Mau Buat Proposal Usaha Mebel? Baca ini dulu ya

0
69
proposal usaha mebel 2

Mau mengajukan pinjaman modal usaha furniture? Sebelumnya tentu Anda sudah harus membuat proposal usaha mebel terlebih dahulu.

Kedigdayaan industri mebel nasional memang sudah banyak dibuktikan. Meski dari kuantitas produksi masih kalah dibandingkan dengan raksasa seperti Tiongkok, namun prestasi ini tetap harus disyukuri. Setidaknya, industri ini mampu bertahan dari gempuran mebel-mebel impor. Namun tentu saja situasi ini tak selamanya bisa bertahan. Penurunan trend perkembangan produksi mebel sampai menurunnya kompetisi Indonesia di dunia adalah dua hal yang sangat mengkhawatirkan.

Lagipula, perubahan bisa saja terjadi. Bukan tak mungkin mebel impor tiba-tiba merajai pasar lokal. Oleh karena itulah, industri mebel nasional harus terus waspada. Bentuk kewaspadaannya pun harus nyata, misalnya saja dengan membuka peluang usaha furniture yang lebih luas, pun dengan menuntut pemerintah mendukung industri ini. Dengan demikian, pasar akan makin semarak dan kreativitas SDM Indonesia bisa tersalurkan dengan baik.

Masalah Modal

Bicara mengenai usaha mebel sendiri tentu tak lepas dari masalah modal. Prospek mendapat keuntungan besar lewat usaha ini sebagaimana dibahas pada artikel sebelumnya, sebenarnya cukup tinggi. Di sini, di Indonesia, tersedia SDM yang berkualitas di bidang pembuatan furniture, material yang beragam, sampai desain tradisional yang sangat banyak yang bisa mendukung usaha ini.

Sayangnya, untuk bisa membuka usaha mebel sendiri memang bukan sebuah perkara mudah. Salah satu hambatan terbesar yang harus diatasi adalah masalah modal. Ya, perkara modal inilah yang membuat banyak orang ragu. Sebab, angka lebih dari 5 juta setidaknya dibutuhkan untuk usaha ini. Itupun untuk usaha mebel kecil seperti usaha mebel yang menyediakan meja belajar bagi anak kuliah. Untuk usaha yang lebih besar dan menyasar rumah tangga, tentunya modalnya bisa sampai puluhan bahkan ratusan juga rupiah.

Solusinya Melakukan Pinjaman?

Lantas solusi apa yang bisa diambil atas kondisi tersebut? Apabila memang modal Anda belum terkumpul, ada baiknya Anda mengajukan pinjaman ke pihak ketiga. Pihak ini bisa berupa sebuah lembaga formal ataupun kepada perseorangan.

Nah, bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman ke lembaga formal seperti bank, tentu Anda harus bisa meyakinkan pihak bank tersebut. Anda harus bisa menunjukkan keseriusan atas usaha yang Anda jalani. Salah satunya adalah dengan membuat proposal usaha mebel.

Proposal? Ya, nyatanya pembuatan proposal pun tak jarang harus dilakukan agar kita bisa mendapatkan pinjaman yang cukup. Dalam proposal, Anda harus bisa meyakinkan pihak peminjam supaya meminjamkan dananya. Oleh karena itulah, pembuatan proposal seperti ini harus dilakukan dengan cermat. Jangan sampai salah memberikan kesan dan berbagai detil lainnya. Namun ingat, jangan membuat proposal yang terlalu kaku dan “sama saja” dengan proposal lainnya. Anda harus bisa menunjukkan keunggulan rancangan usaha Anda tersebut.

proposal usaha mebel 2

Yang Harus Diperhatikan saat Membuat Proposa Usaha Mebel

Nah, bagi Anda yang ingin membuat proposal bisnis furniture, Anda bisa menyimak beberapa hal di bawa ini. Perhatikan satu per satu dan hindari kesalahan yang sifatnya fatal.

  1. Apa latar belakang atau alasan membuka usaha mebel tersebut?
  2. Apa alasan paling praktis untuk mendukung usaha Anda?
  3. Berapa rincian biayanya dan untuk apa?
  4. Apa keunggulan dan kelemahan usaha Anda?
  5. Berapa prospek keuntungannya?
  6. Bagaimana pengelolaan limbahnya?
  7. Bagaimana supply material utama dan pendukungnya
  8. Dan berbagai hal yang lain

Ambil contoh poin kedua. Sebagaimana dituliskan di atas, tentunya Anda harus bisa menunjukkan alasan paling praktis dan pragmatis kenapa pihak peminjam harus memberikan pinjamannya pada Anda. Misalnya, Anda menyebut bahwa usaha Anda memiliki peluang yang besar berdasarkan penelitian atas kondisi pasar kekinian. Dalam memberikan alasan ini, Anda harus bisa memberikan argumen rasional yang didukung dengan data-data pasar kekinian. Jangan sekedar mengunggulkan rancangan usaha Anda saja. Sebab, yang dipertaruhkan dalam transaksi ini adalah uang yang jumlahnya bisa jadi sangat besar.

mebel

Pun demikian dengan poin pengelolaan limbah. Poin ini jangan disepelekan. Sebab, bisa jadi rencana Anda dianggap tidak serius bila Anda menyepelekannya. Apalagi, saat ini, baik pemerintah ataupun masyarakat makin konsen dengan berbagai persoalan yang menyangkut kelestarian alam.

Rencana produksi yang Anda buat juga harus jelas dan masuk akal. Maksudnya, akan lebih baik bila Anda membuat rencana produksi bulanan. Kira-kira, berapa jumlah produk yang bisa Anda hasilkan? Lantas, apakah jumlah yang Anda tentukan tersebut make sense atau masuk akal dengan biaya yang Anda sebutkan?

Rencana terkait dengan kegagalan idealnya pun Anda sertakan. Dengan cara ini, maka proposal usaha mebel Anda akan terlihat lebih meyakinkan. Terakhir, yang tak kalah penting adalah penjelasan mengenai siapa Anda dan apa kompetensi Anda. Bagaimanapun juga, pihak peminjam perlu teryakinkan dengan kompetisi Anda dalam mengolah dana yang mereka pinjamkan. Bila Anda tak memiliki pengalaman dan kualifikasi lainnya, tentu pihak peminjam akan kesulitan.

Masalah Hama

Terkait dengan hama serangga, kami juga menyarankan untuk menekankan aspek ini dalam usaha Anda. Anda harus bisa menunjukkan dalam proposal bahwa Anda sudah siap dalam antisipasi hama seperti rayap dan kumbang bubuk yang memang biasa menjadi ancaman dalam industri ini. Eits, Anda tak perlu khawatir dengan realisasinya. Untuk menerapkan antisipasi anti hama serangga, nantinya Anda hanya perlu menggunakan insektisida BioCide Inecticide.

Tahukah Anda apa itu BioCide Insecticide?

BIOCIDE INSECTICIDE

BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Produk ini bisa digunakan untuk membasmi berbagai jenis hama serangga mulai dari rayap, semut, kumbang bubuk, dan masih banyak lagi.

BioCide Insecticide memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan insektisida serupa yang lain. Produk ini bukan hanya bisa bekerja dengan lebih cepat dan efisien, namun juga jauh lebih hemat digunakan. Anda pun tak perlu membelinya dengan angka yang mahal, sebab produk ini bisa dibeli dengan harga lebih hemat. Budget produksi pun tak akan membengkak dengan penggunaan BioCide Insecticide.

Beli BioCide Bisa Dibeli secara Online!

Ayo, beli BioCide sekarang juga! Produk BioCide Insecticide saat ini sudah bisa dibeli dengan cara yang lebih mudah. Anda bisa membelinya dengan cara langsung di Bio Service Point atau secara online. Untuk pembelian di Bio Service Point, silahkan ke Jepara, Cirebon, dan Yogyakarta. Hubungi juga CS kami untuk meminta informasi agen Bio Industries yang berlokasi di dekat Anda.

Sedangkan untuk pembelian secara online, Anda bisa melakukan pemesanan via kontak yang disediakan. Customer Service kami akan memandu Anda melakukan pembelian secara online dengan ramah dan juga profesional. Makanya, yuk segera kontak sekarang juga!

Nah, itulah yang bisa kami bahas pada artikel kali ini mengenai proposal usaha mebel. Ingat, perhatikan poin-poin yang krusial. Selain itu, jangan lupa BioCide Insecticide setelah proposal Anda disetujui nantinya. Sukseskan usaha mebel dengan insektisida terbaik ini!

SHARE

Leave a Reply