Mengintip Peluang Usaha Kerajinan di Era Digital

0
11
peluang usaha kerajinan

Bagaimana ya peluang usaha kerajinan di era digital seperti sekarang ini? Apa saja yang harus dilakukan sebagai seorang pebisnis di bidang craft?

Tiap abad punya cirinya masing-masing. Kini, kita yang memasuki abad XXI pun menghadapi tantangan yang sangat khas. Salah satu tantangan tersebut adalah meningkat pesatnya teknologi infomasi. Bidang IT, demikian orang biasa menyebutnya, memang sedang jadi primadona. Berbagai hal telah muncul sekaligus hancur karena kehadiran bidang baru ini. Misalnya saja munculnya bimbel online dan transaksi jual beli daring yang makin menjamur. Di sisi lain, banyak retail konvensional yang merugi karena kehadiran unicorn-unicorn yang sedang naik daun.

Mau tak mau, kita memang harus melakukan antisipasi khusus. Siapa yang tak mau mengantisipasi, maka dia akan tertinggal dari kompetitornya. Hal ini pun berlaku bagi Anda yang berminat untuk menjalankan usaha kerajinan.

Menjalankan bisnis kerajinan memang perlu penyesuaian dari waktu ke waktu. Perlengkapan yang digunakan berbeda, pun begitu dengan karakter masyarakatnya. Sekarang, di zaman serba digital ini, tantangan yang dihadapi tentu bertambah dengan adanya market online yang harus dikuasai. Anda tak bisa lagi hanya mengandalkan market konvensional.

Bagaimana ya Peluang Usaha Kerajinan di Era Online ini?

Tentu saja dengan perubahan yang berlaku ini, wajar bila kita bertanya mengenai peluang usaha kerajinan. Salah satu pertanyaan yang menarik diajukan adalah, ” Bagaimana caranya menjalankan usaha kerajinan yang ramah era digital?” Apa saja upaya antisipatif yang mesti dilakukan?

Kuncinya adalah membuat usaha Anda digital friendly. Produk dan perusahaan Anda sebisa mungkin harus mudah dicari oleh netizen. Selain itu, produk Anda juga mestinya bisa dipesan secaa online. Agar lebih jelas, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya usaha Anda lebih daring-friendly.

peluang usaha kerajinan

Tips Memaksimalkan Peluang Usaha Kerajinan di Era Online

Buat Website Anda sendiri

Hal pertama yang wajib Anda miliki adalah website perusahaan Anda sendiri. Sebab apa? Pasalnya, saat ini hampir setiap orang mengandalkan dunia maya ketika hendak mencari referensi. Misalnya mereka ingin membeli lampu hias. Mereka tidak akan pergi ke toko lampu hias begitu saja. Tak jarang, mereka akan searching dulu di google, baik mengenai model lampu yang disuka, harga barang, sampai toko yang menjual.

Adalah penting bagi Anda untuk membuat situs yang mudah dijangkau oleh calon pembeli. Jadi ketika mereka mencari produsen lampu hias (misalnya), maka tempat usaha Anda akan muncul pertama kali di google.

Sediakan Opsi Belanja Online untuk Maksimalkan Peluang Usaha Kerajinan

Untuk mengoptimalkan peluang usaha kerajinan, jangan lupa juga untuk membuka opsi belanja online. Jangan salah, sekarang tingkat jual beli online sudah melonjak tinggi lho dibanding dekade sebelumnya. Masyarakat juga mulai terbuka untuk memesan produk besar secara daring.

Namun tips ini bukannya tanpa kesulitan. Menjual produk kerajinan secara online bukanlah perkara sepele. Apalagi bila ukuran barang Anda besar. Anda pada dasarnya perlu memertimbangkan:

  1. Bobot produk yang akan mempengaruhi biaya kirim. Bila biaya kirimnya terlalu tinggi, pembeli pun akan enggan memesan produk Anda.
  2. Masalah pengiriman yang rumit
  3. Keselamatan selama pengiriman. Utamanya agar produk tidak rusak selama dalam perjalanan
peluang usaha kerajinan

Untuk mengatasi ini, Anda bisa mengakalinya dengan melakukan pengecualian dan antisipasi lainnya. Misalnya, untuk penjualan di luar kota, Anda hanya membuka untuk produk yang ukurannya kecil. Atau, bila pembeli Anda nekat, Anda harus menegaskan bahwa kerusakan barang selama masa perjalanan bukanlah tanggung jawab Anda.

