Begini Cara Menghilangkan Teter pada Kayu

0
14739

Bagaimana cara menghilangkan teter pada kayu? Serangga perusak tersebut umumnya ditemukan pada perabot yang belum dicat atau sudah dicat tapi telah berumur lama. Teter atau dalam Bahasa Inggris disebut powderpost beetle (kumbang bubuk) ini akan membuat kayu perabot atau konstruksi rusak secara perlahan-lahan dalam waktu sangat lama. Berikut ini ciri-ciri kayu di rumah Anda terserang kumbang bubuk:

  • Terdapat lubang sangat kecil, kira-kira sebesar ujung pensil atau lebih kecil dari itu. Lubang ini adalah lubang yang digunakan larva kumbang bubuk untuk keluar dari kayu. Namun bisa juga digunakan induk kumbang untuk meletakkan larva baru yang siap merusak material tersebut.
  • Kayu mengeluarkan bubuk halus.
  • Beberapa jenis kumbang bubuk sering mengeluarkan suara, sehingga saat malam atau suasana sedang sepi, Anda bisa mendengarkan suara ini.

.
Apabila Anda mendapati tanda-tanda di atas, aplikasikan langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasinya.

Cara Menghilangkan Teter pada Kayu: Metode dan Insektisida yang Tepat

Untuk menghilangkan kumbang bubuk pada kayu, pertama-tama belilah insektisida yang khusus digunakan pada material tersebut dan didesain untuk membasmi kumbang pengebor. Pilih juga insektisida yang bersifat neurotoksik sehingga cara kerjanya efektif membunuh larva hingga telur-telur kumbang.

Langkah selanjutnya, larutkan insektisida sesuai takarannya. Jangan lupa menggunakan alat-alat pelindung seperti kacamata dan sarung tangan. Setelah itu, resapkan larutan insektisida ke dalam kayu.

CS Anti Serangga

Pada kayu yang telah dicat, sebaiknya Anda amplas dulu bagian yang diduga terserang kumbang bubuk. Cara meresapkan larutan pengawet ke dalam kayu sendiri bermacam-macam. Metode paling mudah diaplikasikan pada produk yang sudah jadi seperti perabot adalah dengan pengkuasan, pencelupan, penyiraman, hingga perendaman dalam larutan insektisida. Setelah itu, tunggu hingga kayu mengering dan lapisi kayu dengan cat. Pilih cat berkualitas seperti BioColours sehingga kumbang kayu tak akan lagi mampu menembus lapisan yang sewajarnya bisa memberikan perlindungan tersebut.

Lebih Baik Mencegah

obat teter kayu dan bambuMeski treatment di atas sangat mungkin berhasil, tak bisa dipungkiri cara menghilangkan teter pada kayu bukanlah persoalan mudah. Selain itu, pada skala industri, melakukan tambahan proses seperti itu jelas akan merugikan. Akan lebih baik apabila teter sejak awal dicegah dengan insektisida yang bagus. Dengan kata lain, insektisida sejak awal diresapkan ke dalam kayu dengan tujuan agar kumbang teter tidak menjadikannya sebagai sarang dan bahan makanan. Pilih insektisida yang bagus dan tahan lama seperti Insecticide 100 EC untuk perlindungan paling efektif.

Insecticide 100 EC tersedia dalam kemasan 1 kg, jika anda butuh yang lebih ekonomis dan untuk kebutuhan merawat rumah, atau bangunan lainnya, terdapat BioCide Insecticide dengan bahan aktif cypermethrine dengan kemasan 130 gr. untuk info lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kontak yang tertera.

Lihat Detail Produk Isecticide

Lihat Detail Produk BioCide Isecticide

Hubungi Customer Service

CS Anti Serangga
SHARE

Leave a Reply