semut yang mirip rayap hitam perusak kayu

Mengenal Rayap Hitam dan Potensinya Merusak Rumah

Rayap adalah serangga dalam kelompok isoptera yang masih berkerabat dekat dengan kecoa. Organisme ini memiliki struktur sosial yang unik dan biasa disebut eusocial.

Kehidupan rayap pada dasarnya menyerupai kehidupan serangga koloni yang lain seperti semut dan lebah. Pada sistem koloni tersebut umumnya terdapat ratu tunggal.

Sang ratu bertugas melahirkan anak yang kelak menjadi pekerja atau prajurit baru. Namun, berbeda dengan ratu semut yang mengendalikan koloninya dengan feromon, ratu rayap umumnya menggunakan cairan yang disekresikan dari tubuhnya.

Ketika cairan tersebut dijilat rayap pekerja, mereka akan mengakuinya sebagai ratu koloni sehingga bersedia merawatnya (membersihkan dan memberikan makan).

Di alam liar, rayap hitam memiliki fungsi ekologis luar biasa. Mereka mampu menghasilkan hara di hutan tropis yang sangat subur.

Namun demikian, dalam beberapa hal, rayap hitam juga bisa menjadi hama yang sangat merusak. Oleh sebab itu, rayap hitam ini dibenci oleh para pelaku usaha kayu.

rayap hitam yang menyerang kayu

Mengenal Rayap Hitam

Dalam koloni rayap, setiap kelas sosial memiliki peran dan morfologi tubuh yang berbeda. Rayap prajurit, misalnya, biasanya memiliki sayap dan perawakan tubuh yang lebih panjang. Sedangkan rayap pekerja umumnya lebih ramping dan tak memiliki sayap.

Perbedaan bentuk ini adalah hal yang lumrah. Bagaimana dengan rayap berwarna hitam? Tak sedikit orang yang merasa heran dengan keberadaan rayap berwarna hitam ini.

Ada beberapa kemungkinan mengenai hal ini. Pada umumnya, ilmuwan masih menyepakati bahwa kebanyakan rayap tidak berwarna hitam.

  1. Semut carpenter adalah golongan semut yang memiliki kebiasaan menggali lubang di kayu sebagai sarang atau tempat mencari makanan. Sekilas, semut ini memiliki penampakan yang sangat mirip dengan rayap. Hanya saja, ia memiliki warna hitam dengan bentuk tubuh cukup mirip semut kebanyakan.
  2. Termite swarm atau laron adalah jenis berwarna sangat coklat bahkan hitam. Hal ini merupakan sesuatu yang normal pada organisme ini.
  3. Rayap. Ya. Pada akhirnya beberapa jenis rayap memang memiliki warna hitam pekat. Contohnya western subterranean termite dan Angkor termite. Tipe tersebut sering ditemukan dengan warna yang gelap sehingga menyerupai semut.

Carpenter ant bukan jenis dari rayap hitam

Bagaimana Karakteristik Rayap Hitam?

Warna hitam pada rayap merupakan bukti dari variasi genetika pada kelompok Isoptera. Namun secara umum, warna ini tidak bertalian dengan karakteristik tertentu.

Rayap dengan warna ini tidak berarti lebih merusak atau tidak merusak. Dalam beberapa hal, rayap hanya lebih mudah beradaptasi di area yang gelap sehingga ia bisa menghindari pemakan serangga kecil seperti Armadillo dan Pangolin.

Apakah Keberadaan Laron Hitam Pertanda Rumah Terserang Hama tersebut?

laron rayap hitam yang mengindikasikan keberadaan rayap hitam

Seperti disebut di atas, laron adalah jenis serangga yang kadang memiliki warna coklat tua hingga kehitaman. Keberadaan laron menandai masa kawin hama tersebut.

Sebenarnya, keberadaan laron di sekitar rumah cukup mengkhawatirkan bagi pemiliknya. Bisa jadi, terdapat sarang rayap di sekitar bangunan yang sudah lama ataupun masih baru. Selain itu, laron-laron yang berhasil kawin bisa membuat koloninya sendiri.

Tips Mengatasi Rayap Hitam

Meskipun keberadaan rayap hitam tak terlalu mengkhawatirkan, Anda tetap harus waspada. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan akibat rayap hitam, antara lain:

  1. Rajin bersih-bersih. Bersih-bersih bisa membantu Anda mencegah serangan rayap lho. Jadi, selalu siap bersih-bersih ya.
  2. Membuang sampah organik. Sampah organik adalah bahan makanan yang sangat disukai rayap. Contohnya kertas kardus, kertas, dan lain sebagainya. Keberadaan benda-benda itu perlu segera dicari solusinya.
  3. Penggunaan kayu yang baik. Salah satu cara paling efektif mencegah rayap hitam dan jenis rayap yang lain adalah memastikan pemakaian kayu yang bagus. Yang dimaksud kayu bagus sendiri adalah kayu yang kualitasnya terbaik. Kayu tersebut harus memiliki kekuatan, dan ketahanan dari hama serangga.
  4. Sistem pengendalian hama. Sistem pengendalian hama merupakan sebuah metode untuk pencegahan. Sistem ini krusial diterapkan untuk bangunan berorientasi industri dan rumah-rumah pribadi yang rentan terserang hama rayap. Tersedia cukup banyak sistem pengendalian hama. Misalny, sistem umpan rayap (bait), sistem injeksi, dan masih banyak lagi.
  5. Selalu sedia antirayap. Kita perlu menyediakan antirayap. Penyediaan ini berlaku untuk awam atau mereka yang bekerja dalam industri profesional. Menggunakan antirayap ini, perlindungan maksimal bisa diperoleh.

Gunakan Biocide Insecticide untuk Cegah Rayap

Untuk perlindungan serta membasmi hama rayap hitam, Anda bisa menggunakan BioCide Insecicide.

Diformulasikan menggunakan cypermethrin 100 EC, BioCide Insecticide memiliki cara kerja yang efektif. Produk ini juga murah dan bisa digunakan dengan begitu hemat.

Tertarik menggunakan pembasmi rayap hitam hingga kecoklatan ini? Segera hubungi Customer Service untuk informasi lebih lanjut dan cara pemesanan produk.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya