Solusi Rumah Rusak Setelah Banjir Supaya Bebas Rayap dan Teter

Rumah rusak setelah banjir bisa memberikan dampak lanjutan berupa serangan rayap dan jamur di tembok, lantai, sampai rangka kayu bangunan. Bagaimana ya cara mengatasinya?

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Jakarta dan sekitarnya menjadi salah satu tempat di mana banjir terjadi paling masif dengan kerugian terbesar seantero negeri. Tahun 2020 ini, skala kerusakan akibat banjir juga menunjukkan peningkatan. Apalagi banyak orang yang tidak menyangka terjadi bencana ini selepas malam tahun baru.

Dilansir dari beberapa media, kerugian akibat banjir Jakarta dan sekitarnya diperkirakan mencapai angka milyaran rupiah. Bahkan ada yang memberikan estimasi kerugian sampai triliunan rupiah.

Bagi masyarakat sendiri, tanggungan kerugian gara-gara banjir bisa dirasakan sangat memberatkan. Kerugian akibat furniture dan barang elektronik yang terendam sampai kendaraan yang hanyut jelas membuat masyarakat resah. Itupun belum termasuk kerugian lanjutan akibat bencana ini.

Kerugian lanjutan?

Ya. Meski hanya terjadi selama beberapa hari, banjir bisa berefek sampai bertahun-tahun kemudian. Apalagi bagi rumah kita dan segala isinya yang terkena imbas secara langsung.

Rumah Lembab, Kotor, dan Berhama

Salah satu dampak lanjutan paling umum akibat banjir bisa ditemukan di rumah kita dan segala isi di dalamnya. Tahukah Anda bahwa rumah yang kebanjiran:

alterntif text
  1. Lebih lembab dan berlokasi di lingkungan yang lembab. Kelembaban yang tinggi apabila tidak diatasi bisa merugikan kita dari aspek kesehatan sampai kenyamanan. Udara lembab juga menjadi sumber berbagai hama yang bisa menyebabkan kerusakan pada rumah lebih lanjut.
  2. Sarang hama bawaan air banjir. Banjir mengalirkan berbagai hal di rumah kita. Di antara hal-hal yang dialirkan bukanlah sesuatu yang baik. Misalnya saja bakteri dan telur hama. Akibatnya, pasca banjir, seringkali ditemukan rumah yang kemudian berjamur dan juga diserang rayap dengan sangat parah.
  3. Tidak menarik secara estetika. Keindahan rumah memang akan menurun selepas direndam banjir. Akibatnya, kenyamanan dalam rumah pun akan terganggu.

Berbagai hal di atas selanjutnya akan membuat rumah mudah rusak dan tidak ideal ditinggali. Padahal, selain bisa dijadikan tempat tinggal, rumah bisa menjadi aset berharga di masa depan.

rumah rusak akibat banjir

Solusi Mengatasi Rumah Rusak Setelah Banjir

Berbagai dampak lanjutan di atas jelas harus diatasi sesegera mungkin. Kita tak bisa mengabaikannya sebab rumah adalah tempat utama kita beraktivitas dan berkumpul dengan keluarga. Bila rumah rusak dan tidak sehat, kita akan merasakan dampak buruknya secara langsung.

Sayangnya, selama ini perbaikan rumah rusak pasca banjir sering dilakukan ala kadarnya. Banyak warga yang hanya membersihkan lalu mengecat ulang rumahnya. Padahal ada satu langkah penting yang sama sekali tidak bisa diabaikan. Agar lebih jelas, silahkan ketiga tips dari kami di bawah ini untuk mengatasi rumah yang mengalami kerusakan pasca kebanjiran.

Pembersihan dan Pengeringan

Solusi pertama yang merupakan solusi mendasar adalah melakukan pembersihan dan juga pengeringan. Pembersihan sangat perlu dilakukan karena rumah yang baru terkena dampak kebanjiran akan mengandung sangat banyak bakteri dan zat-zat beracun yang buruk bagi kesehatan. Lakukan pembersihan secara menyeluruh bersama anggota keluarga supaya hasilnya benar-benar baik. Apalagi bila Anda memiliki anak kecil di rumah. Pembersihan tidak boleh dilakukan “ala kadarnya” saja. Selanjutnya, jangan lupa untuk melakukan pengeringan. Keringkan rumah dan perabot dalam rumah supaya tidak lembab. Bagi Anda yang tinggal di rumah yang ventilasinya kurang, Anda bisa menggunakan lap dan kipas angin.

