Mengenal Lebih Dekat Kumbang Penggerek Kayu

Tipe kerusakan yang diakibatkan serangga ini luar biasa mengerikan. Ini dia kumbang penggerek kayu yang bahkan ditakuti perusahaan kayu skala besar.

Ada banyak serangga yang menjadi musuh perusahaan kayu. Salah satu yang paling populer adalah kumbang penggerek kayu. Serangga ini menyerang pada saat fase larva.

kumbang penggerek kayu
kumbang penggerek kayu

Bentuk larva kumbang penggerek kayu mirip ulat. Tubuhnya silinder memanjang dengan sungut yang tak kalah panjang. Panjang tubuh larva serangga ini bahkan bisa mencapai 7 cm. Namun berbeda dengan ulat, kumbang ini memiliki rahang yang keras. Rahang inilah yang menyebabkannya bisa merusak kayu dengan kemampuan masif.

Jenis Pohon yang Diserang

Ada beberapa spesies pohon yang biasa dijadikan sasaran kumbang penggerek kayu. Di antaranya pohon mangga, durian, jambu, dan kenari. Tiap jenis pohon terserang kumbang penggerek yang berbeda-beda. Namun jenis kerusakan yang ditimbulkan kurang lebih sama.

Hampir semua larva kumbang penggerek tumbuh dan memakan kayu di bawah jaringan kulit luarnya. Larva-larva tersebut menciptakan terowongan silinder panjang. Struktur kayu pun keropos dan pada akhirnya tak bisa digunakan lagi untuk keperluan komersil.

Proses Masuknya Larva Kumbang Penggerek Kayu

Sama seperti jenis serangga lainnya, infeksi kumbang penggerek dimulai ketika induk kumbang meletakkan telurnya pada celah pohon. Setelah menetas, telur tumbuh besar sebagai larva sambil terus merusak substrat kayu. Kerusakan paling fatal terjadi ketika kumbang sampai pada kedalaman tengah kayu. Pada bagian yang menjadi tempat pembuluh pohon (untuk menghantarkan nutrisi dan air) tersebut, kerusakan akan berdampak pada keseluruhan pohon. Kasus seperti ini sangat sering didapati petani mangga. Cabang kayu pohon mangga mereka kadangkala tiba-tiba roboh padahal dari luar tampak tak ada masalah.

alterntif text

Kayu yang Sudah Terinfeksi

Kayu yang sudah terinfeksi serangga ini masih bisa digunakan selama kerusakannya belum benar-benar parah. Namun bila kerusakannya sudah sangat parah, kayu-kayu tersebut tak akan bisa digunakan lagi. Sebab kerusakan yang terjadi adalah kerusakan fisik yang menyebabkan material kayu rusak.

Tanda-tanda

Dari luar, tak begitu terlihat ada tanda-tanda kerusakan serangga kumbang penggerek. Namun ada satu karakteristik khusus yang bisa Anda andalkan: keberadaan kotoran mirip blendok (semacam getah kuning kental) yang keluar dari pohon jeruk.

Sekilas Cara Mengatasinya

Pencegahan hama ini cukup sulit dilakukan. Larva yang sudah bersarang di batang tak bisa dibasmi dengan mudah menggunakan insektisida sistemik. Untuk membasminya, kita harus mencari lubang larva lalu memasukkan insektisida kontak yang bagus seperti Permethrine 125 EC ke dalamnya. Padahal, mencari lubang yang benar cukup sulit.

Akan lebih baik bila sejak awal kayu-kayu ditreatment secara khsusu. Material kayu bisa ditreatment dengan anti serangga permethrine 125 EC sehingga ke depannya, kayu-kayu tersebut lebih tahan terhadap serangan kumbang penggerek.

Mengenal Lebih Dekat Kumbang Penggerek Kayu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply