Produk Ramah Lingkungan Sumbang Jutaan Lapangan Kerja

Ditemukan fakta bahwa produk ramah lingkungan menyumbang jutaan lapangan kerja di Amerika Serikat. Ini membuktikan semakin berkembang dan majunya produk-produk berbasis lingkungan atau bio-based.

Semakin berkembangnya produk ramah lingkungan tentu membahagiakan.
Semakin berkembangnya produk ramah lingkungan tentu membahagiakan.

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) pada tanggal 17 Juni 2015 merilis laporan bahwa produk ramah lingkungan berbasis bio (organik) mendorong aktivitas ekonomi sehingga membuka 4 juta lapangan pekerjaan. Pencapaian ini menunjukkan bahwa penggunaan produk berbasis bio tidak hanya tidak merusak lingkungan tetapi juga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi.

Produk berbasis bio adalah produk yang terbuat dari bahan-bahan alami sebagai alternatif pengganti produk-produk yang terbuat dari olahan minyak bumi. Produk-produk seperti ini masuk dalam kategori produk ramah lingkungan.

Upaya pemerintah Amerika Serikat untuk mendukung penggunaan produk ramah lingkungan terutama yang berbasis bio sudah dimulai sejak tahun 2002 dengan diterbitkankannya undang-undang pertanian yang melahirkan Program BioPreferred. Program BioPreferred dilaksanakan dan diawasi oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat dengan tujuan untuk mempopulerkan produk ramah lingkungan berbasis bio.

Adapun produk-produk berbasis bio yang kelola meliputi produk yang digunakan dalam rumah tangga maupun produk-produk untuk bahan industri, termasuk produk untuk perkantoran seperti tinta printer yang terbuat dari bahan organik. Juga produk-produk yang digunakan dalam dunia otomotif seperti pelumas.

Hasil Kinerja BrioPrefered: Produk Ramah Lingkungan Berbasis Bio Serap Tenaga Kerja Tinggi

Pada tahun 2014, mulai dilaksanakan penelitian untuk mengetahui hasil kinerja BioPreferred dan dihasilkan laporan berjudul Economic Impact of the Biobased Product Industry. Dalam laporan ini disebutkan bahwa pada tahun 2013, terdapat 1.64 juta lapangan pekerjaan yang langsung berhubungan dengan industri produk ramah lingkungan berbasis bio, 1.1 juta lapangan pekerjaan yang berhubungan tidak langsung dan 1.4 juta lapangan pekerjaan baru yang ditimbul karena beredarnya produk-produk bio. Secara keseluruhan, produk berbasis bio menyumbang 396 milyar dollar Amerika atau hampir Rp. 4.000 trilyun.

Pengelolaan produk ramah lingkungan berbasis bio di Amerika Serikat ini bisa dijadikan sebagai contoh dalam pelaksanaan pembangunan yang berwawasan lingkungan. Hal ini karena pengelolaan produk berbasis bio dapat mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus ramah terhadap lingkungan. Hal ini tergambar dalam laporan USDA bahwa penggunaan produk ramah lingkungan berbasis bio telah menggantikan 300 juta galon minyak bumi sehingga polusi lingkungan dapat ditekan.

Penerapan hal ini di Indonesia mungkin masih akan terjadi dalam kurun waktu lama. Namun, tak ada salahnya bagi kita yang sadar mulai membiasakan diri untuk mengutamakan penggunaan produk ramah lingkungan. Sebagai contoh, menggunakan produk kimia seperti insektisida dan cat yang bisa dilarutkan dengan air, bukan solvent. Penggunaan air jelas lebih aman bagi lingkungan dibanding solvent seperti thinner dan spiritus.

Kami menyediakan insektisida water based, Permethrine 125 EC. Penggunaan Permethrin sangat efektif membasmi serangga namun tidak begitu membahayakan bagi manusia. Sebab, kandungan bahan aktifnya memang memiliki daya serap rendah bagi manusia.

Permethrine 125 EC.
Permethrine 125 EC.

Untuk informasi dan pemesanan, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Leave a Comment