Jual Produk di Toko Daring

Agar produk Anda makin laku dijual sehingga peluang usaha kerajinan makin teroptimalisasi, jangan melupakan andil marketplace. Jual barang-barang produksi Anda tersebut di online shop. Misalnya saja di Tokopedia, Shoppee, dan Bukalapak.

Jangan Lupa, Gunakan Produk Antiserangga ya!

Untuk memastikan kualitas produk makin baik, pastikan proses pembuatan kerajinan memanfaatkan bahan yang bermutu. Jangan lupa juga untuk menggunakan produk antiserangga.

Kenapa antiserangga? Kerajinan, terutama yang terbuat dari kayu dan bahan alam seperti rotan sangat rentan hancur dimakan oleh rayap sampai kumbang bubuk. Bila tidak ada pertahanan yang baik, maka kerusakan besar pasti terjadi. Misalnya selama masa pengiriman. Oleh karena itulah, untuk memaksimalkan peluang usaha kerajinan di era digital ini, sangat penting bagi Anda untuk menggunakan antihama khususya insektisida.

Pilihlah insektisida yang kualitasnya bagus seperti BioCide Insecticde. BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Produk ini bisa diterapkan pada industri kerajinan dan telah sukses digunakan banyak pelaku usaha mebel. Produk ini bisa digunakan dengan cara dijadikan larutan yang kemudian digunakan untuk merendam kayu dan bahan alam.

Manfaat Penggunaan Insektisida di Era Online

Ada sangat banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari produk ini. Khusus untuk menghadapi era digital, produk ini akan membantu Anda mempertahankan kualitas produk selama masa pengiriman dan juga penyimpanan. Ingat, selama proses pengiriman, produk rentan mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan fluktuasi suhu, kelembaban, sampai kotornya kondisi selama produk dikirimkan. Bila kondisi produk tidak terjaga, kerajinan bisa rusak dan menjadi makanan hama-hama selama proses kirim. Atau, bisa jadi hama baru meletakkan telurnya saja dan baru menetas setelah produk sampai di tangan konsumen selang beberapa hari. Hal ini, tentu saja tidak baik bagi citra produk Anda.

Bayangkan, Anda mengirim miniatur kayu dari Yogyakarta ke Jakarta. Mulanya, konumen Anda puas dengan produk tersebut. Tapi ternyata terdapat bibit rayap di dalam miniatur akibat kontaminasi selama proses pengiriman. Hal ini akan membuat konsumen kecewa dengan produk Anda, sehingga persepsinya terhadap produk Anda pun menjadi negatif.

Ayo Pesan BioCide Insecticide Sekarang juga!

Yuk, beli sekarang juga BioCide Insecticide. Sekarang, BioCide bisa dibeli dengan cara yang lebih murah lho. Anda bisa membeli produk ini dengan 3 cara sebagai berikut.

  1. Pembelian secara online di situs ini. Pembelian secara online bisa dilakukan di situs ini secara langsung. Silahkan hubungi Customer Service kami via kontak yang disediakan. Anda akan dipandu untuk membeli BioCide Insecticide oleh CS kami dengan ramah dan profesional.
  2. Pembelian secara online di toko daring. Produk BioCide Insecticide ini sudah tersedia di berbagai marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak. Silahkan kunjungi kami di marketplace atau beli via agen kami yang lokasinya lebih dekat dengan Anda. Pastikan saja produk yang dijual memang produk kami.
  3. Pembelian secara langsung. Pembelian secara langsung juga bisa dilakukan lho. Anda bisa membeli produk ini secara langsung dengan mengunjungi Bio Service Point yang lokasinya di Yogyakarta, Cirebon, dan juga Jepara. Tentu saja selain bisa membeli produk ini, Anda juga bisa melihat-lihat dan membeli produk woodworking kami yang lain mulai dari wood finishing sampai wood bleaching.

Mudah, ya cara memesan BioCide! Ayo, maksimalkan peluang usaha mebel di era digital menggunakan antiserangga berkualitas premium ini.

SHARE

Leave a Reply