Begini Siklus Hidup Kumbang Bubuk, Hama yang Merugikan Itu

0
107

Mengenal siklus hidup kumbang bubuk akan mempermudah kita mengantisipasi dan mengatasi hama tersebut.

Kumbang Bubuk? Apa itu Kumbang Bubuk?

Pernahkah Anda mendengar hewan dengan nama kumbang bubuk? Barangkali jarang atau bahkan tidak pernah. Namun sebetulnya banyak di antara kita yang sudah sering melihat “dampak” dari aktivitas serangga ini. Misalnya ketika kita mendapati mebel di rumah yang tiba-tiba mengeluarkan bubuk kayu aneh. Atau ketika dari tiang kayu di rumah juga muncul bubuk serupa. Fenomena ini merupakan tanda bahwa ada kumbang bubuk di rumah Anda. Nama kumbang bubuk sendiri jelas merujuk pada hasil kerja kumbang terkait yang berupa bubuk kayu. Namun di masyarakat, tak jarang serangga ini dinamai:

  1. Totor
  2. Teter

Sedangkan dalam Bahasa Inggris, kumbang ini biasa disebut wood boring beetle. Nama tersebut merujuk pada aktivitas serangga terkait yang memang gemar mengebor kayu, baik itu kayu perabot ataupun kayu bangunan.

Dampak

Secara sekilas saja, kita bisa mengatakan bahwa kumbang ini cenderung merugikan. Aktivitasnya mengebor kayu dan menjadikan substrat kayu solid menjadi bubuk bisa merusak mebel dan bahkan rumah yang kita punya.

siklus hidup kumbang

Apalagi, pengeboran yang dilakukan kumbang ini pun seringkali dalam dan berkelok-kelok. Selain itu, tak jarang kumbang ini menyerang dalam jumlah lebih dari 1. Kerusakan yang dirasakan pun akan meningkat yang pada akhirnya bukan hanya menyerang kayu saja, tetapi:

  1. Menyebabkan kerugian finansial
  2. Meningkatkan resiko keselamatan, terutama bila kumbang menyerang konstruksi bangunan

Siklus Hidup Kumbang Bubuk Kayu

Memahami bagaimana kumbang bubuk kayu bisa menyebabkan kerugian dengan jumlah tak sedikit, antisipasi sebaiknya dilakukan. Nah, sebelum kita bicara mengenai cara untuk mengatasi serangga ini, ada baiknya kita membahas dulu mengenai siklus hidup serangga tersebut.

Siklus hidup? Ya. Wood boring beetle adalah serangga yang memiliki siklus hidup yang khas. Terdapat proses metamorfosis yang mereka jalani. Berikut ini tahapan kehidupan atau siklus hidup kumbang bubuk kayu.

  1. Fase telur. Pada fase ini, kumbang masih berbentuk telur. Induk telur akan meletakkan calon kumbang baru tersebut ke lubang atau celah di dalam kayu.
  2. Fase larva. Pada fase ini, kumbang akan mulai memakan kayu tempatnya tinggal. Larva akan terus menggali ke dalam kayu dan memakan lebih banyak substrat material tersebut. Bisa dikatakan, inilah fase yang paling destruktif dalam keseluruhan siklus hidup kumbang bubuk kayu. Fase ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun, bahkan ada yang lebih dari 3 tahun.
  3. Fase pupa. Fase ini terjadi ketika larva akan berubah menjadi kumbang muda. Fase pupa berlangsung dari 6 sampai 8 minggu.
  4. Fase kumbang muda. Setelah fase pupa selesai, kumbang muda akan mencari jalan keluar dari kayu.
  5. Fase kumbang dewasa. Pada fase ini, kumbang siap kawin. Dan setelah perkawinan terjadi, kumbang dewasa betina akan menghasilkan telur, lalu mulai mencarikan kayu sebagai tempat anakannya kelak tumbuh. Peletakkan telur sendiri biasanya dalam jumlah yang cukup signifikan.
kerusakan kumbang teter

Dari sini, bisa kita katakan bahwa:

  1. Kerusakan yang diakibatkan wood boring beetle akan berdampak dalam jangka panjang, mengingat fase destruktifnya berlangsung tahunan.
  2. Jumlah telur yang diletakkan induk bisa saja banyak. Bisa juga kayu terkait digunakan induk-induk yang berbeda. Akibatnya, kerusakan kayu akan makin cepat terjadi.
  3. Kerusakan akibat wood boring beetle terjadi di dalam kayu. Jadi ada kalanya, permukaan produk kayu (misalnya mebel) tampak baik-baik saja. Namun ternyata produk mengalami kerapuhan.

