Penggunaan Serat Rami untuk Kerajinan

Permintaan akan produk kerajinan tangan kerap mengandalkan berbagai bahan baku termasuk serat-serat alami. Di antaranya serat rami. Serat rami sendiri bisa diandalkan untuk pembuatan banyak produk kerajinan menarik.

Serat Rami untuk Kerajinan

tali dari bahan alam serat rami

Ada banyak produk kerajinan yang dapat dibuat dari bahan serat rami. Terutama serat rami yang telah dibentuk tali. Selanjutnya tali ini bisa diolah menjadi berbagai bentuk kerajinan menarik. Beberapa produk kerajinan yang bisa dibuat dengan bahan ini di antaranya:

1.      Alas gelas, piring, atau mangkuk

Anda yang tertarik dengan hal bernuansa vintage termasuk benda-benda berkonsep bohemian, bahan ini sangat cocok untuk Anda. Apalagi jika Anda juga tipe orang yang merasa sayang untuk membuang kardus atau kaleng bekas kemasan makanan maupun lainnya.

Ada ide kerajinan tangan menarik yang menggunakan tali rami untuk membuatnya. Anda dapat membuat alas gelas, alas mangkuk atau alas piring dengan bahan tali dari serat rami. Alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu:

  • Kaleng bekas
  • Mangkuk dan atau piring
  • Tali rami
  • Kardus
  • Gunting
  • Lem tembak
  • Pulpen

Proses pembuatannya juga sangat mudah dan sederhana. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

alas gelas dari tali rami yang sudah beri bahan antiserangga

  • Ambil gelas, mangkuk atau piring ke atas kardus lalu gambar melingkar mengikuti pola bentuk alas dari kaleng, mangkuk atau piring. Jika sudah, gunting gambar pola yang sudah terbentuk.
  • Selanjutnya, tempelkan tali rami untuk menutupi seluruh permukaan kardus. Anda dapat melilitkannya secara melingkar untuk menutup permukaan kardus yang sudah digunting sesuai pola sebelumnya. Gunakan lem tembak untuk menempelkannya. Tunggu kering lalu alas mangkuk, alas gelas ataupun alas piring sudah dapat Anda gunakan.

2.      Tempat pensil

Mempunyai tempat pensil yang dibuat dari hasil karya sendiri tentu merupakan suatu kebanggaan. Anda bisa mewujudkannya dengan bantuan tali rami. Caranya sangat mudah, Anda bisa membuatnya dengan menggunakan alat dan bahan yang sederhana, di antaranya yaitu kepangan tali rami, gunting, serta lem tembak.

Proses pembuatannya, yaitu:

  • Ambil kepangan tali rami lalu gulung hingga membentuk bundaran dengan diameter yang bisa disesuikan dengan keinginan Anda. Bagian ini akan menjadi alas dari tempat pensil.
  • Jangan gunting terlebih dahulu, Anda bisa meneruskan gulungan tersebut ke bagian atas. Hasil gulungan akan berbentuk menyerupai tabung. Anda bisa mengatur tingginya sesuai dengan keinginan.
  • Jika ukuran dan bentuk tempat pensil sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, Anda bisa menggunting tali rami. Jangan lupa untuk merekatkan bagian ujungnya menggunakan lem agar lebih rapi hasilnya. Tempat pensil buatan Anda sudah siap untuk digunakan.

3.      Hiasan meja

hiasan botol tali rami

Menggunakan tali rami untuk memperindah meja dengan adanya hiasan juga bisa menjadi alternatif produk kerajinan yang menarik. Penggunaan serat rami untuk kerajinan bermanfaat untuk memperindah tampilan meja dengan mengandalkan botol bekas yang akan tampak cantic dan menarik.

Untuk membuatnya, alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu:

  • Siapkan 3 buah botol kaca bekas
  • Tali rami
  • Kerang
  • Mutiara
  • Renda putih
  • Lem tembak
  • Bunga plastik

Untuk membuat hiasan meja ini, bisa mengikuti cara berikut.

  1. Lilitkan tali rami pada badan botol dan rekatkan dengan lem. Lakukan cara ini pada seluruh botol yang digunakan.
  2. Hias bagian leher botol menggunakan renda putih yang telah disiapkan, rekatkan dengan lem.
  3. Hias bagian badan botol menggunakan mutiara, bunga dan kerang yang telah disiapkan. Rekatkan masing-masing hiasan pada masing-masing botol. Jadi 3 botol hiasan ini akan tampak berbeda.
  4. Kerajinan dari tali rami berupa hiasan meja sudah selesai dan siap digunakan.

4.    Produk Kerajinan Tas Bundar

tas bundar dari tali rami yang sudah diberi antirayap Biocide Insecticide

Tas adalah salah satu jenis kerajinan tangan yang juga dapat dibuat menggunakan serat rami. Penggunaan rami dalam bentuk gulungan tali akan membuat tas tampak lebih menarik. Bahan utama untuk pembuatan tas ini adalah:

  • Tali rami dengan panjang kurang lebih 100 cm
  • Lem tembak
  • Kain (bisa menggunakan kain sisa yang tidak terpakai)
  • Gunting

Cara pembuatannya yaitu:

  1. Kepang tali rami terlebih dahulu selayaknya mengepang rambut hingga cukup panjang. Buat kepangan tali rami membentuk gulungan hingga bentuknya bulat. Anda bisa menyesuaikan diameternya. Jangan lupa untuk menggunakan lem tembak agar gulungan tali rami dapat lebih kuat dan melekat satu sama lain.
  2. Selanjutnya, Anda perlu membuat gulungan dari kepangan tali rami seperti pada cara pertama.
  3. Lanjutkan dengan pembuatan kepangan tali rami untuk tali tas. Anda bisa menyesuaikan panjang tali sesuai kebutuhan dan selera.
  4. Jika sudah, kepang kembali tali rami sesuai dengan diameter tas. Buat 4 kepangan.
  5. Lalu tempelkan 4 kepangan tersebut ke permukaan kain, tempelkan dengan lem agar merekat dengan baik. Beri space di salah satu kepangan yang direkatkan agar dapat menempatkan resleting.
  6. Potong kain yang sudah direkatkan tali rami sesuai dengan bentuk rekatan tali rami.
  7. Lalu letakkan resleting menggunakan lem tembak pada space kosong yang sudah tersedia tadi.
  8. Tempelkan kepangan yang telah ada resleting dengan kepangan bundar yang sudah dibuat sebelumnya hingga menyerupai bentuk tas bundar.
  9. Perlu diingat, pastikan sisi kain ada di bagian dalam dan tali rami ada di bagian luar tas.
  10. Pasang tali tas menggunakan lem tembak. Anda bisa menambahkan manik-manik atau aksesoris lainnya jika dibutuhkan.

Selain beberapa produk kerajinan yang telah disebutkan, penggunaaan serat rami untuk kerajinan masih dapat menghasilkan produk menarik lainnya, di antaranya toples unik, box storage, hiasan dinding, atau rope basket serta banyak produk kerajinan menarik lainnya.