Rangka Kuda-Kuda Kayu Awet Berkat Treatment Pengawetan

0
112
kuda-kuda kayu

Satu di antara sekian banyak desain rangka kayu yang banyak diterapkan adalah rangka kuda-kuda kayu. Rangka ini biasanya diterapkan pada atap bangunan. Bagaimana ya cara untuk meningkatkan kualitas rangka ini agar lebih kokoh dan juga awet?

Pengertian Konstruksi Kuda-kuda Kayu

Rangka atau konstruksi kuda-kuda dapat diartikan sebagai suatu susunan batang yang biasanya diterapkan untuk mendukung atap bangunan. Dukungan diperlukan untuk menahan beban [ada atap sekaligus memberikan bentuk pada atap tersebut. Konstruksi ini merupakan konstruksi vital pada atap secara keseluruhan dan bisa dibuat menggunakan berbagai material dari baja, beton, bambu, sampai kayu.

Penggunaan material yang berbeda pada rangka ini akan berpengaruh terhadap kemampuan rangka secara umum. Untuk kuda-kuda dari bahan kayu, bentang maksimalnya 12 m, untuk bambu mampu mendukung beban atap sampai 10 meter, dan yang paling panjang, untuk baja dapat menahan hingga 75 meter.

FotografĂ­a: Juan Gimeno Ramallo

Dilihat secara kasat mata, konstruksi kuda-kuda membentuk rangka segitiga. Struktur ini didesain dengan memerhatikan beban atap secara keseluruhan termasuk bahan yang dipakai. Dan karena inilah, terdapat variasi dalam rangka kuda-kuda ini karena menyesuaikan dengan aspek lainnya. Kuda-kuda diletakkan di atas dua dinding yang menjadi tumpuannya.

Kuda-kuda diletakkan di atas dua tembok selaku tumpuannya. Namun perlu kita pastikan bahwa dinding yang dipakai sebagai tumpuan untuk kuda-kuda seyogyanya tidak mendapatkan beban lain terutama benan horizontal. Kuda-kuda yang baik sendiri hendaknya mampu mendukung beban-beban:

  1. Penutup atap
  2. Reng
  3. Gording
  4. Angin
  5. Kuda-kudanya sendiri
  6. Air hujan
  7. Usuk
  8. Manusia (mempertimbangkan ketika ada pekerja yang ingin memperbaiki atap)

Tipe Kuda-kuda

Berikut ini tipe kuda-kuda kayu:

  1. Tipe Pratt
  2. Tipe Howe
  3. Tipe Fink
  4. Tipe Bowstring
  5. Tipe Sawtooth
  6. Tipe Waren

Tiap rangka dipilih menurut faktor lainnya, mulai dari bahan yang digunakan sampai beban yang harus ditanggung oleh rangka tersebut.

Mengapa Kayu?

kuda-kuda kayu

Sebagaimana disebut di atas, kayu hanya satu dari berbagai bahan yang biasa digunakan untuk membuat kuda-kuda. Selain kayu, banyak juga bahan lainnya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti baja dan juga bamboo.

Kayu sendiri secara umum masih sering dipakai karena menawarkan banyak keuntungan. Kayu memiliki estetika yang sangat baik dan dipersepsi memiliki sifat yang lebih aman dan juga ramah lingkungan. Penggunaan kayu juga akan membuat suasana ruangan menjadi lebih nyaman dan terkesan hangat

Agar Rangka Kuda-kuda Kayu Awet, Terapkan Treatment Pengawetan Berkualitas

Desain rangka kuda-kuda berpengaruh besar terhadap keawetan dan kekokohan rangka tersebut. Antara rangka dengan material yang dipakai untuk rangka ini pun harus disesuaikan. Khusus untuk kuda-kuda yang memanfaatkan bahan kayu, perlu diketahui bahwa tidak semua kayu bisa digunakan untuk kebutuhan ini.

Untuk keamanan dan keselamatan para penghuni bangunan, kayu yang dipakai harus memiliki keawetan dan kekuatan yang baik. Dan karenanya, treatment pengawetan untuk kayu sangat perlu dilakukan.

Treatment pengawetan dimaksudkan untuk mencegah kayu digerogoti hama sehingga masa pakainya lebih lama. Treatment ini secara umum memberikan sangat banyak keuntungan dalam industri woodworking.