Selain ketiga poin di atas, dengan memahami siklus hidup kumbang bubuk, kita juga bisa mengidentifikasi tanda-tanda serangan serangga ini.

Tanda Serangan Kumbang Bubuk

  1. Adanya keluaran berupa bubuk atau partikel kecil kayu dari lubang di permukaan atau dari celah pada produk kayu
  2. (Kadangkala bila jumlah serangannya banyak), Anda akan melihat lubang-lubang dalam jumlah besar di permukaan kayu.
  3. Kayu menjadi rapuh. Salah satu tandanya, bunyi kayu ketika diketuk menjadi lebih nyaring. Sedangkan bila kerusakannya sudah sangat parah, kayu bisa patah lalu memperlihatkan tanda adanya alur lubang yang dibuat oleh larva kumbang bubuk.
siklus hidup kumbang bubuk

Mengatasi Kumbang Bubuk dengan BioCide

Dengan mengetahui siklus hidup kumbang bubuk seperti yang disebutkan di atas, kita bisa mengenali sejak awal serangan serangga ini. Tapi bagaimana dengan antisipasi dan juga cara untuk membasmi kumbang bubuk yang sudah menyerang?

Untuk mengatasi kumbang bubuk, jelas caranya tidak mudah. Sebab, kita harus bisa membasmi larva yang mungkin bersembunyi jauh di dalam kayu. Akan lebih baik bila kita berusaha mengatasi dulu.

Untuk kebutuhan ini, kita bisa memanfaatkan obat antiserangga kayu, BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah insektisida dengan sifat kerja efektif dan efisien. Anda bisa mengaplikasikan produk ini pada kayu dengan cara dijadikan larutan perendaman sampai larutan penyiraman. Proses tersebut akan membuat kayu menjadi toksik bagi hama seperti kumbang bubuk. Selain itu, tentu saja Anda juga bisa menggunakan produk ini untuk membasmi hama serangga yang telah menyerang.

BIOCIDE INSECTICIDE

Cara Memesan BioCide Insecticide

BioCide Insecticide memang merupakan produk obat terbaik yang bisa digunakan untuk mencegah sekaligus mengatasi kumbang bubuk. Produk ini sekarang juga sudah bisa dibeli secara online, lho. Pembelian BioCide Insecticide secara online bisa dilakukan dengan cara memesan kami secara langsung. Hubungi saja kami via kontak yang disediakan, baik lewat WA, telepon, SMS, dan lain sejenisnya. Anda pasti akan dipandu CS kami dengan ramah dan profesional. Pasca pembelian, Anda juga bisa meminta layanan konsultasi gratis untuk penggunaan BioCide.

Pembelian online juga bisa dilakukan di berbagai marketplace. Kami sengaja membuka opsi pembelian ini mengingat banyak pelanggan kami yang memang terbiasa belanja di online shop.

Bagaimana dengan pembelian secara langsung? Pembelian secara langsung atau konvensional jelas juga bisa dilakukan. Pembelian secara langsung bisa Anda lakukan dengan mengunjungi kami di Bio Service Point. Bagi Anda yang berlokasi di Jepara, Cirebon, dan Yogyakarta, Anda bisa melakukan cara pembelian ini. Selain itu, silahkan hubungi CS kami dan dapatkan informasi alamat agen kami yang lokasinya paling dekat dengan lokasi Anda.

Kesimpulan

Kumbang bubuk kayu adalah salah satu jenis kumbang yang bersifat destruktif untuk aneka jenis produk kayu mulai dari mebel sampai konstruksi bangunan. Kumbang seperti ini membuat struktur kayu rusak sehingga kekokohan produk berkurang dan keindahannya pun menurun.

Di lapangan, kumbang ini sering dinamai sebagai teter atau totor karena kemunculan bubuk sebagai indikasi serangannya. Tapi tahukah Anda bahwa kumbang ini hanya destruktif pada fase tertentu? Kumbang bubuk kayu memiliki suatu siklus hidup khusus. Dari telur, larva, kumbang muda, sampai kumbang dewasa memiliki ciri khas tersendiri. Mengetahui siklus kumbang bubuk kayu ini akan membantu kita mengantisipasi dan mengatasi kehadiran hama ini.

Semoga bermanfaat! Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com.

SHARE

Leave a Reply