Mencegah Hama dengan BioCide

rumah rusak setelah banjir

Rumah yang pernah diterjang banjir akan menjadi target empuk bagi para hama. Dinding yang lembab, furniture yang basah, dan lain sebagainya akan membuat rumah mudah rusak karena serangan jamur, kumbang bubuk (menyebabkan fenomena kayu bubukan), sampai diserang rayap. Jadi saran kami, sebelum finishing dilakukan pastikanlah rumah aman dari hama terutama di bagian kayu, bambu, dan sejenisnya. Dalam hal ini, kita bisa menggunakan BioCide Insecticide untuk mencegah serangan hama serangga. Caranya? Sangat mudah! Oleskan saja BioCide Insecticide yang sudah diencerkan seperlunya pada permukaan kayu dan bambu mebel serta bangunan.

Bagaimana bila langkah ini dilewati? Sebaiknya jangan. Sebab serangan hama bisa berimbas sangat buruk. Kehadiran rayap, kumbang bubuk, dan lain sebagainya akan membuat rumah jadi kurang sehat, lembab, dan mudah rusak. Kerugian yang harus ditanggung akan sangat besar di kemudian hari. Padahal, properti seperti rumah adalah aset penting yang kalau dijaga bisa memberikan keuntungan besar.

Begini Cara Memesan BioCide Insecticide

Penggunaan insektisida BioCide Insecticide akan memberikan banyak keuntungan pada Anda. Makanya tips ini betul-betul kami sarankan sebagai solusi mengatasi rumah rusak setelah banjir. Bagi Anda yang ingin membeli BioCide Insecticide sendiri, Anda bisa membeli di Bio Service Point. Saat ini, Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Anda juga bisa membeli secara online dengan menghubungi CS kami yang kontaknya tersedia di website ini. Customer Service kami pasti akan melayani Anda dengan ramah dan juga menyenangkan. Jadi jangan segan untuk segera menghubungi dan memesan produk BioCide Insecticide.

BIOCIDE INSECTICIDE untuk rumah rusak setelah banjir

Finishing dengan Finishing Tahan Air

Aplikasikanlah finishing yang tahan air. Dengan bahan finishing yang tahan air, rumah Anda akan lebih aman dari banjir yang bisa saja terjadi di kemudian hari. Finishing tahan air juga akan membuat tembok tidak rembes sehingga rumah tidak berjamur dan lembab.

Sebagian pembaca mungkin mengira bahwa solusi mengatasi rumah rusak setelah banjir ini akan memakan biaya yang mahal. Padahal, sebetulnya kita bisa mengakalinya. Misalnya dengan menerapkan finishing tahan air di separuh bawah dinding yang sering terkena banjir. Beli saja coating tahan air yang bagus dan terapkan di area dinding bagian bawah sampai ketinggian yang aman dari terjangan banjir. Jadi Anda bisa berhemat lebih banyak.

Sebetulnya, tidak sulit menerapkan solusi mengatasi ruma rusak setelah banjir di atas. Yang jelas, pertama-tama kita harus menyadari bahwa kerusakan rumah akibat banjir bisa berdampak dalam jangka panjang dan memberikan imbas pada berbagai hal mulai dari kesehatan sampai estetika. Menyadari ini, seyogyanya kita mengantisipasinya dengan melakukan perbaikan yang menyeluruh dan baik. Misalnya, supaya rumah lebih sehat, kita perlu menerapkan treatment antihama dulu. Anda bisa menggunakan produk kami, BioCide Insecticide. BioCide Insecticide bisa dikuaskan pada furniture dan rangka rumah sebelum dicat. Aplikasi BioCide Insecticide ini akan membuat mebel dan rumah bebas kecoa, rayap, bubukan (kumbang bubuk), dan masih banyak lagi. Usia pakai mebel dan rumah pun bisa meningkat secara signifikan.

Nah, sekiranya inilah yang bisa kami bagikan mengenai cara mengatasi rumah rusak setelah banjir. Pembersihan saja memang tidak cukup dilakukan. Untuk menjaga linkungan rumah tetap baik, diperlukan pencegahan terhadap hama yang sangat krusial.

Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda, ya.

Solusi Rumah Rusak Setelah Banjir Supaya Bebas Rayap dan Teter

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply