Obat Anti Serangga BioCide Efektif Basmi Serangga Pada Natural Fiber

Natural fiber atau serat alam sering dimanfaatkan sebagai kerajinan dan sangat rentan terhadap serangga. Untuk mencegah hadirnya serangga perusak, aplikasi obat anti serangga BioCide.

Lahan yang luas dan sabar di Indonesia menjadikan negara ini sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah. Banyaknya tanaman yang tumbuh membuat masyarakat memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan. Suku pedalaman di Indonesia banyak memanfaatkan serat alam untuk berbagai kebutuhan rumah tangga atau bahkan digunakan sebagai ritual adat. Sedangkan kebutuhan umum masyarakat Indonesia, serat alam banyak dimanfaatkan sebagai kerajinan, perabotan, furniture atau bahkan komponen bangunan.

Obat Anti Serangga BioCide Efektif Basmi Serangga Pada Natural Fiber

Manfaatnya yang beragam dari serat alam tersebut tentu menghasil pundi-pundi rejeki yang melimpah. Sehingga wajar saja jika muncul pengrajin yang memanfaatkannya untuk dijual kembali. Di tangan pengrajin tersebut, serat alam bisa dibentuk menjadi berbagai bentuk dan memiliki harga jual yang tinggi. Namun, kendala bagi pengrajin terutama pengrajin pemula adalah mudahnya serat alam terserang serangga. Serangga yang sering menyerang serat alam biasanya adalah rayap atau teter. Untuk mencegah munculnya serangga tersebut maka dibutuhkan obat anti serangga BioCide yang dikenal efektif mencegah dan membasmi serangga perusak.

Serat Alam Yang Sering Diserang Serangga Perusak

Serat alam yang banyak tumbuh di Indonesia menjadi sebuah berkah tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Karena dari serat alam tersebut, banyak bermunculan pengrajin yang mengais rejeki dan membuat berbagai bentuk kerajinan dengan nilai jual yang tinggi. Bahkan pasar kerajinan serat alam tidak hanya di nusantara saja melainkan hingga ke mancanegara. Warga negara lain lebih menyukai kerajinan dari serat alam karena dinilai lebih ramah lingkungan dan tampilannya yang unik. Sehingga wajar saja jika pemasaran kerajinan tangan dari serat alam cukup tinggi di pasar Internasional.

Seperti yang disinggung diatas bahwa serat alam merupakan material yang sangat rawan terhadap serangan serangga. Hal ini dikarenakan serat alam mengandung mineral atau bahkan selulosa yang sangat digemari oleh serangga tersebut. Biasanya serangga yang menyukai serat alam lebih menyerang bagian dalam sehingga sangat sulit untuk diketahui keberadaan dari serangga tersebut. Serangga yang sudah menyerang serat alam pada umumya akan meninggalkan jejak sepeirti butiran-butiran halus, jika sudah demikian maka diperlukan pengobatan. Nah, salah satu pengobatan yang paling efektif untuk membasmi serangga adalah obat anti serangga BioCide. Namun, sebelum membahas mengenai obat anti serangga tersebut, ada baiknya untuk membahas mengenai serat alam apa saja yang disukai oleh serangga perusak.

Berikut beberapa serat alam yang disukai oleh serangga perusak:

  1. Bambu

Obat Anti Serangga BioCide Efektif Basmi Serangga Pada Natural Fiber

Bambu sudah dikenal masyarakat sebagai material bangunan karena dijaman dahulu bambu sering digunakan sebagai pondasi rumah bahkan bagian atap. Bahkan hingga saat ini, sebagian masyarakat masih banyak yang memanfaatkan bambu sebagai komponen bangunan. Tidak jarang, rayap kadangala menyerang bambu terutama di musim hujan. Jika jaman dahulu, untuk mencegah bambu diserang rayap maka disiram dengan oli atau minyak tanah. Namun, jika saat ini teknologi sudah berkembang dan banyak obat pembasmi serangga untuk serangga perusak serat. Serangga yang biasanya menyerang bambu adalah kumbang bubuk atau kumbang bambu jenis Bostrichids. Serangga ini merupakan serangga yang menyerang pada kayu atau bambu keras maupun lunak dan tidak mengenal musim.

