efektif sekaligus efisien.
  6. Mudah digunakan
  7. Sangat hemat dan juga harganya terjangkau. Insektisida ini diformulasikan dengan konsentrasi yang tinggi. Harganya pun secara nominal terjangkau dibanding kualitas premium yang ditawarkannya.
  8. Lebih aman sekaligus juga lebih ramah lingkungan.
  9. Metode aplikasi beragam, bisa diaplikasikan dengan cara perendaman, pulasan (dikuaskan), sampai vakum tekan.

Banyak, kan keunggulan yang ditawarkan oleh insektisida ini? Oleh sebab itulah, kami merekomendasikan insektisida ini kepada Anda untuk membuat kayu waru menjadi lebih awet.

BIOCIDE INSECTICIDE untuk kayu waru

Cara Membeli BioCide Insecticide untuk Pengawetan Waru

BioCide Insecticide dapat Anda beli sekarang juga. Anda bisa bertandang ke Bio Service Point atau agen-agen kami yang berlokasi di berbagai wilayah di Indonesia. Untuk berkunjung ke Bio Service Point, Anda bisa ke Cirebon, Yogyakarta, dan juga Jepara. Sedangkan untuk agen kami, silahkan hubungi CS kami dulu untuk informasi alamat agen yang paling dekat dengan kota Anda sekaligus yang paling terpercaya. Dengan membeli secara langsung, Anda juga bisa melihat-lihat sekaligus membeli produk woodworking kami lainnya yang sangatlah beragam mulai dari cat kayu ramah lingkungan sampai lem kayu water based. Anda juga bisa berkonsultasi dengan Customer Service serta teknisi kami yang ramah sekaligus profesional.

Bagaimana dengan membeli secara online? Tentu saja BioCide juga bisa dibeli secara online. Pembelian secara online BioCide Insecticide dapat dilakukan dengan menghubungi Customer Service kami atau lewat berbagai marketplace. Untuk pembelian dengan CS kami, langsung saja hubungi kontak yang tersedia di situs ini. Proses pembelian dilakukan dengan sangat transparan, mudah, terbuka, cepat, dan juga menyenangkan. Adapun pembelian di marketplace bisa dilakukan di berbagai toko online di Indonesia mulai dari Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya. Mudah, bukan? Prosedurnya pun sesuai dengan prosedur pembelian di tiap marketplacetersebut.

Tunggu apa lagi? Segera pesan insektisida BioCide Insecticide sekarang juga dan nikmati berbagai keunggulan yang ditawarkannya.

Waru sendiri pada akhirnya merupakan pohon yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman ini sering tumbuh sebagai pohon liar dengan perkembangan yang cepat. Selain berfungsi sebagai peneduh, tanaman ini sebetulnya juga bisa dimanfaatkan untuk industri woodworking. Anda bisa menggunakan kayu waru dalam pembuatan perahu, benda kerajinan, sampai furniture. Tampilan kayu ini juga memiliki keunikan tersendiri. Hanya saja, jangan lupa untuk menerapkan treatment pengawetan pada kayu tersebut menggunakan BioCide Insecticide.

Dengan BioCide Insecticide, kayu waru Anda akan terbebas dari serangan beragam jenis hama dari rayap sampai hama kumbang bubuk!

Download Nulled WordPress Themes
Download WordPress Themes Free
Download WordPress Themes Free
Download Best WordPress Themes Free Download
free download udemy course
download lava firmware
Download WordPress Themes
ZG93bmxvYWQgbHluZGEgY291cnNlIGZyZWU=
Kayu Waru : Seperti Apa ya Karakteristiknya?
alterntif text

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!