Segudang Manfaat Menerapkan Pengawetan Kayu

BIOCIDE INSECTICIDE

Kenapa pengawetan? Apa untungnya menerapkan pengawetan? Beberapa di antara Anda mungkin bertanya demikian. Namun pengawetan sudah merupakan hal yang wajib dilakukan untuk industri pengolahan kayu yang lebih modern. Pengawetan pun memberikan sangat banyak keuntungan bagi hampir semua pihak.

  1. Pengawetan memberikan keuntungan bagi pelaku usaha. Sebab dengan aplikasi pengawetan, produk akan dipersepsi sebagai produk awet dengan mutu tinggi. Persepsi yang baik ini akan membuat pasar merespon dengan positif. Selain itu, pengawetan juga akan mencegah kerusakan produk selama masa pengiriman dan juga masa penyimpanan (gudang). Bagi Anda yang ingin melakukan ekspor produk, pengawetan akan membantu Anda menghadapi undang-undang Bio Terorisme.
  2. Pengawetan akan memberikan keuntungan bagi konsumen. Masyarakat awam tidak akan merasa dirugikan setelah menghabiskan uang mereka untuk belanja produk kayu.
  3. Pengawetan akan meningkatkan daya saing industri furniture nasional. Sebab saat ini adalah era di mana persaingan antar negara semakin tinggi. Industri furniture lokal bisa mengalami kerugian besar apabila mengabaikan kompetisi tinggi ini. Produk industri nasional bisa kalah dari produk luar yang diimpor masuk karena produk impor memiliki ketahanan yang lebih baik.

Pada pembuatan struktur kuda-kuda kayu, baik pihak kontraktor ataupun pihak masyarakat akan mendapatkan keuntungan sama besranya.

Menjaga Kelestarian Alam

Nah, selain ketiga hal tersebut, ternyata pengawetan juga berimbas positif untuk kelestarian lingkungan lho. Selama ini, bila kita bicara mengenai kelestarian alam, kita selalu membayangkan bahwa treatment preservasi berakibat buruk sebab menggunakan pengawet yang notabene adalah bahan kimia. Padahal, dengan dilakukannya pengawetan, maka:

  1. Masa pakai kayu akan bertambah secara signifikan. Sengon yang bertahan 2 tahun saja bisa bertahan tanpa dimakan hama selama puluhan tahun apabila sudah ditreatment dengan baik.
  2. Dengan meningkatnya masa pakai kayu, penebangan pohon bisa ditunda.

Tahukah Anda bahwa kurang lebih 85% kayu di Indonesia bukan merupakan kayu yang awet? Ketidakawetan ini menyebabkan siklus “tebang” pohon menjadi lebih cepat mengikuti kondisi di pasar. Padahal, hal itulah yang membuat illegal logging marak dilakukan. Dengan pengawetan, masa pakai kayu bisa ditingkatkan, pohon tak perlu cepat-cepat ditebang (sehingga harga jualnya juga meningkat), dan kelestarian alam pun akan lebih terjaga.

Oleh karena alasan-alasan tersebutlah, treatment pengawetan sebaiknya diterapkan termasuk dalam pembuatan rangka kuda-kuda kayu. Dan untuk hasil pengawetan yang baik, kami rekomendasikan bahan pengawet pilihan, BioCide Insecticide.

BioCide merupakan insektisida berbasis air dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. BioCide Insecticide memiliki berbagai kelebihan mulai dari sifatnya yang mudah diresapkan, tidak mudah luntur, dan juga lebih aman bagi alam. Insektisida ini juga lebih terjangkau dan sudah lama dipercaya para pelaku usaha baik di bidang furniture, kerajinan, sampai konstruksi bangunan.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli insektisida ini, yuk segera pesan langsung ke nomor yang kami sediakan. Proses pembelian online akan dipandu oleh Customer Service kami yang ramah dan profesional. Selain itu, Anda juga bisa lho membeli secara langsung di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda ya. Sekali lagi, rangka kuda-kuda kayu adalah rangka yang sangat penting dalam dunia konstruksi bangunan. Keberadaan rangka ini vital untuk pembuatan atap yang kokoh, kuat, dan juga tahan lama. Namun selain masalah desain rangkanya, perlu diketahui bahwa kayu untuk rangka harus berkualitas tinggi. Kayu tidak boleh mudah lapuk terkena serangan hama. Karenanya, saran kami selalu aplikasikan treatment pengawetan pada rangka kuda-kuda kayu. Gunakan pengawet yang baik, yakni antiserangga BioCide Insecticide.

SHARE

Leave a Reply