  1. Rotan

Tanaman rambat yang satu ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai kerajinan tangan dan furniture. Rotan menjadi salah satu tanaman paling banyak tumbuh di Indonesia dan dunia. Bahkan sekisar 80% rotan banyak dihasilkan di Indonesia sehingga wajar saja jika rotan seringkali di ekspor ke berbagai negara. Namun, apabila rotan tidak dirawat dengan baik maka akan mudah terserang rayap seperti kumbang bubuk atau kumbang bambu.

  1. Enceng Gondok

Obat Anti Serangga BioCide Efektif Basmi Serangga Pada Natural Fiber

Pasalnya enceng gondok dikenal sebagai hama bagi penduduk karena tumbuh di perairan dengan pesar dan membuat perairan menjadi kumuh. Namun, enceng gondok akan berubah di tangan pengrajin menjadi berbagai bentuk dan dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan. Namun, seperti halnya dengan bambu dan rotan, enceng gondok juga sangat rawan terhadap serangga terutama serangga yang sangat menyukai serat lunak seperti kumbang bubuk. Pada umumnya, larva akan menyerang bagian dalam dan meninggalkan rongga yang membuat enceng gondok rapuh.

Masih banyak lagi serat alam yang sangat rawan terhadap serangga bahkan hampir semua jenis serat alam sangat rawan serangga seperti kumbang bubuk atau rayap. Serangga-serangga tersebut sangat menyukai material yang lunak dan mengandung banyak mineral dan kandungan lainnya. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk mengaplikasikan larutan kimia atau cat pada lapisan serat tersebut untuk mencegah munculnya serangga-serangga perusak.

Serangga yang menyerang rotan, bambu atau serat alam lainnya biasanya ada yang aktif dan ada yang pasif. Hal ini tergantung dari jenis serangga tersebut, pada umumnya larva serangga tersebut yang menjadi faktor perusak utama dari serat alam sebab menyerang pada bagian dalam. Sedangkan serangga hanya menyerang bagian luar atau hanya sekedar bertelur.

Aplikasikan Obat Anti Serangga BioCide Untuk Cegah Munculnya Serangga

Setelah membahas mengenai berbagai serat alam yang sangat mudah terserang serangga, tidak akan afdol rasanya jika tidak membahas mengenai pencegahan munculnya serangga tersebut. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa serangga seperti kumbang bubuk, rayap maupun serangga perusak serat lainnya sangat menyukai berbagai kandungan dalam serat. Hal ini lah yang menjadikan serat-serat (natural fiber) sangat rawan terserang serangga. Ada sebagian serangga yang cukup sulit dihilangkan jika sudah menyerang serat alam tersebut. Maka dari itu, sebelum serat alam tersebut terserang serangga alangkah baiknya untuk mencegah kemunculan dari serangga-serangga tersebut.

Sebagai langkah pencegahan, dahulu banyak orang tua kita memanfaatkan minyak tanah atau oli untuk mencegah munculnya rayap atau serangga lainnya. Namun, seiring perkembangan jaman dan teknologi yang semakin maju, kini telah banyak bermunculan obat anti serangga yang khusus diperuntukkan serat alam atau kayu. Salah satu obat anti serangga yang efektif untuk mencegah maupun membasmi serangga adalah obat anti serangga BioCide.

BioCide Insectide ini jauh lebih ramah lingkungan daripada produk anti serangga lainnya karena mengandung bahan akti Cypermethrine 100Ec. Bahkan obat anti serangga ini lebih ramah lingkungan karena Anda hany cukup mencampurkannya dengan air. Meskipun obat anti serangga ini lebih aman dan ramah lingkungan dari produk lain, namun juga tidak menutup kemungkinan menimbulkan iritasi baik melalui kulit, mata, maupun pernafasan dikarenakan obat anti serangga tersebut mengandung bahan kimia tertentu. Maka dari itu, selama pengaplikasian tetap menggunakan perlengkapan keamanan seperti masker, sarung tangan, pakaian panjang dan kacamata. Perlengkapan keamanan ini sangat penting guna mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan. Tetap perhatikan keamanan diri Anda selama bekerja!

Leave a Comment