Inilah Manfaat Jendela untuk Kehidupan Sehari-hari

Sebagai salah satu bagian yang selalu ada pada bangunan, tentu ada manfaat jendela untuk kehidupan sehari-hari. Keberadaannya pasti memiliki peran yang dapat dirasakan manfaatnya baik secara esensial maupun peran fungsional lainnya.

Jendela Terbuat dari Berbagai Material

jendela minimalis

Jika diperhatikan, jendela merupakan salah satu bagian penting dari bangunan yang dapat terbuat dari berbagai material. Ada jendela yang terbuat dari kayu, besi, maupun berbagai bahan lainnya. Jendela diletakkan pada ruangan yang tertutup dengan tujuan dan manfaat tertentu.

promo produk natural oil dan sanding sealer

Keberadaan jendela sebenarnya termasuk salah satu bagian dari kebudayaan kuno. Karena penggunaan jendela memang sudah ada sejak jaman dahulu. Sehingga sulit untuk mengetahui sebenarnya siapakah yang pertama kali mempopulerkan penggunaannya.

Seiring dengan perkembangan zaman, jendela juga sudah memiliki banyak inovasi. Ada berbagai kombinasi bahan maupun perubahan bentuk yang disesuaikan dengan maksud dan tujuan tertentu.  Jendela ada yang menggunakan tirai, kaca, dan bahan lainnya dan bentuk yang beragam.

Selain memiliki banyak model dan dapat dibuat dari berbagai bahan, jendela juga sebenarnya memiliki banyak fungsi dan manfaat.

Berbagai Manfaat Jendela

Apa saja manfaat dari jendela? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari jendela:

promo produk biocide surface film preservative

1.      Untuk Mengetahui Seperti Apa Kondisi diluar Ruangan

Saat berada di dalam ruangan dan ingin mengetahui seperti apa kondisi di luar ruangan, tentu Anda akan pergi ke jendela. Dari jendela, Anda dapat melihat dan memantau seperti apa keadaan di luar sana.

2.      Pintu Masuk Udara serta Cahaya Matahari

Menjaga kelembaban di dalam ruangan adalah hal yang penting. Dengan adanya jendela, hal tersebut dapat lebih mudah untuk terkontrol. Ruangan akan tidak mudah lembab jika Anda rutin membuka jendela di pagi serta siang hari.

Hal tersebut membuat situasi di dalam rumah atau ruangan akan lebih cerah dan tidak pengap. Tentunya, dapat mengurangi resiko kelembaban meningkat yang mampu menyebabkan kemunculan jamur.

·         Menjaga Sirkulasi Udara

Menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan adalah hal yang baik bagi kesehatan. Untuk Anda yang peduli pada kesehatan, keberadaan jendela tentu menjadi hal yang penting.

Keberadaan jendela dapat membantu untuk memberikan sirkulasi udara yang lebih optimal pada ruangan. Sehingga pertukaran antara udara lama dengan udara baru di dalam ruangan dapat terjadi dengan lebih baik dan memberikan dampak langsung bagi kesehatan.

Udara di dalam ruangan juga akan terasa lebih segar jika sirkulasi udara terjaga dengan baik. Selain itu, tidak akan ada bau apek dan tidak sedap yang mengganggu.

·         Sarana untuk Menikmati Pemandangan

Keberadaan jendela juga memiliki fungsi sebagai sarana untuk menikmati pemandangan di sekitar. Anda dapat menikmati pemandangan di luar ruangan dengan melihatnya melalui jendela. Hal ini membantu memudahkan Anda untuk tetap dapat menikmati pemandangan meskipun Anda tetap berada di dalam ruangan.

Menikmati pemandangan dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi stress. Bagi Anda yang merasa lelah dengan berbagai kegiatan yang sudah dilakukan sehari penuh, menikmati pemandangan melalui jendela mungkin dapat membantu Anda.

·         Menjadi Sumber Inspirasi

Pernahkah Anda mendengar bahwa jendela merupakan salah satu spot favorit untuk mencari inspirasi? Keberadaan jendela sebagai sumber inspirasi ini memang bukan hal yang aneh. Hal ini sudah menjadi hal wajar yang kerap terjadi saat seseorang menjadikan jendela sebagai tempat favoritnya untuk mencari inspirasi.

Melihat pemandangan melalui jendela dapat menjadikan seseorang merasa lebih santai dan tak jarang mampu menemukan ide-ide brilian. Berbagai inspirasi menarik juga tak jarang turut bermunculan.

Anda juga bisa duduk-duduk di sekitar jendela sambal membaca buku dan meminum teh. Hal tersebut juga dapat memicu inspirasi untuk muncul.

·         Manfaat Jendela Sebagai Emergency Exit

Di beberapa ruangan, biasanya jendela juga kerap dimanfaatkan sebagai pintu keluar darurat atau emergency exit. Beberapa yang kerap menggunakan manfaat jendela yang satu ini di antaranya:

  • Kantor
  • Bus
  • Kereta api
  • Rumah
  • Dan lain sebagainya

Kebutuhan akan adanya pintu keluar darurat adalah untuk menghindari terjadinya beberapa hal yang tidak diinginkan. Seperti saat terjadi kebakaran, kecelakaan, maupun berbagai kejadian lainnya yang berpotensi membahayakan nyawa orang yang ada dalam ruangan tersebut.

·         Sebagai Penanda Pemilik Rumah Sedang Tidak di Tempat

Jendela juga dapat menjadi penanda ada tidaknya seseorang di dalam rumah. Hal itu dapat diperhatikan dari terbuka atau tertutupnya jendela.

Jika penghuni rumah sedang berada di dalam rumah, biasanya jendela akan terbuka untuk menjaga sirkulasi udara tetap lancar. Namun jika jendela tertutup, biasanya pemilik rumah sedang tidak ada di dalam rumah.

Saat ingin bertamu ke rumah kerabat, biasanya hal ini juga dapat menjadi ciri ada tidaknya sang pemilik rumah.

·         Untuk Sarana Dekorasi

jendela untuk sarana dekorasi

Mempercantik tampilan rumah dengan melakukan modifikasi dan penggunaan hiasan sebagai sarana dekorasi dapat menjadi pilihan. Dan untuk Anda yang berminat untuk mempercantik hunian dengan sarana dekorasi yang juga memiliki nilai secara fungsional, Anda dapat mengakalinya dengan jendela.

Anda dapat membuat jendela dengan bentuk yang menarik. Bisa pula dengan cara melapisi jendela menggunakan cat yang warnanya mampu membuat tampilan jendela tampak lebih ciamik. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan tanaman hias maupun beberapa hiasan lainnya untuk mempercantik dekorasi ruangan.

Kesan unik dan artistik akan semakin terlihat dari rumah Anda jika Anda mampu memanfaatkan jendela dengan benar sebagai sarana dekorasi. Sehingga manfaat jendela di dalam rumah Anda memiliki peran esensial dan tetap fungsional.

promo produk white agent wa-250

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *