Inspirasi Dinding Kayu Minimalis yang Bikin Ruangan Makin Memikat

Bisnis property sedang marak di negara-negara seperti Indonesia. Jumlah kelas menengah yang bertambah membuat demand akan bisnis ini menjadi lebih kuat.

Tembok kayu dengan desain minimalis jelas sesuatu yang menarik. Minimalisme merupakan sebuah gaya mengedepankan kesederhanaan dan efisiensi. Gaya ini kadang terkesan dingin dan berjarak.

Sementara itu, kayu yang merupakan bahan organik selalu bisa memberikan kesan hangat. Jika minimalisme dipadukan dengan kayu, kita akan mendapati efisiensi dan kesederhanaan yang lebih lembut dan “welcoming.”

Jika tertarik untuk mempercantik interior dengan perpaduan kedua hal tersebut, Anda bisa langsung melihat beberapa inspirasi sekaligus contoh tembok kayu dengan sentuhan gaya minimalisme yang memukau berikut ini.

5 Contoh Dinding Kayu Minimalis

1. Warna Kayu Muda

dinding kayu minimalis

Cokelat muda adalah warna yang memberikan kesan natural namun dengan cara yang lebih ringan. Warna ini tidak begitu mendominasi dan bisa dipadukan dengan warna lain yang sama ringannya atau yang lebih tajam.

Untuk ruang minimalis, dinding kayu coklat muda bisa dikombinasikan dengan tembok biasa yang dicat putih, abu-abu, atau hitam. Pilih yang sekiranya bisa memperkuat kesan yang Anda inginkan.

Sebagai contoh, untuk kesan yang lebih ringan, paduan coklat muda dan putih bisa menjadi opsi. Sebab keduanya memiliki impresi yang sama ketika dilihat orang.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan kayu yang bebas knot atau mata. Knot atau mata bisa membuat kayu terlihat rustic dan belum tentu cocok dengan gaya minimalis. Jenis kayu yang banyak knotnya antara lain adalah pinus.

2. Warna Kayu Coklat Tua

dinding minimalis kayu berwarna coklat tua

Warna coklat tua juga memberikan kesan natural namun dengan nuansa lebih berani dan membumi. Warna ini mengingatkan kita pada batang kayu dan tanah, dan bukan dedaunan yang layu sebagaimana coklat muda.

Dinding kayu minimalis dengan warna ini tidak boleh dipadukan sembarangan. Sebab gaya minimalisme tidak boleh memberikan aksen yang terlalu tajam. Kombinasikanlah warna ini dengan warna lainnya yang lebih lembut. Kesan tajam bisa direduksi dan membuat ruangan setia dengan aksen efisiennya.

3. Warna Hitam dan Abu-abu

dinding kayu minimalis unik berwarna hitam

Apakah Anda tak suka dengan aksen natural kayu yang berlebihan? Bila jawabannya iya, pertimbangkanlah memilih warna dinding kayu hitam atau abu-abu.

Berbeda dengan cokelat, warna hitam menyimbolkan elegansi, formalitas, dan kemisteriusan. Di sisi lain, warna abu-abu melambangkan netralitas, kehangatan, dan kesederhanaan. Kedua warna ini bisa memberikan “feel” atau rasa yang lebih berjarak dibanding warna cokelat.

Kedua warna pun bisa dipadukan dengan tembok yang dicat dengan warna-warna muda. Misalnya putih atau abu-abu muda. Selebihnya, untuk kombinasi dengan warna lain yang sama-sama tua, Anda harus lebih berhati-hati.

Sebab, bukannya membuat ruangan jadi minimalis, bisa-bisa ruangan malah terlihat gothic! Padahal gaya tersebut sangat berlainan dengan style minimalisme.

4. Warna Solid

model dinding kayu minimalis warna solid dan pastel

Meski cukup jarang, namun ada juga lho dinding kayu yang dicat dengan warna-warna solid pastel. Misalnya saja warna pink, biru muda, dan lain sebagainya.

Khusus untuk desain minimalis, sebaiknya jangan memilih warna yang terlalu kuat. Misalnya, daripada memilih warna oranye, pilihlah warna peach lembut. Dan daripada memilih warna hijau neon, pilihlah warna hijau muda.

Pemilihan warna yang tajam akan membuat ruangan terlihat seolah didesain dengan aksen modern. Salah satu perbedaan gaya modern dengan gaya minimalis memang terletak pada pemakaian warna-warna yang berani dan tajam.

5. Warna Putih

dinding kayu minimalis dengan warna putih

Terakhir namun tak kalah penting, jangan lupakan dinding kayu minimalis dengan warna putih. Putih adalah warna yang melambangkan banyak kesan, seperti netralitas, keseimbangan, dan kedamaian.

Putih juga bisa membuat suatu ruangan yang bersih terlihat semakin bersih. Warna ini juga bisa membuat ruangan sempit terlihat lebih luas.

Ketika diaplikasikan pada dinding kayu, kesan-kesan tersebut bisa dihadirkan pada sebuah ruangan. Lantas bagaimana tips warna ini dipadukan dengan yang lain?

Secara umum, putih cocok dengan hampir semua warna. Anda bisa memadukan warna ini dengan furniture yang difinish dengan warna coklat muda transparan, hingga elemen dekorasi yang juga berwarna putih.

Selalu Sedia BioCide Insecticide untuk Lindungi Dinding Kayu Minimalis

Penggunaan dan pembuatan tembok berbahan kayu memang memberikan nuansa dan keindahan tersendiri. Kelima contoh di atas pun memperlihatkan betapa beragamnya keindahan yang bisa dinikmati. Namun demikian, material kayu sangat rentan dari serangan hama, terutama rayap.

Pada bangunan biasa, rayap seringkali hanya menyerang bagian lantai dan membiarkan tembok yang terbuat dari batu bata semen. Namun, dengan penggunaan kayu sebagai dinding, serangan rayap bisa lebih masif terjadi.

Antisipasi serangan rayap jelas perlu dilakukan baik oleh produsen dinding maupun konsumen. Dalam hal ini, kedua belah pihak bisa memanfaatkan insektisida seperti Biocide Insecticide.

Untuk produsen, Biocide Insecticide dapat digunakan sebelum kayu difinish. Bahan kayu yang digunakan dapat direndam atau diolesi dulu dengan obat ini supaya tidak disukai rayap. Untuk konsumen juga bisa melakukan hal yang sama sebagai bentuk mitigasi, juga bentuk pembasmian jika material kayu sudah terlanjur terserang rayap.

Leave a Comment