Perbedaan Kumbang Bubuk yang Asli dan Palsu

Ada kalanya, yang kita duga sebagai kumbang bubuk kayu/bambu, ternyata bukan termasuk golongan kumbang tersebut. Lalu, apa perbedaan kumbang bubuk yang asli dan palsu? 

Penampakan Kumbang Bubuk Kayu, spesies Lyctus planicollis.
Penampakan Kumbang Bubuk Kayu, spesies Lyctus planicollis.

Kumbang bubuk kayu adalah kumbang hama yang keberadaannya sering terindentifikasi lewat lubang dan bubuk kayu yang dihasilkan. Dalam entomology (ilmu tentang serangga), istilah kumbang bubuk merujuk pada sekelompok kumbang dari sub family Lyctinae. Namun dalam kehidupan sehari-hari, kumbang ini sering disamakan dengan kumbang pengebor lainnya. Misalnya kumbang Deathwatch dari kelompok Anobiidae.

Padahal, perbedaan kumbang bubuk yang asli dan palsu cukup signifikan. Dengan mengetahui perbedaan tersebut, langkah yang Anda lakukan untuk mengatasi dan mencegah serangannya kembali juga akan menjadi jauh lebih efektif. Sebab, ada beberapa hal yang tak perlu dilakukan untuk mencegah dan mengatasi kumbang bubuk asli namun harus dilakukan untuk mencegah maupun mengatasi kumbang pengebor lainnya.

5 Perbedaan Kumbang Bubuk yang Asli dan Palsu

Berikut ini daftar perbedaan kumbang bubuk yang asli dan palsu. Yang dimaksud kumbang palsu disini adalah jenis jenis kumbang yang sering disangka sebagai kumbang bubuk, yakni deathwatch dan false powderpost beetle dari kelompok Bostrichidae.

Tes pena bisa dilakukan untuk membedakan apa jenis kumbang pengebor yang menginfeksi kayu Anda.
Tes pena bisa dilakukan untuk membedakan apa jenis kumbang pengebor yang menginfeksi kayu Anda.
  1. Lubang

Lubang yang dihasilkan kelompok kumbang bubuk yang asli (Lyctid) dan Deathwatch merupakan lubang keluar dari kumbang baru yang bermetamorfosis dari larva yang diletakkan induknya. Sedangkan lubang yang dihasilkan dari false powderpost beetle juga bisa berasal dari induknya ketika meletakkan telur di dalam substrat kayu. Sebab, berbeda dengan kelompok Lyctid dan Anobiidae, kelompok Bostrichidae tidak sekedar meletakkan telurnya lewat pori atau celah pada kayu. Perbedaan selanjutnya, terkait dengan ukuran lubang. Anda bisa melakukan “tes pena” untuk membedakan lubang ketiga kelompok tersebut. Lubang kumbang bubuk yang asli hanya bisa dimasuki oleh ujung bola pena, lubang Anobiidae bisa dimasuki sebagian ujung pena, dan lubang Bostrichidae bisa dimasuki seluruh ujung pena.

  1. Bubuk Kayu yang Dihasilkan
Perbedaan kumbang bubuk yang asli dan palsu (Lyctid dan Anobiid) bisa dilihat dari bubuknya.
Perbedaan kumbang bubuk yang asli dan palsu (Lyctid dan Anobiid) bisa dilihat dari bubuknya.

Bubuk kayu kumbang Lyctid secara umum lebih halus dibanding dua kelompok kumbang pengebor yang lain. Bubuk tersebut sangat lembut menyerupai bubuk bedak talek.

alterntif text
  1. Kayu yang Diinfeksi

Pada umumnya, kumbang bubuk yang asli hanya menginfeksi kayu muda di bawah 5 tahun, termasuk jenis kayu keras, dan belum difinish atau difinish tidak sempurna. Adanya lubang pada kayu muda keras juga bisa dimanfaatkan oleh kumbang bubuk yang asli. Kumbang ini juga lebih menyukai kayu kering dengan kelembaban kayu (MC) di bawah 8%. Ini sangat berbeda dengan kumbang Anobiidae yang menyukai kayu lembab dan kumbang Bostrichidae yang bahkan bisa menginfeksi material dari metal.

  1. Bentuk Tubuh

Kumbang bubuk yang asli memiliki bentuk tubuh dengan kepala yang mudah teridentifikasi dari bagian atas. Ini berbeda dengan kumbang Bostrichidae dan deathwatch yang kepalanya tidak begitu terlihat dari atas, karena posisinya yang tertutup bagian tubuh yang lain.

  1. Perilaku

Selain perilaku dari kayu yang diinfeksi, ada tanda khusus berupa perilaku lain yang sangat khas terdapat pada kumbang deathwatch dan tidak ditemukan pada kumbang bubuk. Bila Anda mendapati kayu Anda berlubang-lubang dan pada malam hari terdapat suara ketukan pelan, maka kemungkinan kayu Anda terserang kumbang deathwatch, bukan kumbang bubuk.

Demikian sekilas perbedaan kumbang bubuk yang asli dan palsu (deathwatch dan Bostrichidae). Dengan mengetahui perbedaan di atas, tentu harapannya Anda jadi tahu bagaimana cara penanganan yang paling tepat.

Rekomendasi 

Permethrine 125 EC.
Permethrine 125 EC.

Untuk mencegah serangan kumbang bubuk kayu, deathwatch, maupun bostrichidae, kami merekomendasikan Anda menggunakan Permethrine 125 EC. Anti serangga atau insektisida spektrum luas ini menggunakan bahan aktif permenthrin yang efektif membasmi berbagai jenis serangga namun relatif aman untuk kontak dengan manusia. Permethrine 125 EC juga bisa dilarutkan dengan air maupun solvent sehingga aplikasinya sangat fleksibel.

Info dan Pemesanan

Untuk kontak dan pemesanan, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Perbedaan Kumbang Bubuk yang Asli dan Palsu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply