Sukses dengan Analisa Usaha Mebel yang Cermat!

0
85
analisa usaha mebel

Ingin memulai usaha mebel? Atau, Anda sedang bingung dengan usaha mebel yang Anda jalankan? Bagi Anda yang bertanya-tanya mengenai kedua hal ini, yuk, simak penjelasan di bawah. Kami akan berikan informasi sekaligus tips berkaitan dengan analisa usaha furniture yang hendaknya memang perlu dilakukan.

Pengertian Analisa Usaha Furniture

Siapapun itu, ketika baru mulai membangun usaha, idealnya harus melakukan analisis atas kondisi di lapangan. Beberapa dari Anda mungkin ada yang membuat analisis secara rinci, misalnya saja dengan menerapkan analisis SWOT. Tapi ada juga yang hanya melakukan analisa secara pribadi dan tanpa ditulis sama sekali. Sah-sah saja memilih analisis seperti apa yang ingin Anda terapkan. Toh, itu adalah usaha Anda sendiri. Namun saran kami, agar lebih terencana dan sistematis, lakukanlah analisis yang tercatat dan berdasarkan teori. Anda juga perlu research secara mendetil mengenai kondisi di lapangan.

Khusus untuk usaha mebel, pada artikel yang lalu sebenarnya kami sudah menyinggung masalah ini. Anda bisa membaca artikel kami mengenai modal usaha mebel. Pada artikel tersebut, kami estimasikan biaya sekaligus bahan dan alat yang sekiranya dibutuhkan untuk membangun usaha ini. Berikut ini contoh alat dan bahan yang dibutuhkan sekaligus harganya.

  1. Alat Serkel Meja : kisaran harga 3,5 juta rupiah
  2. Mesin Bobok: kisaran harga 2 juta rupiah
  3. Kompresor: kisaran harga Rp.6.500.000
  4. Mesin asah mata pasha atau serut : kisaran harga Rp.1.250.000
  5. Propel kayu : kisaran harga Rp. 4.000.000Bor duduk : kisaran harga Rp. 2.000.000
  6. Sensor : kisaran harga Rp.5.000.000
  7. Bor tangan : kisaran harga Rp. 1.750.000
  8. Mesin Amplas : kisaran harga Rp. 1.000.000
  9. Generator : kisaran harga Rp.12.250.000
  10. Mesin skap kayu : kisaran harga Rp. 2.000.000
  11. Bahan pengawet, kisaran harga Rp. 100.000,00 – Rp. 200.000,-
  12. Bahan finishing : kisaran harga per produk mulai dari Rp. 50.000-200.000,- per Kg
  13. dan lainnya

Angka ini masih harus ditambah dengan biaya produksi lain mulai dari upah tenaga kerja sampai listrik. Jadi kisarannya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Tapi, ada juga lho nyatanya pelaku usaha furniture yang memulai dengan modal kurang dari 10 juta. Biasanya, produk yang dibuat lebih sederhana dan murah, jadi modalnya tidak besar.

Analisis seperti di atas penting diperhatikan, tapi masih belum cukup. Anda juga harus melakukan analisa usaha mebel yang mencakup masalah:

  1. Karakter target pasar Anda: tentunya Anda harus mengenal siapa target pasar yang Anda sasar dan bagaimana pelaku belanja mereka secara umum maupun saat membeli furniture.
  2. Produk yang Anda buat dan perbandingannya dengan produk dari perusahaan lain.
  3. Lokasi penjualan produk. Apakah lokasi Anda cukup strategis? Misalnya, Anda mungkin mencari lokasi yang ramai. Tapi ingat, lokasi yang ramai saja bukan indikator yang baik untuk memilih tempat usaha. Lokasi tersebut idealnya banyak dilewati target pasar, mudah dilihat, sampai tidak membuat enggan orang yang hendak mampir.
  4. Promosi. Strategi promosi apa yang ingin Anda terapkan? Dan, apakah Anda ingin menerapkan strategi offline saja atau juga online?
  5. Bagaimana kompetisi dengan pemain lama pada lokasi yang Anda incar?
  6. Bagaimana karakter kompetitor Anda? Apa yang Anda tawarkan kepada pembeli dibanding yang ditawarkan oleh kompetitor?
  7. Apakah keuntungan yang Anda peroleh bisa menutup biaya produksi selama 1 bulan dan periode sebelumnya?

Intinya adalah Anda harus sangat cermat dengan usaha yang akan Anda terapkan ini. Jangan pernah membangun usaha tanpa melihat kondisi di lapangan dan berbagai data yang lain yang sifatnya sangat vital.

analisis usaha mebel

Analisa Usaha Mebel dengan SWOT

  1. Strength alias kekuatan. Apa kekuatan produk Anda? Apakah Anda bisa menarik perhatian pembeli? Apa keunggulan yang Anda tawarkan yang tidak ditawarkan pelaku usaha yang lain? Hal ini jelas harus diperhatikan. Misalnya, daripada membuat mebel dengan desain dan tema biasa, Anda bisa mencoba membuat mebel vintage sampai mebel shabby chic. Jadi, produk Anda memiliki kekuatan atau strength dari aspek ini. Pun begitu bila Anda ingin mengunggulkan murahnya harga mebel terkait. Idealnya, Anda harus bisa memberikan harga yang memang secara signifikan lebih terjangkau dari mebel perusahaan lain.
  2. Weakness atau kelemahan. Tidak ada produk yang tidak memiliki kekurangan. Anda pun tidak boleh buta akan rencana dan juga produk yang Anda buat. Misalnya, Anda ingin menonjolkan mebel yang harganya murah. Tapi jelas, mebel seperti ini biasanya memiliki ketahanan yang kurang baik sehingga Anda harus mengompensasinya dengan treatment pengawetan.
  3. Opportunity. Contohnya, dengan membuat mebel yang murah, Anda membuat asumsi bahwa permintaan produk akan tinggi, sebab saat ini ekonomi sedang lesu.
  4. Threat atau ancaman. Poin ini berkaitan dengan kompetitor Anda. Namun ‘Threat’ juga kadang berhubungan dengan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah.

Analisis SWOT seperti ini sangat efektif dan mudah diterapkan. Yang terpenting adalah kejelian Anda dalam membaca situasi di lapangan dan peluang-peluang yang datang.

Eits! Jangan Lupa Gunakan BioCide!

Di atas sudah dijelaskan mengenai pentingnya analisa usaha mebel dan contoh analisis SWOT. Tapi ingat, salah satu faktor paling krusial yang tak bisa Anda abaikan saat mendirikan usaha ini adalah masalah keawetan produk. Apapun produk yang Anda buat, pastikanlah produk tersebut awet. Sebab, salah satu karakter pembeli mebel adalah ekspektasi mereka untuk memperoleh produk yang awet. Tak mengherankan, pasalnya mebel bukan barang murah. Tentu saja orang tidak bisa membeli sesuka hatinya kapan saja.

Nah, untuk kebutuhan ini tersedia produk BioCide Insecticide untuk Anda. BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Produk ini memiliki banyak keunggulan mulai dari sifatnya yang efektif dan harga yang terjangkau.

BioCide sudah banyak digunakan industri mebel dan kerajinan lho! Produk ini sangat mudah digunakan. Anda bisa menggunakannya dengan dijadikan larutan perendaman sampai larutan pengkuasan.

BIOCIDE INSECTICIDE

Yang makin menarik dengan produk ini adalah kelarutannya pada air. Jadi, Anda tak perlu membeli larutan solvent. Penggunaannya pun jadi lebih aman bagi para pekerja.

Ayo Beli BioCide Insecticide Sekarang juga!

Ayo, segera beli insektisida BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. BioCide memiliki kinerja yang sangat baik dengan hasil efektif dan efisien. BioCide Insecticide juga mudah dibeli, lho. Anda bisa mendapatkan insektisida ini dengan cara pemesanan online ataupun dengan membeli langsung.

Untuk pemesanan secara online, Anda bisa menghubungi CS kami lewat kontak yang tercantum pada situs ini. Anda juga bisa melakukan pembelian di toko daring (online) langganan. Sedangkan untuk pembelian secara langsung, Anda bisa ke Bio Service Point. Saat ini, Bio Service Point berlokasi di Jepara, Yogyakarta, dan juga Cirebon. Bagi Anda yang berlokasi di ketiga wilayah tersebut atau berdekatan, mampir saja ke Bio Service Point. CS kami pasti akan menyambut Anda dengan ramah. Anda juga bisa lho mengecek berbagai produk Bio Industries yang lain. Sebab, kami memiliki berbagai produk cat water based berkualitas, wood bleaching (pemutih kayu), sampai lem kayu.

Nah, sekiranya itulah yang bisa kami sampaikan mengenai bahasan analisa usaha mebel ini. Semoga bermanfaat, ya.

SHARE

Leave a Reply